CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mata Najwa Ungkap Pembakar Halte Sarinah, Warganet Sindir Telak Polisi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9a4d5f7414f51b7b04c6b1/mata-najwa-ungkap-pembakar-halte-sarinah-warganet-sindir-telak-polisi

Mata Najwa Ungkap Pembakar Halte Sarinah, Warganet Sindir Telak Polisi




Fakta baru terkait peristiwa pembakaran Halte Transjakarta Sarinah di tengah terjadinya aksi demonstrasi menolak Undang-undang Cipta Kerja diungkap dalam acara Mata Najwa, pada Rabu (28/10) malam.

Dalam tayangan itu, terkuak bahwa pelaku pembakarnya bukanlah demonstran, melainkan sekelompok orang yang terorganisir yang diduga dengan sengaja ingin menciptakan kerusuhan.

Pergerakan secara detil para pelaku pembakar Halte Transjakarta Sarinah itu dikupas dalam video berjudul '62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah l Buka Mata'.

Video berdurasi 9 menit 58 detik yang diunggah di akun YouTube Narasi Newsroom itu merupakan hasil penulusuran rekaman CCTV di sekitar Halte Transjakarta Sarinah dan data digital yang beredar di media sosial saat peristiwa pembakaran tersebut terjadi pada 8 Oktober 2020.

Penelusuran dilakukan dalam rangka mengungkap siapa pelaku sebenarnya pembakar Halte Transjakarta Sarinah.

Dalam video tersebut, kelompok pelaku pembakar Halte Transjakarta Sarinah itu awalnya terlihat datang dari arah Jalan Sunda.

Kemudian sebelum melancarkan aksinya, mereka terlebih dahulu terlihat melakukan observasi di sekitar lokasi. Setelah itu, lalu mengetik di ponsel seakan berkomunikasi dengan pihak lain.

Selain itu, ada satu orang dari kelompok tersebut yang terlihat bolak-balik mencari api untuk membakar Halte Transjakarta Sarinah. Mulai dengan menggunakan plastik cone, spanduk, hingga kardus.

Singkat cerita, akhirnya Halte Transjakarta Sarinah itu pun terbakar. Titik api muncul pertama kali di sisi selatan halte.

Dari rekaman CCTV tersebut dapat terindentifikasi bahwa kelompok perusak dan pembakar Halte Transjakarta Sarinah itu berjumlah tujuh orang.

Setelah melihat tayangan video tersebut, sejumlah warganet pun menyampaikan pendapat dan komentarnya. Beberapa dari mereka meyakini bahwa perusak dan pembakar Halte Transjakarta Sarinah bukanlah mahasiswa dan buruh.

Di sisi lain mereka juga menduga adanya oknum tertentu yang dengan sengaja menciptakan kerusuhan sehingga menimbulkan kesan negatif terhadap gerakan mahasiswa dan buruh.

"Dari sini gue percaya yang bakar bukan buruh maupun mahasiswa," kicau akun Twitter @rebahanenaktauu.

"Sampai sekarang pelaku ini belum ditangkap. Kemampuan penyelidikan polisi yang kalah sama jurnalis, ataukah memang ternyata pelaku adalah......titik titik." kicau @katanyaabon.

"Awas ada kang bakso," timpal @tetehayyy.

"Awas diciduk," balas @Yulianiarianii. 


Sumber





Mantab betul Mata Najwa emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman emoticon-2 Jempol emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
Selain itu, ada satu orang dari kelompok tersebut yang terlihat bolak-balik mencari api untuk membakar Halte Transjakarta Sarinah. Mulai dengan menggunakan plastik cone, spanduk, hingga kardus.


artinya pembakaran itu bukan direncanakan (dengan membawa molotov misalnya) tapi spontan.

kalau spontan, teori konsiprasi sudah runtuh dengan sendirinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 10 lainnya memberi reputasi
profile picture
PapinZ
kaskus maniac
Gak kok bro, dalam dunia intelijen itu ada semacam disiplin ilmu dan lu diajarkan menggunakan segala macem cara, tekhnik maupun aset dilapangan untuk keberhasilan operasi. Namanya improvisasi lapangan. Yg penting tujuan nya tercapai. Lagian ini operasi skala kecil kok, udah biasa dilakukan. (kalau emang itu operasi intelijen ya)

Kalau lu sengaja bawa ini itu kelapangan dan lu ke tangkep ya wasalam, bakal kebongkar lu agen.

Justru lu harus nyaru. Entah, sebagai mahasiswa, masyarakat umum dsb.

Cuma intelijen itu juga bisa beneran jadi mahasiswa, masyarakat umum, kang ojek, kang bakso dll.
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Ni orang goblok mana ngerti cara kerja intel
profile picture
norlandtio
kaskus addict
@baka.anjing
Gan coba lihat youtube nya dulu. Awalnya si pelaku itu mau bakar pake cone yang ada dijalan. Tp krn nyala nya susah, dan cpt mati. Akhirnya dia nyari banner kek spanduk gitu, hbs itu nyari kardus dll untuk bakar itu halte. Tugas" pembakaran udh dibagi. Ada yang nyalain api ada yang bikin api membesar.
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@PapinZ lu tau dari mana bro polisi kah ?? hati2 lu bro nnti d tangkep
profile picture
yurikaede
kaskus addict
Jangan bawa2 bang komeng

Uhuyyyy
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@norlandtio @baka.anjing apa ga takut lu bray d ciduk kena uu ite??? emoticon-Takut (S)
profile picture
norlandtio
kaskus addict
@baka.anjing @666fapfap kl mslh takut. Iye takut lah. Cuman disini blm tau kan pelaku nya ini berasal dr mana. Toh pak polisinya pas disodorin para pelaku juga balas dgn akan menindaklanjuti... yah semoga ketangkep.
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@norlandtio @baka.anjing kita sbgai manusia hanya berharap semoga pelaku tertangkap emoticon-Cendol Gan emoticon-Cool krna masih abu2 d sni
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
@norlandtio @baka.anjing @666fapfap emang ada disini yg bilang plokis??
profile picture
Bakar pabrik korek gak perlu korek
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@chigo.ji3 @norlandtio @baka.anjing emoticon-Cool komeng d nmor 1 atas kayanya iya
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
@norlandtio @baka.anjing @666fapfap kayaknya, apa iya. Jangan ambigu. Walaupun secara pribadi ane beranggapan ini emang kerja isilop diliat trekrecordnya semenjak rezim ini berkuasa.
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@chigo.ji3 @norlandtio @baka.anjing coba liat di komentar nnor 1 bukan yg ini, ada yg bilang badannya kaya polisi
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
@norlandtio @baka.anjing @666fapfap yg mana ada bilang polisi, sapa idnya???
profile picture
norlandtio
kaskus addict
@chigo.ji3 @baka.anjing @666fapfap slh masuk itu gan. Beda post . Itu pos ane diatas. Soal video instagram yang dikomenin netizen pawakannya dst.
profile picture
PapinZ
kaskus maniac
@666fapfap gak, itu kan analisa sesuai narasi di video tersebut. Makanya gue bilang seandainya itu operasi intelijen.

Kita kan disuguhkan berita tersebut jd harus sesuai konteks. Tentu ada pro dan kontra.

Masalah bener apa gak itu urusan lain lagi, FYI buat lu bro.. intelijen itu bukan cuma polisi bro. Banyak kok. (Lagian gak ada yg bilang polisi kok)

Kalau mau ngamanin noh amanin org2 yg buat video. Atau kalau mau lebih waras lagi tangkep muka org2 yg ngebakar di video tersebut. Masalah selesai.

Najwa itu jurnalis dan hal begini itu produk jurnalistik jadi Sah-sah aja kok.

Kita masyarakat umum musti jeli dan pinter dong ngelola Informasi, pro kontra itu pasti. Namun jgn pro dgn asal omong dan kontra juga asal omong. Atau minimal diem kalau gak tau.. Dan gak usah ikut demo2 itu, gak ada manfaatnya.
profile picture
pornwoow
kaskus maniac
Goblok ni orang, ke tkp bawa gtuan lngsung ketangkep lah. Pantes aja cebong mayoritas goblok2
profile picture
anti.suap
kaskus geek
Amatir lu.
Justru kalo udah bawa bensin, molotov, atau alat dari rumah bakal langsung kedetek kalau sengaja dibakar, dan bakal langsung bisa di trace.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 30 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di