CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
BANYAK ORANG BELAJAR UNTUK PENGETAHUAN YANG GAK BERGUNA! APAKAH ANDA TERMASUK?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f93f4df10d2953190297be1/banyak-orang-belajar-untuk-pengetahuan-yang-gak-berguna-apakah-anda-termasuk

BANYAK ORANG BELAJAR UNTUK PENGETAHUAN YANG GAK BERGUNA! APAKAH ANDA TERMASUK?

Banyak orang yang belajar pengetahuan pengetahuan yang kurang begitu urgent. Penting dan dibutuhkan untuk realita kehidupan nya.
So berbicara masalah pengetahuan memang tidak ada salah nya anda tahu banyak hal atau segala hal. Tapi, alangkah baik nya dahulukan dulu pengetahuan yang memang berguna, relevan, bermanfaat dalam kehidupan anda saat ini.

Saya amati demikian, dari mulai grup grup pengetahuan di facebook, chanel chanel youtube therad di kaskus yang semua berbau edukasi semua pengetahuan yang rame di tonton atau disukai adalah pengetahuan yang bener bener sebatas pengetahuan umum banget. Memang sih dulu pun saya demikian, pokonya kalau nonton tv kalau sudah nonton on the spot, spotlite udah serasa tontonan intelektual banget lah. Merasa gue sedang belajar nih terasa lebih keren. Padahal kalau ditanya relevansi untuk kehidupan saya apa dampak nya.
Cuma hanya mantengin dari fenomena a ke fenomena lainnya, cuma hanya untuk mengisi rasa haus ingin tahu kejadian satu sampai kejadian selanjutnya

Berbicara apa sebab nya?
Ada banyak banget faktor. Diantara nya faktor fundamental kurikulum pendidikan mainstream disekolah sekolah kita memang diajarkan seperti itu.

Kita dari dulu dipaksa dengan pengetahuan pengetahuan sekolah misalkan hapalan, plus pengetahuan yang dampak dikehidupan sangat kecil.
Contoh belajar biologi, fisika, kimia, matematika, dllnya sampai ke dalam dalam nya. Padahal pelajaran pelajaran itu cukup diberikan gambaran saja karena toh pengetahuan itu dia harus diperdalam kalau memang seseorang dia akan terjun dibidang itu menjadi Profesor dibidang itu atau jadi insinyur dllnya

Kalau sekolah nya hanya mentok SMA dan hampir rata rata kemampuan sekolah anak anak di indonesia memang samapi tingkat SMA jarang yang mampu bisa melanjutkan samapai jenjang selanjutnya S1, S2, S3
Faktor nya banyak diantara nya adalah ekonomi
Orang yang bisa mencicipi dunia kampus atau perguruan tinggi kemungkinan nya ada dua dia dapat beasiswa atau orang tua nya mampu secara ekonomi

Lalu pertanyaan anak anak sekolah yang mentok sampai SMA itu
Apakah ilmu fisika, kimia, biologi, dst nya akan terpakai dikehidupan nyata atau kalau pun dia terjun kedunia kerja apakah benar terpakai di dunia kerja?
Fakta nya tidak kan, jamin dah apakah matematika dikehidupan anda pakai rumus rumus yang njlimet. paling yang terpakai cuma dasar nya kan kaya tambah, bagi, kurang, begitu pun sekarang masih bisa dibantu sama adanya kalkulator
Kalau di dunia kerja lulusan SMA apakah ilmu matematika itu masih relevan?
Coba tanya kepada yang sudah kerja, hitung2ngan rumus nya sudah diganti sama rumus Ms Excel

Jadi anda itu sebenarnya masuk sekolah itu sudah kaya dijebak untuk dipaksa belajar 12 tahun untuk mempelajari segala pengetahuan yang kurang efektif dikehidupan realita. Dan aneh nya semua orang gak sadar akan hal ini. Presiden, menteri, dllnya
Makanya guru saya pernah bilang sistem pendidikan di kita itu asli nya warisan belanda. Sampai sekarang modelnya gak pernah berubah

Oke balik, maka ketemu lah saat setelah keluar sekolah pun kita terbiasa dengan pengetahuan pengetahuan yang gak terlalu penting dengan kehidupan realita kita

Terus terusan setiap hari otak kita dipenuhi dengan pengetahuan pengetahuan yang gak ada hubungan nya dengan kehidupan realita.

Sedangkan pengetahuan yang relevan dengan kehidupan justru terabaikan
Anda punya masalah keuangan seret keuangan gak bisa di selesaikan menggunakan rumus fisika.
Anda yang punya masalah hubungan rusak dengan keluarga, lingkungan, teman tidak bisa di selesai kan dengan pengetahuan tahu bahwa dibelahan dunia lain ada fenomena ini itu dst nya

Lalu pengetahuan yang relevan itu apa sih
Pengetahuan tentang pemeberdayaan diri, pengembanagan diri, tentang psikologi, (dalam diri)
Tentang pola pola kehidupan (vibrasi, quantum fisika)
Ilmu tentang cara kerja otak (NLP, neurosains, hypnosis)
tentang ilmu ilmu sosial (humaniora/sosial sainstis)
Ilmu ekonomi, Ilmu keuangan, tentang investasi, tentang bisnis, tentang filsafat (paham paham pemikiran)
Dan masih banyak lagi yang itu akan lebih berdampak untuk kehidupan anda

Saya kasih gambaran luas
Untuk mengetahui mana pengetahuan yang urgent, dibutuhkan untuk kehidupan anda
Yaitu perhatikan masalah dikehidupan anda?
Misalkan anda kekurangan duit (berarti pengetahuan anda tentang keuangan lemah, tentang ekonomi nya jelek, tentang habbit psikologis anda emosi mengatur keuangan nya buruk
Maka seharusnya anda fokus dulu pelajari pengetahuan tentang hal itu

Tapi kan cara mikir anda gak gitu
Ya kalau duit seret itu sudah takdir, nasib, sudah ujian cobaan dan terus argumen pembenaran diri yang gak ada rasa niat untuk perbaikan diri

Ibarat sederhana nya begini
Seseorang yang tidak bisa menyetir mobil terus dikasih mobil untuk dikendarai. Maka bagi orang yang tidak mengemudi mobil itu bagi dia adalah masalah besar bahkan mungkin bencana. Karena kalau dipaksakan bukan keselamatan tapi kecelakaan
Beda hal nya kalau yang nyuruh stir mobil dia bisa mengemudi. Dia happy gak ada masalah apa apa

Itulah sebenarnya gambaran masalah dalam hidup kita
Anda punya masalah dibidang apa pun baik di kondisi seperti apa baik itu keuangan, hubungan baik di sosial, kesehatan maupun lainnya dipastikan masalah itu sumbernya satu Karena posisi anda tidak tahu atau knowledge anda belum ada tentang permasalahan itu
Kalau anda tahu terus terbiasa hal itu bukan lagi masalah untuk anda

Saya berfikir dan melihat nya dari sudut pandang realisme, dan idealisme silahkan kalau anda punya pemikiran lain tentang fakta ini. Diskusi kan dibawah ini
Supaya pengetahuan baru sekaligus kebenaran baru lainnya muncul versi anda mungkin!....
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan abdulqadirz memberi reputasi
Diubah oleh amboerdah
Kalo ane sih sejujurnya berguna-berguna aja sih selama ini, ya walaupun ga kepake tapi setidaknya ane punya pengetahuan hehehe
profile-picture
amboerdah memberi reputasi
profile picture
Kalau anda jadi raja kuis seperti helmy Yahya saya jamin akan jauh lebih kepakai. Kenapa tidak dicoba?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di