CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tips kuat lari 12 menit ala King of Sparko. Casis wajib baca!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9758ae97751342d975afa0/tips-kuat-lari-12-menit-ala-king-of-sparko-casis-wajib-baca

Tips kuat lari 12 menit ala King of Sparko. Casis wajib baca!

 Selamat datang di thread ane 
Wahai agan dan sista sekalian

emoticon-I Love IndonesiaHT ke-9emoticon-I Love Indonesia

 


Lari merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan baik itu orang tua, laki-laki, maupun perempuan. Lari memang sangat menyehatkan dan membuat bugar badan. Selain itu, lari juga dapat menguatkan otot kaki, melancarkan sirkulasi darah dalam jantung, dan bahkan lari juga dapat mengelola stres.


Dalam beberapa tes seperti seleksi TNI, Polri, ataupun matra lainnya, Lari dibatasi waktu selama 12 menit denan standar pria sejauh 3.444 meter dan wanita sejauh 3.095 meter. Hal ini akan tampak berat bagi seorang tester yang kurang latihan dan belum terbiasa, dan akan sangat ringan bagi tester yang sudah sering latihan. Lalu bagaimana agar mampu mencapai standar tersebut? Ane akan bahas tips kuat lari 12 menit ala king of sparko.

 


King of sparko adalah  julukan untuk seorang perwira menengah TNI AD, Mayor Eka Wira. Sparko sendiri artinya Spartan komando yang merupakan sebuah olahraga bergaya militer. Olahraga ini menampilkan kekuatan, kecepatan, dan ketahanan seorang pria dalam berolahraga layaknya Spartan.

 


Dalam channel youtube Mayor Eka Wira, ia memberikan tips lari dan bagaimana persiapan lari agar nantinya saat tes mampu mencapai standar bahkan lebih hingga mencapai nilai 100. Apa saja itu cekidot!

Tips lari ala King of Sparko  

1.     Persiapan jauh-jauh hari
Mayor Eka Wira memberikan tips lari dengan mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum tes dilaksanakan yaitu sekitar 3 bulan, dengan latihan  rutin dan efektif.

Latihan rutin:dimana satu bulan berikan minggu pertama untuk kekuatan tubuh atau endurance, minggu kedua speed, dan selama satu minggu berikan libur sehari untuk istirahat. Dan seterusnya mempertahankan serta kalau bisa tingkatkan agar target nilai 100 bukan mimpi lagi. 

Latihan efektif: yaitu lari selama 12 menit dengan kecepatan stabil, bukan laju di meni-menit awal dan menurun di menit tengah hingga akhir. Namun unuk tahap endurance jangan langsung sprint karena hanya akan menimbulkan kelelahan pada tahap ini, tetapi secara bertahap.

2.     Pada saat pelaksanaan tes
Ini juga merupakan hal penting untuk diperhatikan agar mampu lari 12 menit dengan nilai maksimal. Mayor Eka Wira memberikan tips yaitu: 

-Jangan nerveous.  Karena nerveous hanya akan meningkatkan detak jantung, sehingga pada saat di tes anda ditunda larinya karena membahayakan diri anda. 

- Tentukan pakaian.Pakaian yang kita gunakan pada saat lari juga mempengaruhi pola tubuh saat lari. Misalnya sepatu yang tidak nyaman karena kekecilan atau kebesaran, akan membuat kita tidak nyaman sehingga lari yang dihasilkan tidak maksimal.

-Konsisten.Putaran pertama jangan diporsir, tetapi dengan kecepatan santai. Pada putaran kedua dan ketiga mulai tambah speed, bertahan sampai putaran kelima, dan putaran keenam tambah sedikit speed hingga pada saat 2 menit terakhir, beranikan diri untuk porsir tenaga sampai menit akhir. 

Itulah beberapa tips lari ala king of sparko yaitu mayor eka wira. Bagi gan sis yang masih penasaran dengan penjelasan tulisan, silahkan tonton videonya Disini

Saran penulis
Untuk menunjang kekuatan dan ketahanan tubuh pada saat lari, maka ane sarankan hal-hal berikut, berdasarkan pengalaman ane mengikuti tes kesampataan IPDN.

1.     Konsumsi makanan bergizi, seperti makanan tinggi protein, kalsium, zat besi, mineral dan vitamin lainnya.
2.     Konsumsi susu dan buah-buahan, karena buah yang mengandung banyak air sangat bagus guys seperti semangka, pepaya, dan apel.
3.     Jangan begadang. karena bergadang hanya akan menurunkan stamina, emosi, kekuatan otak, dan jantung kalian.
4.     Cari motivasi untuk semangat lari, misal rekan yang sudah kuat larinya atau juga bisa rekan wanita hehe.
5.     Terus berdoa dan berusaha. Jangan lupa setiap usaha, juga harus dibarengi dengan doa. Dan doa orang tua itu manjur guys. So jangan sungkan untuk minta doa mereka.
 
Semoga kamu yang lagi berjuang mendaftar dan lagi tes bisa mendapatkan hasil yang maksimal, memuaskan, dan lulus aamiin.

 

Sekian dari thread ane 
Semoga bermanfaat 

___________________________

 
Sumber: Opini Pribadi 
Referensi & gambar: KlikKlikKlikKlik
@abdulqadirz©2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.jonii dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abdulqadirz
cara gue =

1. dibarengi latihan sepeda 30km/hari, gue sih pake sepeda jenis roadbike. awalnya berat gan bagi gue yg gak pernah nyentuh sepeda sama sekali, namun karena dah biasa jadi gak berasa sejauh itu. kenapa gue nyebut latihan sepeda, gue sendiri gak bisa jelasin secara spesifik.. namun pas gue mau lari lagi setelah 2 tahun gak lari (kalo capek ya sekedar lari santai) ane bisa tempuh 10km tanpa capek.. gila gak tuh

2. JANGAN COLAY, ini sumpah ngefek banget. pernah gue skip gak colay 2 mingguan eh setelah itu colay besoknya lari, baru 500m dah ngos2an. padahal gue dah biasa lari jauh saat itu

nah itu aja tips CARA GUE wkwkwk. terserah mau lw ikutin atau gak, gue gak maksa... wkwkwk aneh sih tapi ya namanya juga pengalaman pribadi. saat ini gue jarak terjauh gue lari sekitar 38km.. dan mudah2 bisa ampe ultra marathon ye wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS abdulqadirz 
KASKUS Plus
Tips bagus gan. Trmakasih👍👍
profile picture
kalo pake roadbike mah ringan gan gak berat, lah gw pake polygon monarch 30KM Pulang Pergi😂 berat bgt udh frame besi wkwk
profile picture
anti.suap
kaskus geek
Kalo ngueueue gimana gan?? Bikin lemes juga nggak??
profile picture
koementatoer
kaskus addict
@sangkur24 gue dulu pertama pake roadbike jadul gan.. itu aja berat banget tambah posisi nunduknya gak enak, bener2 sengsara.. sekarang sih dah biasa
profile picture
patrio80
kaskus addict
Kamu kurang biasa colay itu. Coba diseringkan lama lama kan kuat
profile picture
koementatoer
kaskus addict
@anti.suap kayaknya sih iya gan. gue dulu pernah baca di artikel, klo atlit mau tanding besoknya entah itu tinju atau pemain bola disarankan tidak ngesex jauh2 hari sebelum bertanding... detilnya gue lupa tapi kayalnya sih mempengaruhi stamina sm endurance pas tampil...
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
emoticon-Bingung colai apa tu bray
profile picture
koementatoer
kaskus addict
@patrio80 nyeri di selangkangan iyaemoticon-Ngakak
profile picture
mamabraddox
kaskus addict
Wowww nice input gan! bisa jadi alternatif juga nih caranyaaa
profile picture
amispelem
kaskus addict
jelas kalo colay capek lari dikit kan selangkangan ente bekerja keras wkwkwkwkwk
profile picture
koementatoer
kaskus addict
@amispelem pelumasnya gak ada ya malah aus spart part dalemnyaemoticon-Wakaka
profile picture
amispelem
kaskus addict
@koementatoer bisa jadi colay 3x sehari bikin pelumas abis dengan cepat gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 13 dari 13 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di