CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f913afbdbf76447192962be/mengenal-ponten-tanda-tangan-sejuta-guru-warisan-kolonial-belanda

Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda

Tanda "Ponten" warisan dari kolonial Belanda untuk dunia pendidikan



Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan dan Sista di therad ane kali ini


Hallo, Sahabat Kaskus! Semoga hari ini selalu diberi kebahagiaan lahir dan batin, ya. Aamiin.

Ngomong-ngomong Agan dan Sista di sini pasti mengenal tanda ponten, kan? Iya, tanda ponten itu. Nah, di sini ane jadi nostalgia nih. Mungkin juga Agan dan Sista ikut bernostalgia atau mungkin masih dihadapkan pada tanda ponten ini. Misalkan dari sahabat kaskus yang berprofesi sebagai pengajar atau juga yang masih pelajar. Pasti deh, gak asing dengan tanda ponten ini.

Spoiler for Dokpri:


Tanda "Ponten" adalah tanda yang fungsinya mirip dengan centang yang artinya adalah "semua sudah benar" atau sudah dicek dan sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya sih tanda ini akrab di sekolah saat guru telah mengecek tugas kita.

Spoiler for Dokpri:


Selain saat masih bersekolah, ane juga ingat ketika bekerja pada sebuah pabrik saat mengecek hasil produksi. Barang yang baik dan bagus akan dikasih tanda ponten ini atau tanda centang. Ini sih pengalaman ane saat masih akrab dengan tanda ini ya, GanSist. Apakah di antara GanSist ada yang sama dengan pengalaman ane ini?

Saat mengingat masa sekolah pun juga begitu. Saat pembagian hasil ujian pasti terlihat tuh barisan tanda ponten bercampur dengan tanda silang. Ish! Jadi ketauan nih kalo ts kurang cetar di sekolah.

Tanda ponten yang terlihat sangat khas, unik dan sederhana ini rupanya bernilai sejarah lho, GanSist. Yaitu sebagai warisan kolonial Belanda di dunia pendidikan. Di Indonesia tanda ini dikenal dengan istilah "Ponten" dalam bahasa Belanda "Goedkeuringskrul" atau biasa hanya disingkat "krul" saja.

Faktanya tanda ponten ini, ternyata hanya bisa dikenali oleh negara-negara bekas penjajahan Belanda. Jadi, kalo bukan koloninya tidak mungkin akan mengenal dan mengerti maksud tanda ponten ini, GanSist.

Masyarakat bekas koloni Belanda seperti Afrika Selatan, Curacao, Suriname, Sint Maarten, serta Carribean Netherlands masih menggunakan tanda ponten alias krul ini, GanSist.

Menurut wikipedia tanda ponten ini muncul dan dikenal pada awal abad ke-19. Bahkan sejarawan menyebut jika simbol ponten ini merupakan turunan dari huruf "G" dari kata "Goed" atau "Gezien" yang artinya bagus atau sudah di cek

Nah, gimana GanSist? Selama ini kita kepikiran gak sih mengenai tanda ponten ini?

Yuk, yang masih berhadapan dengan tanda ponten ini semangat untuk membubuhkannya atau memburunya. Jangan kayak ane, semasa sekolah ya, GanSist!

Cukup sekian thread ane kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak cinta berupa cendol, rate dan koment ya!

Terima kasih, sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya dan wassalam


Sumber: Opini pribadi dan referensi di sini

Gambar : Dokpri dan di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 99 lainnya memberi reputasi
Quote:
izin quote, yaa

Ane termasuk yang paling kegirangan kalo dapat ponten cepekemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan miniadila memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@orgbekasi67 iya gan sambil diliat2 aj dulu yg enak yg mana tuh wkwkkww
profile picture
christyas1994
kaskus maniac
@m4ntanqv wah ane jadi kepo sendiri sekarang gimana, besok nyari ah permennya semoga nemu
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@christyas1994 @m4ntanqv Mangga gan dicari, ane lupa terus asal mampir maret
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@christyas1994 wkwkwk selamat mencari gan ntar dibuat thread yak biar mantebbb
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@m4ntanqv @christyas1994 Boleh juga tuh ide ngethreadnya emoticon-Ngakak
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@christyas1994 @orgbekasi67 hahaha ya kan bisa dijadiin thread tuh makanan makanan enak yg susah ditemuin sekarang
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@christyas1994 @orgbekasi67 gassss blar blar blar 😂😂
profile picture
christyas1994
kaskus maniac
@m4ntanqv wah ane gak jago bikin thread gan wkwkwkwkwk baca baca aja dah
profile picture
christyas1994
kaskus maniac
@m4ntanqv @orgbekasi67 agan aja kalo gituuui wkwkwkwk dieksekusi sekalian idenya
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@m4ntanqv @christyas1994 Sepakat sama sista ini hahaha
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@christyas1994 sippp gan ya nanti dicoba coba aja gan siapa tau banyak yg ngasih cendol wkwkwkwk
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@christyas1994 @orgbekasi67 hmmm bentar lagi ane kumpulin dulu gan bahan bahan nya wkwkwkkw
profile picture
christyas1994
kaskus maniac
@m4ntanqv iya gan kapan kapan deh yaaa
profile picture
christyas1994
kaskus maniac
@m4ntanqv @orgbekasi67 siaaap pokok ya ditunggu gan wkwkwk
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@orgbekasi67 @christyas1994 sipppp ya pokoknya tunggu aja tunggu wkwkkw
profile picture
embunsuci 
KASKUS Plus
Wuiihh udah berapa komen nihemoticon-Leh Uga
profile picture
m4ntanqv
kaskus maniac
@embunsuci banyak gan komennya wkwkkwkw rame bener ya lapaknya
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@embunsuci @m4ntanqv Yuk yang mau jajan kuaci emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 61 - 80 dari 92 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di