CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sebut UU Ciptaker Dibuat Ugal-ugalan, Ahli Hukum UGM: Sampai Ngakak Bacanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f917cbfa727687576561ed2/sebut-uu-ciptaker-dibuat-ugal-ugalan-ahli-hukum-ugm-sampai-ngakak-bacanya

Sebut UU Ciptaker Dibuat Ugal-ugalan, Ahli Hukum UGM: Sampai Ngakak Bacanya

"Ada banyak kalau kita baca, kita ketawa sendiri. Logika tidak diperbaiki ketika menyusun UU ini. Kan harusnya logis," kata Zainal Arifin.

Ahli Hukum Tata Negara UGM Zainal Arifin Mochtar kembali mengkritisi UU Omnibus Law Cipta Kerja yang masih menuai pro dan kontra sejumlah kalangan.

Kali ini, Zainal Arifin Mochtar menyebut UU tersebut dibuat ugal-ugalan. Saking dirasa tidak logis, ia sampai mengaku dibuat tertawa saat membaca substansinya.

Pernyataan tersebut dipaparkan oleh Zainal Arifin Mochtar dalam acara Indonesia Lawyers Club TV One, Selasa (20/10/2020) malam.


Bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi Ma'ruf Amin, Zainal Arifin Mochtar buka suara terkait kebijakan yang menurutnya bermasalah. Salah satunya UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Zainal Arifin Mochtar menyinggung perubahan substansi yang terjadi pasca disahkan di sidang paripurna. Menurutnya, hal tersebut menciderai sistem presidensiil Indonesia.

Dalam Sistem presidensiil kita, tahap paling penting itu persetujuan dan pembahasan. Kalau dikatakan masih ada perbaikan itu keliru, titik koma sekalipun," kata Zainal Arifin Mochtar seperti dikutip Suara.com.

Ahli Hukum Tata Negara UGM tersebut pun mengatakan bahwa waktu selang tujuh hari sebagaimana pembelaan dari DPR sejatinya hanya untuk menyempurnakan format, bukan mengubah substansi.

Namun, Zainal Arifin Mochtar membeberkan beberapa perubahan yang menurutnya tentu menyalahi aturan sebenarnya.

Lebih lanjut lagi, Zainal Arifin Mochtar mengaku dibuat tertawa saat membaca substansi UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Pasalnya, ia menemukan isi UU yang tidak logis dan mengesankan bahwa substansinya dibuat secara terburu-buru. Dengan kata lain, Zainal Arifin Mochtar menyebutnya berantakan.

"Hasilnya memang ugal-ugalan. Banyak sekali kalau kita baca, saya akan tertawa kecil-kecil," ucap Zainal Arifin Mochtar.

"Pantesan dibuatnya sangat terburu. Sanski pidana dan administrasi saja berantakan," sambungnya.

Dalam acara Indonesia Lawyers Club tersebut, Zainal Arifin Mochtar mengungkapkan beberapa contoh yang menunjukkan bahwa UU Omnibus Law Cipta Kerja ini tidak logis.

Menurutnya, ada sejumlah pasal yang tidak bisa diterima nalar. Oleh sebab itu, sekali lagi ia mengatakan dibuat tertawa.

"Ada banyak kalau kita baca, kita ketawa sendiri. Logika tidak diperbaiki ketika menyusun UU ini. Kan harusnya logis. Dampak pidana belum sebanding. Pelanggaran di bidang lingkungan hukumannya 1 tahun, tapi di perikanan 6 tahun," tukasnya.

Terakhir, Zainal Arifin Mochtar juga menyoroti dihapuskannya. Dengan kata lain, UU ini boleh dilanggar dalam kondisi tertentu.

Ahli Hukum Tata Negara UGM tersebut mengatakan bahwa seharusnya ada kualifikasi lanjut soal hal ini. Sebab, hal tersebut secara tidak langsung bisa melanggengkan kekuasaan Presiden dan Menteri.

"Dihapuskan pasal Tidak boleh melanggar perundang-undangan. Tapi ketika tidak dikualifikasi, semua boleh dilanggar atas nama diskresi. Semua menteri bisa melanggar kan gak ada batasan. Kalau kita merujuk UU lainnya, untuk melanggar cuma minta izin atasan saja," jelas Zainal Arifin Mochtar.

"Tapi kalau presiden dan menteri atasannya siapa? Dia bisa melakukan pelanggaran apapun. UU ini dibuat ugal-ugalan substansinya ada singkron dan ini yang harus diselamatkan," tandasnya

https://www.suara.com/news/2020/10/2...ngakak-bacanya

Ngakak ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jilme dan 10 lainnya memberi reputasi
Si ahli tata negara dri UGM habis ketawa2 trus udah ngajuin judicial review ke MK belum??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kesakitan dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
Setelah disahkan dan diundangkan.. baru bisa diajukan judicial review gan emoticon-Jempol
Sementara sekarang masih pembahasan ya, yang beredar masih RUU gan emoticon-2 Jempol
profile picture
dhickkrist
kaskus addict
@motherparker699 setelah disahkan dan diundangkan. Sepertinya dia juga gak bakal mengajukan judicial review ke MK. Yg penting ngmg dlu, action belakangan.
Biasanya gitu sih....emoticon-Shutup
profile picture
@dhickkrist Kan kita nggak tau masa depan gan, kalau dia memang ajukan Judicial review gimana? emoticon-Leh Uga
Sabar saja cebi saja sering ngelaporin kasus nggak penting.. nah ini menyangkut masalah kepentingan besar kok masih ada orang yang apatis kan emoticon-Shakehand2
profile picture
sniper2777
kaskus maniac




Ini orang gagal paham, dungu! emoticon-Stick Out Tongue


Justru dia gak setuju mengajukan ke MK, dia kritik pemerintah dan DPR yg ugal2an bukin UU kemudian menempatkan MK sbg tukang cuci piring emoticon-Ngakak


Nonton videonya biar jelas emoticon-Ngakak
profile picture
joey82
kaskus maniac
@sniper2777

Jadi semua lembaga gak di percaya sama dia

profile picture
dhickkrist
kaskus addict
@sniper2777 ntn video apa?? ILC??

Males ah, isinya tukang ngibul semua. Di depan kamera pada kritis2, adu argumen.
Dibelakang paling pada haha hihi, cm pada ngomong doang, gak ada action2 nya.


Mending ntn masterchef, ngliatin chef Renata emoticon-Peluk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di