CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8f3ba982d4956dfa107940/7-jenis-ikan-cupang-yang-banyak-dipelihara-di-indonesia

7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara di Indonesia

Gansis pasti tentu sudah tak asing lagi dengan ikan satu ini. Ikan ini bisa dengan mudah di temukan di berbagai pasar tradisional maupun pasar ikan hias. Yap, ikan cupang! Selama pandemi Corona ini berbagai jenis ikan cupang dipelihara oleh masyarakat untuk mengisi kegiatan selama di rumah saja.



Ikan cupang atau dalam bahasa Inggris betta splendens, adalah ikan air tawar yang habitat asalnya ada di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Perkembangan variasi ikan cupang dilihat dari segi bentuk dan warna terbilang pesat dalam beberapa generasi terakhir.


Ada beberapa jenis ikan cupang yang dikenal di Indonesia sekarang ini. "Ada halfmoon, crown tail, double tail, paradise, veil tail, cupang slayer, spade tail , over halfmoon, dumbo ear atau big ear, snakehead," 


Gansis juga harus tau..kini ada jenis ikan cupang jenis baru yang sedang populer dan mahal harganya, jenis ikan cupang baru itu bernama avatar gold cooper."Sekarang jenis avatar gold cooper lagi mahal karena strain terbaru. Ada juga jenis multycolor sama black series,"


Berikut jenis-jenis ikan cupang yang banyak dipelihara dan dijual di Indonesia:


Ikan cupang halfmoon





Sesuai dengan namanya, ciri khas ikan cupang yang satu ini memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu dan membentuk setengah lingkaran.Nama lain dari ikan ini adalah cupang Big Ear.Warna ikan cupang halfmoon beragam, mulai dari biru pekat, merah, ungu sampai yang paling langka, kuning.


Crown Tail atau Cupang Serit





Selain cupang Halfmoon, cupang Crown Tail ini juga memiliki ciri khas yang sesuai dengan namanya. Dinamakan Crown Tail atau ‘ekor mahkota’ karena ekornya yang akan membentuk seperti mahkota ketika dibalik. Ikan yang satu ini juga tergolong jenis ikan cupang yang mahal karena cukup langka di pasaran.


Jenis ikan cupang satu ini memiliki sirip sobek-sobek yang terlihat seperti gabungan duri.Keunikan lainnya dari ikan ini adalah warnanya yang sangat mencolok, cocok untuk dipelihara di dalam akuarium rumah.


Double Tail, Jenis Ikan Cupang yang Langka




Tampilan ikan cupang double tail sangat indah, mulai dari siripnya yang lebar dan lebat sampai gradasi warna sisiknya yang memikat.Tapi, ikan ini terkenal sulit dikembangkan gansis...Hal itulah yang membuatnya langka.


Paradise (Marcopodus opercularis)




Cupang Paradise atau ikan cupang surga memiliki tubuh yang kecil. banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Ciri khas dari ikan ini adalah ekornya yang bercabang.


Ikan Cupang Slayer 




Ikan cupang slayer merupakan hasil persilangan dari halfmoon dan serit. Jenisnya cukup marak dijual di banyak pasar ikan dan merupakan salah satu favorit banyak orang.


Ciri khasnya adalah siripnya yang lebih lebar dan besar dari pada seluruh badannya.Ikan cupang slayer dikaruniai warna-warna terang seperti oranye, kuning, merah, hijau, dan masih banyak lagi.


Dumbo atau Big Ear




Seperti namanya, ikan cupang big ear atau yang dikenal pulsa sebagai dumbo memiliki sirip depan yang besar hingga tampak seperti telinga gajah. Mereka merupakan jenis cupang persilangan yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. 


Snakehead (Betta channoides)




Cupang kepala-ular (Betta channoides) adalah sejenis ikan cupang dalam grup Albimarginata; dalam perdagangan dikenal sebagai Snakehead Betta. Ikan ini merupakan salah satu cupang alam yang cukup populer karena warnanya yang menarik dan keberadaannya yang mudah didapat. Semaraknya cupang alam dalam percaturan cupang dunia saat ini tidak urung mengangkat nama Betta channoides yang habitat aslinya di Sungai Mahakam dekat Pampang Kalimantan Timur. Popularitasnya tidak kalah dengan Betta macrostoma andalan negara Brunei Darussalam.


Nama belakang (epitet spesifik) channoides berarti'menyerupai Channa', yakni marga ikan gabus (Ingg.: snakehead fish) yang bentuk kepalanya menyerupai kepala ular. Oleh sebab itu ada yang menyebut ikan ini sebagai Snakehead Betta.


Dari berbagai jenis ikan cupang tersebut, mana yang sudah gansis pelihara...?

Sumber :
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hendri6780
Ikan cupang kenapa bisa mahal bangeet yaa
profile picture
SkyQaz
kaskus addict
Prosesnya gan bkin ikan cupang dengan kombinasi warna dan form ikan yang bagus itu bukan bulanan tapi Tahunan prosesnya... bahkan ada yang sampai belasan tahun itu cuma bkin bagus satu warna aj dia.

apalagi kalau ada jenis kombinasi warna baru pasti jadinya mahal karena ya belum banyak yang bisa bikin warna seperti itu
profile picture
katlalana
kaskus maniac
@SkyQaz oalah seperti itu, baru paham ane. Soalnya ane haran kan dia ukurannya kecil
profile picture
SkyQaz
kaskus addict
@katlalana yoi gan kecil2 tapi banyak bgt kemungkinan kombinasi warnanya , dan bisa buat eksperimen jg dengan kimpoi silang macam2 warna.

Klo mau murah banyak juga sh cma ya harga sma kualitas seharusnya berbanding lurus
profile picture
katlalana
kaskus maniac
@SkyQaz paham gan, jadi hasil persilangan, hasilnya bagus yaa...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di