CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Alasan Aksi Lempar Batu ke Bus yang Kerap Terjadi di Lintas Sumatera
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8bb20daf7e933b3b2a9a5e/ini-alasan-aksi-lempar-batu-ke-bus-yang-kerap-terjadi-di-lintas-sumatera

Ini Alasan Aksi Lempar Batu ke Bus yang Kerap Terjadi di Lintas Sumatera

"JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pelemparan batu ke bus yang melintas memang sering terjadi di Indonesia. Pelemparan batu ini menyebabkan kerugian seperti kaca pengemudi retak atau kaca bagian samping yang pecah. Pelemparan batu ini biasanya terjadi di daerah lintas Sumatera, bahkan belum lama ini juga kejadian di Jawa Tengah. Perilaku seperti ini sangat berbahaya karena bisa melukai orang yang berada di dalam bus. Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dan Pemilik PO SAN, Kurnia Lesani Adnan mengatakan, pelemparan batu ke bus ini memang sudah terjadi sejak dahulu, namun tujuannya berganti seiring waktu.


“Yang saya tahu, dulu melempar batu ke bus itu tujuannya agar bus berhenti lantas dirampok. Berjalannya waktu, melempar batu ini menjadi cara masyarakat protes,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020). Masyarakat yang kurang menyukai bus tersebut karena dianggap ugal-ugalan ketika melewati daerahnya, maka dilempari dengan batu. Namun mirisnya, melempar batu ke bus saat ini sudah menjadi kegiatan iseng semata. “Saat ini menurut saya, melempar batu ke bus sudah menjadi penyakit masyarakat. Hal ini menjadi kegiatan iseng yang dilakukan anak-anak kecil di daerah yang dilalui bus,” kata Sani."

Lempar Bus yg lagi melaju karena iseng. Selain di Sumatera, di Jawa terutama Pantura masih sering ditemui lempar batu di Kereta Api.

Sudah saatnya dilakukan penindakan tegas, kalau pelakunya anak kecil, orang tua mereka yang harus tanggung jawab secara hukum. Dan dimasukkan ke penjara sekalian ortunya.

Sumber :
https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/18/100100715/ini-alasan-aksi-lempar-batu-ke-bus-yang-kerap-terjadi-di-lintas-sumatera


profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jerry Maguire
terus terang ane waktu masih mudik ke jawa naik motor sering bawa batu, sasarannya satu bus LRGG. Bus ini terkenal raja pantura sehari bisa 3 rit (bayangin aja jalannya kayak apa) padahal bus lain cuma mentok 2. ane sering banget liat "kebrutalan" bus ini paling sering korbannya motor (ane sendiri nyaris jadi korban). Bus ini hanya bisa disalip saat ada penumpang naik atau turun.
Sekarang ane udah gak mudik naik motor jadi gak tau deh gimana tuh BUS.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
ozzai936
kaskus holic
Luragung y gan?
profile picture
TS Jerry Maguire
kaskus holic
sakti banget itu bus nya, udah kenalan sama coklat2 disana kali ya
profile picture
arieejack
kaskus addict
Bus Lurangung ya gan ??
profile picture
yoxchuy
kaskuser
Betul gan,
TS mungkin gitu karena ane pernah buat laporan tapi dicuekin padahal tuh bus habis" lempar" pasangan naik motor ke trotoar (daerah pantura Subang pas ane mudik tahun 2009), akhirnya ya kita "bata" pake batu rame (ane masih inget ada sekitar 5 motor ; MegaPro, Ninja 150, tiger, king dan motor ane scorpio)
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di