CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Chatib Basri: UU Cipta Kerja Membuat Iklim Investasi di Indonesia Lebih Bagus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f833e9c0577a95fb17d1050/chatib-basri-uu-cipta-kerja-membuat-iklim-investasi-di-indonesia-lebih-bagus

Chatib Basri: UU Cipta Kerja Membuat Iklim Investasi di Indonesia Lebih Bagus


Chatib Basri Foto: bekraf.go.id



Pengesahan UU Cipta Kerja pada Senin (5/10) lalu oleh DPR menuai sorotan dari publik. Banyak yang kontra terhadap pengesahan UU Cipta Kerja ini karena dirasa merugikan para pekerja.

Meski demikian, pandangan berbeda diberikan oleh Ekonom sekaligus Mantan Menteri Ekonomi Chatib Basri. Menurut Chatib, pengesahan UU Cipta Kerja akan semakin mendukung iklim investasi di Indonesia.



Chatib mengatakan, belajar dari terjadinya pandemi COVID-19, kini banyak perusahaan berencana memindahkan investasi mereka dari China ke negara-negara lain di Asia Tenggara.

“Setelah pandemi ini akan terjadi yang saya sebut Dechinafikasi. Orang akan merelokasi investment mereka dari China ke berbagai negara di Asia Tenggara,” ungkap Chatib dalam Webinar Financial Investment: Investment Optimism Post COVID-19 Vaccine, Rabu (7/10).

Menurutnya, relokasi perusahaan-perusahaan besar dari China merupakan pelajaran penting dari mewabahnya pandemi COVID-19. Seperti diketahui, kebanyakan negara terlalu bergantung pada China. Sehingga ketika terjadi pandemi corona yang menghantam perekonomian China, kondisi tersebut tak pelak turut mempengaruhi semua kegiatan perusahaan-perusahaan yang memiliki pabrik di negara tersebut.

Untuk itu Chatib mengatakan, akan banyak negara yang bakal melakukan Dechinafikasi demi mengurangi risiko di masa depan.

“Kemana mereka akan masuk? Ke negara yang investment climate-nya bagus. Inilah yang di address oleh disebut UU Cipta Kerja,” ujarnya.




Menurut Chatib UU Cipta Kerja tersebut telah menyederhanakan aturan yang selama ini dianggap menyulitkan investor. Salah satunya adalah soal besaran pesangon yang dianggap memberatkan pemberi kerja.

“Bagaimana orang mau investasi di Indonesia kalau dia harus bayar pesangonnya untuk 10 tahun kerja aja 32 bulan. Sementara Vietnam aja separuhnya. Beleid ini saya kira akan membuat investment climate di Indonesia akan lebih baik,” tandasnya.

***

Sumber :
https://m.kumparan.com/kumparanbisni...LUYz80srg/full




moga cita cita bisa tercapai.
rakyat makin sejahtera,
jumlah kemiskinan menurun
emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Pesan moralnya Bagus untuk iklim investasi apakah bagus juga untuk alam,hutan dan lingkungan kita??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maspimang dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
ayakashiNight
kaskus addict
tenu saja engga, kecuali rumah dan isi rumahmu dibangun pake orok
profile picture
smogal
kaskus geek
Klo UU Cipta kerja aja ada 600 halaman berarti ga semua pasal itu sempurna dan memuaskan semua pihak. Solusinya ya gugat ke MK pasal yg perlu d revisi ato d hilangkan aja....

Bukan semua UU nya yg d tolak pke perpu presiden
profile picture
saoyuan
kaskus maniac
Dia maunya gak ada UU cipta kerja Gan emoticon-Embarrassment@smogal
profile picture
smogal
kaskus geek
@saoyuan UU jg sm ky aplikasi harus ada pembaruan. Klo pke UU lama takutnya jd rancu krn ga sesuai sm jaman emoticon-Ultahemoticon-Ultah
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di