CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengusaha Ancam PHK Buruh yang Mogok Kerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7da5f92637722cb4129433/pengusaha-ancam-phk-buruh-yang-mogok-kerja

Pengusaha Ancam PHK Buruh yang Mogok Kerja




Pengusaha mengancam memutuskan hubungan kerja (PHK) dengan buruh yang ikut dalam aksi mogok kerja nasional dalam rangka menolak Omnibus Law Cipta Kerja.
Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani bilang bahwa secara hukum, PHK diperbolehkan karena mogok nasional yang dilakukan buruh dianggap tidak sah lantaran bukan dikarenakan kegagalan perundingan.
Dasar hukum yang dimaksud Shinta, yaitu UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Pada pasal 137 berbunyi: Mogok kerja sebagai hak dasar pekerja/buruh dan serikat pekerja/serikat buruh dilakukan secara sah, tertib, dan damai sebagai akibat gagalnya perundingan.

Sedangkan, mengutip Pasal 3 Kepmen Nomor 232 Tahun 2003 tentang Akibat Hukum Mogok Kerja yang Tidak Sah, disebutkan bahwa mogok kerja tidak sah apabila dilakukan: a) bukan akibat gagalnya perundingan.

Oleh kedua dasar hukum tersebut, Shinta menilai sanksi dapat diberikan. Namun, bukan sanksi PHK yang langsung diambil, melainkan pemanggilan selama tiga kali. Jika yang bersangkutan tak memenuhi panggilan atau mangkir, maka sanksi PHK dapat diberikan.
"Prinsip harus kembali ke UU, di UU Nomor 13 sangat jelas kalau pekerja tidak bekerja dan ada pemangilan dan bisa diberikan peringatan dan kalau peringatan sudah tiga kali berturut-turut, memang dia (pekerja) bisa di-PHK," katanya kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (7/10).
Apindo, kata Shinta, telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang imbauan pekerja untuk tidak mengikuti mogok nasional yang berlangsung mulai 6 Oktober hingga 8 Oktober 2020.

Dalam surat edaran tersebut keabsahan mogok buruh dipertanyakan karena aksi mogok hanya dapat dilakukan jika perundingan mengalami jalan buntu. Sementara, pihaknya menilai tidak ada negosiasi bipartit yang terjadi, baik antara penerima dan pemberi kerja.

"Konsep mogok nasional yang ada saat ini tidak bisa dianggap mengikuti aturan mogok, karena tidak ada negosiasi yang terjadi bipartit antara penerima dan pemberi kerja," imbuhnya.
Selain itu, imbauan untuk tak mogok juga sejalan dengan Pergub DKI No.88 Tahun 2020. Pergub tersebut melarang masyarakat umum atau pun karyawan melakukan kegiatan berkumpul/ bergerombol di suatu tempat. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut.



"Mengimbau kepada seluruh pekerja/buruh di masing-masing perusahaan untuk mematuhi ketentuan peraturan perundangan, khususnya terkait dengan mogok kerja, serta ketentuan tentang penanggulangan dan penanganan covid-19," imbau Apindo seperti dikutip dari SE tersebut.

Sepaham, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menyebut sanksi diberikan sesuai dengan kesepakatan kerja bersama (KKB) setiap perusahaan.

Jika KKB yang tertuang memperbolehkan diberikannya sanksi PHK, ia menilai hal itu bisa saja menjadi pilihan. Sayangnya, ia enggan merinci lebih lanjut. "Bergantung KKB tiap perusahaan," ucapnya.
Sebelumnya, berbagai serikat buruh hingga mahasiswa melakukan  aksi mogok nasional sebagai bentuk penolakan atas pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja. Dimulai kemarin, mogok kerja kembali berlanjut pada hari ini hingga 8 Oktober besok.
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal Said membantah jika aksi mogok nasional dilakukan secara ilegal. Ia menyebut bahwa aksi tersebut dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Kemudian, lanjut Said, juga sesuai Pasal 4 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 yang mengatur bahwa salah satu fungsi serikat pekerja adalah merencanakan dan melaksanakan pemogokan.

"Selain itu, dasar hukum mogok nasional yang akan kami lakukan adalah UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No 12 tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik," ujar Said Iqbal.
Lebih lanjut, Said menyebut bahwa aksi mogok nasional ini dilakukan tertib, damai, dan tidak anarkis. Menurutnya, aksi ini dilakukan semata-mata untuk meminta Pemerintah dan DPR RI membatalkan omnibus law.


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201007122255-92-555383/pengusaha-ancam-phk-buruh-yang-mogok-kerja

KESEMPATAN TUH BUAT BURUH DI PHK DAPET PESANGON emoticon-Leh Uga

DARI PADA RESIGN GA DAPET APA-APA 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Pecat semuanya kalo berani..

Jangan omdo..
emoticon-Smilie
emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hamand dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
kampret.strez
kaskus maniac
cari penggantinya gampang, yang ngantri ingin bekerja saja banyak.
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
Kalo dipecat semuanya, mungkin agan ini siap menampung kerja...

emoticon-Selamat
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
@kampret.strez Siapa bilang ngrekut tenaga kerja baru mudah,di tempat usaha keluarga tenaga kerja di farm broiler itu kalau tenaga baru harus di ajarin agak lama.. apalagi di perusahaan ada training dll..ada biaya nya.
profile picture
bravo73
kaskus addict
@kampret.strez @Nibrashilmy2 tenang gan buruh juga demo lama lama tekor tunjangan harian banyak dipotong, liat aja tuh yg demo udh banyakan mahasiswa Dan Massa gak jelas, ngapain juga demo terus nanti terluka keluarga juga yg repot
profile picture
kampret.strez
kaskus maniac
@Nibrashilmy2 memang trainingnya lama? kayaknya nggak lama
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
@kampret.strez Itu buruh apa gan..buruh operator produksi,buruh teknisi,buruh perakitan produksi mesin,buruh perusahaan daging,olahan makanan dll..itu butuh training..kalau buruh tulang angkut mungkin..di sini kenapa buruh kok di ejek2..emang pada jadi juragan..cerita kakak sy buruh di Jepang itu sangat di hormati..
profile picture
casper69
kaskus maniac
Sudah ada yg pecat semua karyawanya bulan juli, lu google aja PT Freetrend. Ada 15 ribu org yg diphk, sampai skrg masih pd nganggur. Pdhl waktu masuk freetrend nyogoknya bisa sampai Rp 10 juta emoticon-Big Grin

Infonya freetrend pindah ke jawa tengah.
profile picture
aljibo
kaskus addict
@casper69

Yah itu mah bukan gara gara demo omnibus law..

Tetapi emangnya mau pindah region PT nya
profile picture
casper69
kaskus maniac
Emang bukan, tapi gara2 buruhnya keseringan demo, plus upahnya termasuk tinggi. Tangerang daerah industri yg psling sering demo buruhnya, kadang kasian kalau ngeliat mereka cuma dimanfaatin sama pemimpin serikat buruh tapi kadang juga kesal pas berangkat atau pulang kena macet gara2 mereka demo.
profile picture
kampret.strez
kaskus maniac
@Nibrashilmy2 apakah teknisi juga termasuk buruh?
profile picture
@kampret.strez @Nibrashilmy2 Suruh ngerasain jd buruh dlu pada gan, bisanya cuma ngebaot doank...coba u komen di tengah2 demo buruh, kl ga jd rempeyek loe...sesama warga indonesia ga usah saling ngejelekin, mntang2 muka u udh jelek...
profile picture
hamand
kaskus holic
Selama masih makan gaji ya BURUH namanya, mau posisi apapun, mau kerja di mana pun ... meski pake dasi sekalipun .... emoticon-Ngakak

yang bloon mentang2 kerja pake AC dan berdasi tapi gak mau disebut BURUH ... malah ikut2an menghujat BURUH yang lain .... kan govlok .. emoticon-Ngakak
profile picture
kampret.strez
kaskus maniac
@hamand berarti dokter, lawyer, engineer, ilmuwan, jajaran manajemen yang digaji termasuk buruh juga?
profile picture
hamand
kaskus holic
@kampret.strez

Dokter itu profesi, sma kaya guru, pengacara dll ..

yang lainya nerima gaji berdasarkan waktu kerja ya BURUH namanya
profile picture
kampret.strez
kaskus maniac
@hamand ok, ane paham.
profile picture
@kampret.strez @hamand kalo masih nerima gaji ga usah saling menghujat, mereka yg lg protes itu lagi ngebela ente2 yg masih digaji ama perusahaan, nti kalo perjuangan mereka berhasil ente2 juga yg nikmatin hasilnya dan nambal modal buat jd pengusaha,..
profile picture
hamand
kaskus holic
@kampret.strez

ya gak semudah itu juga gan perusahaan PHK orang, klo cuma sekelas OB atau tukang kebun ya bisa aja dia PHK sekarang cari ganti segambreng diluar ngantri ... tp klo untuk katakanlah Operator Produksi macam sepatu atau tekstile aja paling tidak dia butuh 2 minggu paling cepat untuk training orang baru dan ketika training dia butuh pendamping dari senior yang mana tentu waktu kerja si senior ini juga terganggu maka perusahaan akan rugi banyak waktu dan biaya .. belum lagi klo operator di industri otomotive, elektronik atau Boiler, gas , bisa lebih kompleks lagi ... mereka dalam kondisi normal aja bisa lama pilih2 calon karyawannya, apalagi kondisi begini.


profile picture
hamand
kaskus holic
@kampret.strez @Ikhsan.Setiawan


agan @@Ikhsan.Setiawan lah iya gan ane setuju ga usah menghujat lah wong masih sama2 nerima gaji alias BURUH koq ... emoticon-Ngakak

cuma ane jelasin aja sekrang2 ini persepsi mereka kalo BURUH itu cuma orang yang kerja pabrikan dan posisi pekerja kasar doang, sampe2 orang2 yang kerja ber AC dan berdasi gak merasa jadi BURUH malah ikut2n menghujat teman2 BURUH lainnya yang lagi pada memperjuangkan HAK2 mereka .... ngono loh gan emoticon-Malu (S)
profile picture
Yang pasti kalau mau PHK harus pikir2x karena perusahaan sudah investasi bukan hanya bahan baku dan mesin produksi tapi orang yang menjalankan bisnis juga investasi...buruh dilatih dan dididik sampai mahir itu bukan hal yang murah... kalau buruh sudah punya bekal ilmu dan menguasai suatu teknologi maka buruh akan banyak dicari oleh para pencari kerja... karena langka... misal buruh yang mahir untuk moulding and drilling maka perusahaan sudah banyak mengeluarkan uang untuk melatihnya sehingga dia menjadi mahir...
profile picture
Nibrashilmy2
kaskus addict
@kampret.strez buruh/Labor...teknisi itu juga termasuk buruh dari company...tapi ya entahlah dilihat saja nanti setelah UU ini berlaku bagaimana kejadiannya..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 27 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di