CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bersiap! BEM Seluruh Indonesia Turun ke Jalan Tolak UU Cipta Kerja, Besok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7d91595cf6c44a5c4d7dfe/bersiap-bem-seluruh-indonesia-turun-ke-jalan-tolak-uu-cipta-kerja-besok

Bersiap! BEM Seluruh Indonesia Turun ke Jalan Tolak UU Cipta Kerja, Besok




Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa besar-besaran pada Kamis (8/10/2020) untuk menggugat pengesahan omnibus law Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja menjadi undang-undang.

Dalam unggahan bertajuk seruan aksi nasional di laman Instagram resminya, BEM SI menyerukan agar mahasiswa di berbagai daerah bergabung dalam unjuk rasa yang akan digelar di Istana Rakyat pada pukul 10.00 WIB, esok.

"Seruan untuk seluruh mahasiswa di Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mengikuti aksi nasional yang diadakan pada Kamis 8 oktober 2020, waktu pukul 10.00 WIB, tempat: Istana Rakyat," demikian unggahan @bem_SI sebagaimana dikutip Okezone dari Instagram resminya, Rabu (7/10/2020).

BEM SI berpandangan, pengesahan omnibus law RUU Cipta Kerja menjadi UU adalah simbol matinya hati nurani para anggota dewan. Buruh, lanjut BEM SI, menjadi korban atas kerakusan penguasa yang menyuburkan oligarki.

"Maka sampaikanlah ke seluruh pelosok negeri bahwa demokrasi kita telah mati," tegas BEM SI.



Di ujung seruan aksi tersebut, BEM SI mengutip penggalan pusi aktivis Wiji Thukul, "Apabila usul ditolak tanpa ditimbang, suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan, dituduh subversif dan mengganggu keamanan, maka hanya ada satu kata: lawan!"



Sumber


Mantab betul emoticon-2 Jempol emoticon-Jempol emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gw.kenshin1601 dan 18 lainnya memberi reputasi
Aneh inikan UU cipta kerja yg disasar soal perburuhan tapi yg demo mahasiswa.

Emang mereka ngerti susahnya cari kerja. Trus soal pesangon buruh. Pesangon hanya dikasih kalo PHK, apa buruh semua bercita2 di PHK?

Di PHK itu ada 2 alasan, 1 si buruh bikin masalah, 2 perusahaan bangkrut.
Kebanyakan PHK terjadi saat perusahaan bangkrut. Kalau udah bangkrut besaran PHK jarang yg memenuhi ketentuan UU tenaga kerja yg lama, prakteknya adalah deal2 an antara owner ama buruh. Dibawa ke Disnaker melalui penyelesaian pertikaian industrial pun prosesnya bakalan lama dan besaran pun paling nambah dikit. Ibaratnya kalau ownernya bangkrut disembelihpun duit nggak bakal ngucur.

Menurut Ane sih enakan UU yg baru, besaran pesangon dari perusahaan berkurang tapi dapat tambahan dari pemerintah dan ada pendampingan dari pemerintah entah diberi pelatihan untuk bikin usaha mandiri atau disalurkan ke perusahaan lain. Nggak kayak sekarang, di PHK yah dilepas gitu aja. Welcome to the jungle atau wild wild west moga2 aja selamat dari kemiskinan dan pengangguran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gw.kenshin1601 dan 18 lainnya memberi reputasi
profile picture
brick_water
kaskus addict
uu yg kemarin ddisetujui dpr bukan cuman tentang kerja tapi banyak aspek hidup rakyat indonesia..keknya kagak baca dan paham keseluruhan undang-undangnya.dan sepertinya juga tidak paham juga kalau itu uu ini tidak menyangkut blue collar tapi white collar juga. bacanya yang utuh jangan sepotong2 soalnya nyebut phk cuman 2 alasan padahal ada pasal lain yang menyangkut itu
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
[mention]brick_water[/mention] lha mana pasalnya ? bunyinya kayak apa, bawak ke sini. Jangan cuma katanya 2

Oh ya kita nggak kenal white atau blue, semua yg masih nyari duit ikut orang/ perusahaan itu namanya buruh.
profile picture
converti
kaskus maniac
@larapeequer [MENTION]brick_water[/MENTION]

Tuh brick ditantangin
emoticon-Traveller
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
Mantep ini...

Udah Ring tinju yang keberapa soal bahas ini UU...

ayo agan brick tampilin d sini kasih edukasi yg bermutu...

emoticon-Traveller
profile picture
natsuzaki48
kaskus addict
Seru, nyimak emoticon-Traveller
profile picture
aljibo
kaskus addict
@larapeequer



JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 35 investor global dengan nilai aset kelolaan (asset under management/AUM) sebesar 4,1 triliun dollar AS menulis surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo terkait Undang-Undang Cipta Kerja.

Beleid yang dibuat dengan metode omnibus law tersebut baru saja disahkan oleh parlemen kemarin, Senin (5/10/2020).

Di dalam surat terbuka tersebut dijelaskan, UU Cipta Kerja berisiko merusak kondisi lingkungan, sosial, juga pemerintahan.

Para Investor global tersebut khawatir dengan adanya perubahan kerangka perizinan, berbagai persyaratan pengelolaan lingkungam dan konsultasi publik serta sistem sanksi bakal berdampak buruk terhadap lingkungan, hak asasi manusia, serta ketenagakerjaan.

Baca juga: Kemenkeu: UU Cipta Kerja Jadi Modal Pemulihan Ekonomi 2021



Hal itu dinilai dapat menimbulkan ketidakpastian yang signifikan dan bisa memengaruhi daya tarik pasar Indonesia.

"Meskipun kami menyadari perlunya reformasi hukum bisnis di Indonesia, kami memiliki kekhawatiran tentang dampak negatif dari tindakan perlindungan lingkungan tertentu yang dipengaruhi oleh Omnibus Law Cipta Kerja. Kami memiliki kekhawatiran tentang dampak negatif dari langkah-langkah perlindungan lingkungan yang dipengaruhi oleh Omnibus Law UU Cipta Kerja,” kata Peter van der Werf, dari Robeco dikutip dari Reuters (5/10/2020).

Reuters memberitakan, 35 investor yang menuliskan surat terbuka di antaranya adalah Aviva Investor, Legal & General Investment Management, Chruc of England Pensions Board, Robevo, dan Sumitomo Mitsui Trust Assets Management.

Omnibus Law UU Cipta Kerja dikhawatirkan dapat menghambat upaya perlindungan terhadap hutan Indonesia.

Dampak jangka panjangnya, dunia akan semakin kesulitan menghambat terjadinya kepunahan aneka ragam hayati dan memperlambat perubahan iklim yang kini menjadi masalah bersama penduduk Bumi.
profile picture
eyibrigif
kaskus addict
Gw nyimak dulu klo seru ntar gw ikutan
profile picture
dyfia
kaskus addict
@eyibrigif ayo mana nih debatnya ane tunggu
profile picture
madjezzt
kaskus maniac
kalo dah mulai kabarin yak
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@aljibo bunyi pasalnya Gan, bukan asumsi orang. Bawak sini bunyi pasal di UU cipta kerja.
Sorry Ane kagak percaya asumsi 2 orang nggak jelas.
profile picture
aljibo
kaskus addict
@larapeequer

Baca sendiri bro..

Jangan malas membaca..

Download UU cilakanya..

Terus silahkan baca 1028 halamannya.. emoticon-Smilie
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@aljibo halah suruh nunjukin bunyi pasalnya aja nggak bisa udah berani koar2 tolak-tolak.

Yg ditolak apa juga nggak jelas... Pantes ajah gampang banget kemakan hoaks.
profile picture
itkgid
kaskus maniac
@larapeequer @aljibo 905 halaman, ketahuan ente belum baca emoticon-Ngakak ane dah baca semua, bareng sama hrd bagian training n rekrutmen kantor, juga konsultan hukum. yg bagian ketenagakerjaan ada di halaman 429-455 gak ada yg merugikan karyawan/buruh justru memperkuat posisi di mata hukum. Nah kalo yg bagian isu lingkungan ini lagi dibahas sama departemen HSE dan KKK kayaknya emank isu bagian lingkungan yg lebih banyak perubahan.
profile picture
defanasywaQ
kaskus addict
Nah tuh agan @itkgid udah baca beliau .. biar beliau yg jadi penengah , sok dimulai debatnya
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
Mana ini debatnya???

Udah nyiapin gorengan dari kemaren....

Payah dahhh, cuma modal klipingan doang...

Padahal gw ngarep beneran di bedah itu isi UU...

emoticon-Leh Uga
profile picture
converti
kaskus maniac
Bahas pasal per pasal dong, masa bahas klipingan
emoticon-Leh Uga

Ayoo dilanjut, gw belum tau detail soalnya.. Biar gw bisa dapat ilmunya nih
profile picture
brick_water
kaskus addict
@larapeequer bukan cuman katanya. gw dah baca pasal-pasalnyadari dokumen yang di download di website pemerintah resmi yang katanya final heheheh dan udah di diskusikan di tetangga sebelah makanya gw bilang loe kagak baca secara keseluruhan.banyak baca literatur bro biar pikiran terbuka. lagian disini cuman warung kopi bukan tempat serius untuk mamapari tuh pasal-pasal. hahaha
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
[mention]brick_water[/mention] pasalnya banyak banget ye kan. Yg Elu nggak setuju jabarin ke sini bunyi pasalnya kayak apa. Nggak cuma klipingan berita apalagi narsumnya dari serikat buruh, yang terancam karena bakal nggak guna keberadaan nya.
profile picture
brick_water
kaskus addict
@larapeequer gw kagak ada kepentingan sama itu uu cipta mau di setujui atau nggak nggak ngaruh sama gw. sorry aja bro gw kagak perlu di perintah2 untuk nunjukin pasal-pasal apalagi pake nuduh cuman kliping berita narsum serikat buruh ini itu . hahaha. literasi loe benerin dulu deh kagak bakalan berkembang tetap aja jadi buruh dan tidak bakal maju pemikirannya. banyak maen jauhan sama orang yang berbeda-beda mau dari pemerintah atau oposisi biar maju bro hahahah
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
[mention]brick_water[/mention] aneh... Orang protas protes giliran disuruh nunjukin mana pasal yg diprotes ngeles ngambil klipingan berita tanpa bunyi pasalnya. Ditanyain lagi mana bunyi pasalnya masih ngeles udah baca. Dimintain diperjelas mana pasal yg diprotes eh sekarang ngatain orang rendah literasinya.. kok malah dibolak-balik.
Yg nggak setuju UU nya kan Elu, kenapa balik nuduh Ane pakai ngatain biar jadi buruh melulu.
Padahal Ane cuma tanya bunyi pasal yg Lo protes yg mana. Karena Ane dah baca pasal 2 nya biasa aja nggak ada kerugian bagi buruh justru ada kejelasan tapi memang akan merugikan serikat buruh nya.
Dan lagi yg Ane baca dari pendapat orang2 hukum, UU ini hanya mengubah beberapa pasal dari UU yg lama, sedang kan yg tidak diatur/disebut dalam UU omnibus law ini bukan nya dihapuskan atau hilang tapi tetap mengacu pada UU yg lama alias tidak berubah.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 20 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di