CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UMK Dihapus di RUU Ciptaker, Jadi Alasan Buruh Mogok Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7bd9d07414f5102a5736a0/umk-dihapus-di-ruu-ciptaker-jadi-alasan-buruh-mogok-nasional

UMK Dihapus di RUU Ciptaker, Jadi Alasan Buruh Mogok Nasional



JAKARTA – Buruh menolak keras rencana pengesahan RUU Cipta Kerja. Penolakan segera disampaikan dalam aksi mogok nasional pada 6 Oktober hingga 8 Oktober 2020.

Salah satu alasan menolak RUU Cipta Kerja adalah dihapusnya regulasi tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) bersayarat dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK).

Baca Juga: RUU Ciptaker, Uang Pesangon Maksimal Hanya 25 Kali Gaji

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, UMK tak perlu bersyarat dan UMSK harus tetap ada, karena setiap kabupaten/kota berbeda nilainya. Sehingga, tidak benar kalau UMK di Indonesia lebih mahal dari negara ASEAN lainnya.

“Tidak adil, jika sektor otomotif seperti Toyota, Astra, dan lain-lain atau sektor pertambangan seperti Freeport, Nikel di Morowali dan lain-lain, nilai UMK-nya sama dengan perusahan baju atau perusahaan kerupuk. Karena itulah di seluruh dunia ada Upah Minimum Sektoral yang berlaku sesuai kontribusi nilai tambah tiap-tiap industri terhadap PDB negara,” kata Said dalam keterangan tertulis, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: RUU Cipta Kerja Segera Disahkan, Andreas Eddy: Stimulus Dongkrak UMKM

Menurut dia, UMSK harus tetap ada. Namun, penetapan nilai kenaikan dan jenis industri yang mendapatkan UMSK dilakukan di tingkat nasional untuk beberapa daerah dan jenis industri tertentu saja.

“Jadi UMSK tidak lagi diputuskan di tingkat daerah dan tidak semua industri mendapatkan UMSK, agar ada keadilan,” ujarnya.

Dia menambahkan, perundingan nilai UMSK dilakukan oleh asosiasi jenis industri dengan serikat pekerja sektoral industri di tingkat nasional. Di mana keputusan penetapan tersebut hanya berlaku di beberapa daerah saja dan jenis sektor industri tertentu saja sesuai kemampuan sektor industri tersebut.

“Jadi tidak harus sama rata sama rasa, karena faktanya setiap industri berbeda kemampuannya. Karena itu masih dibutuhkan UMSK,” katanya.

Dia menyebutkan, mogok nasional dilakukan sesuai dengan UU No 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dan UU No 21 Tahun 2000 khususnya Pasal 4 yang menyebutkan, fungsi serikat pekerja salah satunya adalah merencanakan dan melaksanakan pemogokan.

“Selain itu, dasar hukum mogok nasional yang akan kami lakukan adalah UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No 12 tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik,” ujar Said.

(fbn)

link

“Tidak adil, jika sektor otomotif seperti Toyota, Astra, dan lain-lain atau sektor pertambangan seperti Freeport, Nikel di Morowali dan lain-lain, nilai UMK-nya sama dengan perusahan baju atau perusahaan kerupuk. Karena itulah di seluruh dunia ada Upah Minimum Sektoral yang berlaku sesuai kontribusi nilai tambah tiap-tiap industri terhadap PDB negara,” kata Said dalam keterangan tertulis, Senin (5/10/2020).


“Jadi tidak harus sama rata sama rasa, karena faktanya setiap industri berbeda kemampuannya. Karena itu masih dibutuhkan UMSK,” katanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh perojolan13
Gimana nanti jika perusahaan macam Toyota atau Huawei cuma punya 1 teknisi karyawan tetap, sementara lu indon semua outsource semua?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kayakayak
Memuat data ...
profile picture
SHlNlGAMI
kaskus addict
Buzzer dongo asal bunyi aja
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
@hooligancrewlag

Itu d tunggu tuhhh...

Byk yg kecewa nanti kalo agan ga lanjut diskusinya???

emoticon-Selamat
profile picture
jokowi9periode
aktivis kaskus
@Chokemedaddy sekarang faktanya aja
Tanpa RUU itupun temen2 ane banyak yg cuma karena faktor dislike diberhentiin dari kerjaan outsource nya
Karena project di user diambil alih outsource laen, dia diberhetiin....
Kek klean2 pernah kerja di outsource aja...
profile picture
Mbegoos
kaskuser
@titoa.ja @hooligancrewlag @tokoalshop iye gan ane juga pengen baca pasal yg bilangnya menghapus pesangon
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
@titoa.ja @hooligancrewlag @tokoalshop @Mbegoos

Mungkin yang d baca agan holiigan sumbernya beda sama yang resmi...

emoticon-Leh Uga

profile picture
Hmmm Indonesia darurat literasi
profile picture
Mbegoos
kaskuser
@titoa.ja @hooligancrewlag @tokoalshop [mention]sir_bayou[/mention] sumber forward dr wa y gan.. soalnya bnyk bhget berseliweran di group wa...ane jg buruh sih sebetulnya,,cuma ane mau baca dulu point² nya di uu finalnya biar gk salah penafsiran & termakan isu² hoak,,ya paling tidak buat perbandingan plus minusnya,,ane berusaha untuk obyektif dlu melihat sesuatu dr berbagai perspektif
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
@Chokemedaddy @jokowi9periode

Gw pernah lohh kerja d outsource...

Karena d anggap bagus gw sampe d angkat jadi karyawan tetap...

Dan gw ga sendiri saat itu...

Sumpah dehhh, takutny ente ga percaya..

Jadi kadang jangan gampang nyalahin pihak lain dulu, coba ngaca udah bagus belum kinerjanya...

Terus balik lagi ke pasal 1 Rejeki itu datengny dari Allah, kita cuma d minta berusaha, kalo ga pas kerja d situ pasti ada hikmah d baliknya... emoticon-shakehand
profile picture
juraganind0
kaskus addict
@kudaliarmakanbe @Chokemedaddy @jokowi9periode makanya jangan mau selamanya jadi outsourcing.ubah mindset jadi pengusaha, saya dulu juga kontrak terus. setelahnya saya keluar, karena kesempatan permanennya kecil, posisi di atas dikuasai sama orang dalem.

daripada kalian menyalahkan pemerintah terus, lebih baik kalau ga suka ya keluar aja. bikin usaha sendiri. biar tau gimana ribet dan berisikonya jadi pengusaha. gimana ribetnya punya buruh.

sekarang udah ada ruu cipta kerja. kesempatan kalian jadi pengusaha gede loh, kan kata kalian ruu ini pro terhadap pengusaha. ya sudah jadi pengusaha saja.

ribet amat drun.
profile picture
buzzer itu buruh tetap kontrak bray?
profile picture
juraganind0
kaskus addict
@Chokemedaddy lu posting foto terus dari twitter tapi ga nyambung.
profile picture
Waktu pertengahan tahun kemarin beberapa tetangga yang outsource diputus kerja. Raya rata yang diputus kerja yang berumur. Dan gak dapat pesangon sama sekali. Uwdh putus gitu aja. Padahal masa kerja rata rata 15tahun keatas.
profile picture
wahyubarker
kaskus holic
@tokoalshop @titoa.ja @hooligancrewlag remnya blong kali nyemplung jurang
profile picture
pongko
kaskus addict
@tokoalshop baru buru-buru download dia .. maaf lemot krn pake kuota gratisan
profile picture
Chokemedaddy
kaskus holic

Nyari gambar ini susah banget
profile picture
ajarahmat158
kaskus addict
Sebenarnya

Udah jalan semua sesuai ruu cipta kerja atau malah lebih parah

Gara2 penegakan nya gak dijalankan kita semua kaget sewaktu jadi uu. Apalagi yg lama ini jadi ruang kong kali kong oknum pengusaha dan oknum kemenaker. Simbiosis mutualisme nya terbentuk alami
profile picture
sir_bayou
kaskus maniac
@supershoot

Terus agan bilang apa ke tetangga agan itu???

emoticon-Turut Berduka

Memuat data ...
Menampilkan 21 - 40 dari 89 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di