CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Semarang /
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f751457349d0f43bc5cf268/cocreg-semarang-roti-unik-dari-semarang-ya-roti-ganjel-rel

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!



Berbicara mengenai kota Semarang, emang nggak ada habisnya, mulai dari tempat wisata dan juga kuliner yang begitu banyak jumlahnya. Ada Bandeng Presto, lunpia, wingko babat, tahu gimbal pokoknya banyak deh dan tidak lupa roti legendaris yaitu

Roti Ganjel Rel


Kali ini Ane ingin ngebahas Roti Ganjel Rel aja Gan Sis, mungkin juga ada yang baru denger roti jenis ini.
Wah unik banget ya namanya, kue khas dari Semarang ini. Ganjel Rel, kebayang nggak, seperti apa bentuknya.
Apakah Agan Sista pernah mendengar roti ganjel rel? Atau mungkin pernah menikmati roti Ganjel rel, apa yang ada di benak Gan Sis semuanya? Seperti apa sih ciri-cirinya, apakah bener seperti Ganjel Rel? Nggak usah bingung, apalagi ngebayangin rel kereta api, apalagi ngebayangin kerasnya roti ini, bukankah ganjel rel kereta api itu keras? Penasaran-penasaran, model apa sih rotinya?



Okey deh langsung aja cap cus kalau penasaran dengan oleh-oleh dari Semarang ini. Bagi warga Semarang, Roti Ganjel Rel atau lebih populer sebagai Roti Gambang mungkin tidak asing lagi. Tapi bagi warga pendatang atau para turis itu pastilah bertanya-tanya. Ganjel Rel, asing banget di telinga.



Mengapa disebut Ganjel Rel? Ya itu tadi Gan Sis, karena warnanya yang kecokelatan dengan taburan wijen diatasnya memang membuat tampilan roti ini mirip seperti balok pengganjel rel kereta api. Makanya roti ini di sebut Roti Ganjel Rel. Nah pada tahu sekarang kenapa roti ini disebut Ganjel rel. Dari bentulnya udah mirip ganjel rel kereta api Gan Sis, ada yang penasaran nggak nih pingin ngerasain gimana rasanya?

Ya...jalan-jalan aja ke Semarang, pergi ke Pasar Johar, ubek-ubek deh di situ sekalian shopping-shopping, jangan hanya ke Mall aja shopping nya. Karena cukup susah juga sih untuk mendapatkan roti Ganjel Rel, tapi di pasar Johar masih ada kok yang jual Roti Ganjel Rel ini.
Di pusat oleh-oleh biasanya juga masih ada, dengan inovasi yang baru lagi tentunya.



Roti Ganjel Rel emang berwarna coklat, akan tetapi roti ini tidak terbuat dari bahan dasar cokelat yang dominan Gan Sis, tapi karena mengandung unsur gula merah dan kayu manis yang merupakan bahan pembuatnya. Bagaimana membayangkan aroma gula merah dicampur kayu manis, hmmm kalau baru mateng tentu mengobrak-abrik indera penciuman juga dong. Memang roti Ganjel Rel ini tidak seperti roti jenis lainnya yang bertekstur lembut dan halus, kalau roti Ganjel Rel ini cenderung bertekstur kasar dan bikin seret saat dimakan. Tapi anehnya Ane justru suka banget dengan roti ini, apalagi kalau pas lagi lapar, mungkin namanya jadi ganti, bukan roti Ganjel Rel, tapi roti Ganjel perut hehehehe, karena perutnya kenyang dengan roti ini.
Lumayan misalnya dalam perjalanan pulang dari Semarang lagi laper nggak sempat mampir di warung makan, atau pas lagi males turun dari mobil, atau pas keburu, kalau udah beli roti ini, beneran lumayan bisa ganjel perut, sediain juga air mineral kenyang dah, hehehehe.



Jangan lupa untuk nyediain kopi atau teh hangat, ketika makan roti ini pokoknya ketika kumpul-kumpul bareng keluarga, menikmati Roti Ganjel Rel ini cocok banget deh. Harga dari roti ini juga nggak mahal kok standar saja menurut Ane ada yang 7k, 10k tergantung ukurannya sih.



Quote:




Gimana Gan Sis udah nggak penasaran lagi 'kan dengan roti Ganjel Rel? Kalau penasaran datang aja ke Semarang untuk beli roti ini, apalagi pas lapar belum ketemu nasi, bisa jadi Roti Ganjel Perut deh, lumayan buat ngatasi kelaparan, hehehe.

Okey deh Gan Sis, itulah salah satu kue tradisional dari Semarang. Roti Ganjel Rel. Sekali makan Roti ini akan terkenang sepanjang masa, cie ...


Quote:


Quote:




Opini pribadi
Sumber gambar, referensi
ini
ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kohol dan 56 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Di Jakarta roti gambang buatan perusahaan roti "Lauw" dan perusahaan roti "Tan Ek Tjoan" enak tuh...roti dari zaman sebelum ane lahir sudah ada kata orang tua ane...Gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 17 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@mira12

Wah sptnya maknyus...
Lucunya kl di sby, bnyk pdagang mie ayam..ksh label jualannya "mie ayam jakarta" pdhal dijkt ga ada πŸ˜…
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@mira12
Iya bgg..tp gpp maaf maafan itu bagus πŸ˜ƒπŸ™
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
Ga ada ganjel rel , pie susu lmynlah πŸ˜…

profile picture
Rainbow555
Made In Kaskus
@angelo.ogbonna aku suka pai susu. emoticon-Jempol
profile picture
deeazz
kaskus geek
@angelo.ogbonna @mira12 ada yang lebih lucu lagi dimana-mana RM.Masakan Padang padahal di padang juga gak ada tuh RM.Masakan Padang 🀭
profile picture
deeazz
kaskus geek
@angelo.ogbonna @mira12 Sate Padang juga gak ada nama Sate Padang di Kota Padang 😁
profile picture
mira12
kaskus maniac
@angelo.ogbonna suka banget ma pie susu 🀀
profile picture
mira12
kaskus maniac
@deeazz @angelo.ogbonna sate padang aku jg suka. Apalagi nasi padang 🀭🀣
profile picture
Ini terbukti ribuan balasan post kedalam nest comment

Kok balasannya banyak banget gan emoticon-Ngakak (S)
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@Rainbow555

Wah sini main ke sby sis..kadang istri suka bikin 1 loyang gede, rasanya ga kalah sm di foto yg oleh2 bali 😊
profile picture
Rainbow555
Made In Kaskus
@BlueGuy.BuleGay jadi tempat ngobrol jd banyak . wkwkwk
profile picture
Rainbow555
Made In Kaskus
@angelo.ogbonna duuuh senengnya istri pinter bikin kue. Enak bgt tuh pai susu. emoticon-Jempol
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@deeazz @mira12

nah ini jg yg epic..btul itu..sama dgn warung tegal (warteg) ditegal ga ada jg πŸ˜…
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@mira12

Sini ke sby sis ntar dibikinin 1 loyang guede πŸ˜…
profile picture
Rainbow555
Made In Kaskus
@angelo.ogbonna @deeazz @mira12 jadi di tegal namanya warung apa
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@BlueGuy.BuleGay

Haha iya gan, gara2 ganjel rel πŸ˜„
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@Rainbow555

Iya lmyn bisa blm pinter sis hehe
Ini td pagi lg mau bikin cookies coklat model2 cookiesnya starbuck, dah bbrp kli bikin lmyn enak 😊
profile picture
mira12
kaskus maniac
Mungkin krna nasi dan sate padang lokasinya udah di padang makanya "padang" nya ga dibawa 🀭. Begitupun warteg, dll
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@Rainbow555 @deeazz @mira12

Macem2 kaya warung sederhana etc, bkn warteg stau ane yg cm lewat aja ditegal πŸ˜…
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@mira12

Iya itu btul..tp yg mnggelitik ane ya "mie ayam jakarta" di sby, mn yg jual bkn org jkt haha
Memuat data ...
Menampilkan 4121 - 4140 dari 9894 balasan
GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di