CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Bukan Samsung, Inilah Ponsel Android Pertama yang Diluncurkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7336b697751355c57ba5e4/bukan-samsung-inilah-ponsel-android-pertama-yang-diluncurkan

Bukan Samsung, Inilah Ponsel Android Pertama yang Diluncurkan


Jika ngomongin smartphone Android, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah smartphone dari Samsung, Vivo, Oppo, dan Xiaomi. Keempat pabrikan tersebut emang yang paling sering menelurkan ponsel android belakangan ini. Tapi dari keempat merek tersebut, tidak ada satu pun yang menjadi pabrikan pertama yang mengeluarkan ponsel Android. Terus apa ponsel Android pertama?

Ponsel Android pertama diluncurkan pada September 2008 atau tepat 12 tahun yang lalu. Ponsel tersebut adalah HTC Dream atau G1. G1 diperkenalkan pada 23 September 2008, dan pertama kali dipasarkan oleh operator T mobile di Amerika Serikat pada bulan Oktober. Setelah Amerika, G1 kemudian dipasarkan di Eropa.

Ponsel ini memiliki ketebalan 17 mm, layar yang digunakan beresolusi (320 x 480 pixel) resolusi sangat rendah jika dibandingkan dengan ponsel zaman sekarang. Ponsel ini berdesain sliding, jadi keyboardnya masih berbentuk fisik. Untuk mengetik, pengguna harus sliding terlebih dahulu. Jenis keyboard yang digunakan udah QWERTY.

Untuk urusan dapur pacu, G1 dibekali dengan prosesor 528 MHz Qualcomm MSM7201AARM11. Mempunyai RAM 192 MB dan memori internal 256 MB. Terdapat pula kamera dengan resolusi 3,15 MP.

Jika dibandingkan dengan spesifikasi smartphone zaman sekarang, ponsel ini emang ketinggalan banget, tapi pada zaman itu spesifikasi seperti ini udah terbilang hebat. Ini terbukti dari angka penjualannya yang tinggi. Dalam waktu 6 bulan pemasaran, pabrikan sukses menjual sebanyak sejuta unit. Selang setahun sejak kemunculan G1, smartphone Android lain mulai banyak bermunculan.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 6 lainnya memberi reputasi
baru 12 tahun tp perkembangan android udah cepet banget yaa.. android keluaran pertama ama sekarang bagaikan bumi langit perbandingannya hehe
profile-picture
andrabedy memberi reputasi
profile picture
aquarian95
kaskus maniac
Betuull banget gan, emang perkembangan teknologi tahun ke tahun makin kerasa gan
profile picture
andrabedy
kaskus maniac
Iyaa haha secepat kilat ya andorid wkwkw mantap jiwaa banget!perdana beli 2010 sih samaung galaxy young
profile picture
aquarian95
kaskus maniac
@andrabedy wkwk sama gan, kangen juga sama hp itu gan haha
profile picture
japarina
kaskus maniac
dalam setaun aja sekarang perkembangannya udah mayan jauh, cepet banget jadi susah ngikutinnya
profile picture
aquarian95
kaskus maniac
@japarina betul banget gan, 1 brand dalam setahun bisa ngeluarin 5 prodak baru haha
profile picture
yuhu2000
kaskus maniac


Iua bener banget, perkembangan teknologi memang luar biasa cepet, bahkan sekarang stiap merk android mampu mengeluarkan tipe baru dengan jangka waktu pendek
profile picture
aquarian95
kaskus maniac
@yuhu2000 naahh kan bener gan, masa pandemi aja gak bikin turun malah bikin prodak baru lagi gan wkwk
profile picture
albafica02
kaskus addict
Iya gan, ternyata udah cepet banget di tahun ke 12 android ada
profile picture
minhakim20
kaskus addict
@andrabedy sama gan.. android pertama ane jg galaxy young wkwk itu pun dulu udah berasa keren banget hehe
profile picture
japarina
kaskus maniac
@aquarian95 sampe ane gak bisa inget ini seri yang ini keluarnya kapan, bedanya apa ama yang sebelumnya lol
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 10 dari 10 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di