CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Kapasitas Penyimpanan IMEI Kemenperin penuh, siapa yang dikorbankan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f732f73c342bb51df602263/kapasitas-penyimpanan-imei-kemenperin-penuh-siapa-yang-dikorbankan

Kapasitas Penyimpanan IMEI Kemenperin penuh, siapa yang dikorbankan?


Dewasa ini, kita penuh diskusi dengan beberapa teman perihal CEIR. Apa itu CEIR? Dikutip dari Wikipedia CEIR tersebut adalah Central Equipment Identity Register adalah basis data jumlah IMEI handset yang masuk daftar hitam / Blacklist.
Dari sumber yang kami baca dari Techbiz.id, berikut sumbernya
Kapasitas CEIR Penuh, Kemenperin Tidak Bisa Input IMEI

Kementerian Perindustrian sudah tidak bisa mengupload data IMEI pada mesin CEIR tersebut karena kapasitas sudah penuh dan tidak lagi memadai untuk dilakukan penambahan database.
Berdasar informasi yang didapat oleh Techbiz.id tersebut, mereka menyimpulkan bahwa kapasitas terpakai mesin CEIR tersebut sudah memasuki batas 95%.
Di lain pihak, Sekjen ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) yang bernama Marwan O Baasir menyatakan bahwa ATSI sudah menyelesaikan semua tahapan Project Timeline dalam pengaturan pengendalian IMEI. Dalam empat minggu ke depan, Mesin CEIR tersebut akan diserahkan ke Kominfoi dan Menperin.
Namun, hingga beritanya diturunkan, Kominfo dan Menperin sendiri belum memberikan tanggapan atas tulisan tersebut.
Bagaimana dengan situasi di lapangan? Kami rasa banyak terdampak oleh masyarakat. Apalagi sejak Pemerintah sendiri memutuskan bahwa Dunia Pendidikan, baik Sekolah maupun Universitas perlu diliburkan untuk menghindari kerumunan. Untuk itu Pemerintah memutuskan untuk mengadakan kelas secara Daring. Bagaimana dengan rakyat dengan ekonomi menengah kebawah yang bahkan untuk membeli smartphone saja kesusahan? Salah satu opsinya adalah membeli ponsel yang lebih murah.
Biasanya, mereka membeli ponsel jenis apapun selama itu bisa mendukung kelas daring untuk putra-putri mereka. Bagaimana apabila ponsel tersebut diblokir? Sementara di lain pihak, seperti telah dijabarkan Menkeu Sri Mulyani bahwa Resesi Melanda Republik Indonesia tercinta ini? Kalian bisa baca berita dibawah ini
Sri Mulyani Pastikan Resesi Melanda RI


Seperti yang kita semua ketahui, sejak 15 September perangkat HKT yang nomor IMEI nya tidak terdaftar banyak mengalami problem tidak adanya signal pada perangkat. Di sisi lain, perangkat CEIR sendiri sudah penuh dan tidak bisa lagi dipakai untuk mengupload database?
DI sisi ekonomi, kami melihat banyak yang cukup bergantung dari usaha ponsel tersebut, kita bisa tengok ke pusat-pusat perbelanjaan bahwa menurunnya pembelian. Bahkan diawal saja, hasil obrolan kami dengan teman yang bekerja di Bidang tersebut mengakui bahwa 40% sudah mulai terasa. Bagaimana dengan lapangan pekerjaan? Kami rasa akan mulai terdampak di awal bulan Oktober ini.
Apakah Pemerintah sendiri sudah menyiapkan alternatif tersebut ditengah Pandemi COVID-19 yang cukup membuat orang banyak kehilangan mata pencaharian tersebut? Kita tunggu saja.
Source: https://techbiz.id/2020/09/kapasitas...sa-input-imei/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rifkonhakiki
Why why why
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di