CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wow! Bank BCA Hapus Posisi Back Office hingga Akuntan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f73ff665cf6c435a360905b/wow-bank-bca-hapus-posisi-back-office-hingga-akuntan

Wow! Bank BCA Hapus Posisi Back Office hingga Akuntan




Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan meskipun posisi back office hingga akuntan di setiap kantor cabang telah dihapus digantikan dengan teknologi digital. Adapun peran masing-masing pekerja tersebut dikembalikan untuk membantu tugas lain di kantor cabang.

"Kemarin timbul isu kita akan PHK tapi nggak, kita tidak melakukan PHK. Kita coba mentransformasi tetapi pekerjaannya itu hilang. Pekerjaan back office di setiap cabang itu hilang," ujar dia dalam diskusi virtual, Selasa (29/9/2020).

Tidak hanya back office, Jahja menambahkan, peran akuntan di hampir seluruh kantor cabang BCA juga kini sudah diautomatisasi dengan teknologi digital. "Ini saya kira setiap bank wajib efisiensi ini bisa membuat suatu culture mulai sadar akan digital dan teknologi. Saya yakin sudah banyak yang melakukan itu tetapi yang belum tetap konsentrasi untuk hal itu," kata dia.

Menurut dia industri perbankan di Tanah Air tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi digital yang semakin menjamur. Oleh sebab itu, seluruh bank di Indonesia harus bertransformasi ke digital khususnya secara internal. "Saya pikir, mungkin dari 100 bank lebih di Indonesia ini tidak semuanya sanggup atau berat secara advance masuk di digital payment. Tetapi yang it's a must adalah digitalisasi internal karena kita mengalami sekali," ujar dia.




Sumber



Semua akan digantikan oleh artificial intelligence pada waktunya 

emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sakaaa9393 dan 27 lainnya memberi reputasi
Ramalan suramnya YN Harari mulai berlaku.

Akankah sebagian besar manusia jadi tidak diperlukan lagi untuk bekerja?

Tapi David Graeber (alm.) juga sudah menyatakan bahwa sebagian besar pekerjaan itu sebenarnya "bullshit jobs", ada juga tak berguna, tidak ada tidak apa-apa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indotiger168 dan 21 lainnya memberi reputasi
profile picture
yazid69
kaskus maniac
Iya, mulai berjalan, pelan tapi pasti.

Dimasa depan, kerjaan manusia sebagian besar sudah digantiin oleh robot. Termasuk kesenian sekalipun.
profile picture
kaiserwalzer
kaskus maniac
Universal Basic Income berarti semakin diperlukan ya? Karena yg kerja kan ntar bakal sedikit.
profile picture
winterofsahara
kaskus addict
"Kerja.. Kerja.. Kerja.."
profile picture
stunz
kaskus addict
di kasih kerjaan malah pada demo... ya udah ganti ama mesin yang ngak bisa demo
profile picture
drembol
kaskuser
@stunz nah itu dia, di cina sana masih pake manusia karena murah, disini demo mulu ya bukannya ngejelekin buruh tp gaji seberapa ya tolong kehidupan juga ngikutin gaji lah biar ndk bentar" minta naik gaji gara" ndk isa ngikutin gaya hidup emoticon-Ngakak
profile picture
adfaisal
kaskus addict
@yazid69 seni kayanya paling gak mungkin di tiru sama AI apapun gan.. seni pure dari imajinasi dan anugrah dari tuhan.

seni tidak ada rumusan matematis...
profile picture
anda bisa komen dengan ringan seperti ini karena mungkin anda adalah seorang sultan yang tidak bergantung pada gaji untuk menafkahi keluarga. sebelum menjadi cendikiawan research online dadakan, boleh diperhatikan dulu perasaan bangsawan (bangsa karyawan).
profile picture
FinPay
kaskuser
lama2 yg komen di kaskus juga bukan org tapi bot semua .....emoticon-Ngakak
profile picture
F_U
kaskus maniac
@stunz

Loh mesin juga demo tong, tuh kan, ada versi demo dan full version.
profile picture
F_U
kaskus maniac
@yazid69

Kesenian susah, krn sistem tenaga manusia memiliki sisi artistik yg gk bs diganti mesin(setdknya utk dlm bbrp thn ke depan), cthnya profesi tukang gambar hitam putih, teknik yg menjual skrng ialah gambar hyper realism(yg mendekati 100%dgn foto asli), msh lumayan peminatnya.
profile picture
CoZiA
kaskus addict
@stunz
Yap, udah paling mantap ini, pengeluaran harus mengikuti gaji. emoticon-thumbsup
profile picture
elefana
kaskus geek
No no no...manusia itu dinamis inget revolusi industri pada awalnya chaos krn banyak yg nganggur?...seiring waktu lama2 teebentuk pekerjaan2 baru, masyarakat baru...sepandai2nya robot mrk itu masih buatan manusia
Yg jd masalah bukan ketersediaan pekerjaan tp melonjaknya jumlah penduduk
profile picture
yazid69
kaskus maniac
@adfaisal

Sayangnya hal ini dibuktikan salah dalam buku Homo Deus karya Yuval Noah Harari. Artificial Intelligence udah bisa bikin karya seni sendiri dan nggak bisa dibedakan dengan buatan manusia.
profile picture
yazid69
kaskus maniac
[mention]F_U[/mention]

Nggak juga, lama kelamaan semua hal didunia ini yang tadinya dikerjakan oleh manusia bisa dikerjakan oleh Artificial Intelligence. Kalau pernah baca buku Homo Deus karangan Yuval Noah Harari, pasti ngerti hal ini.

Jadi, masa depan dimana Artificial Intelligence menguasai manusia itu bukan hal yang mustahil. Kecuali mau memperlambat laju teknologi.
profile picture
yazid69
kaskus maniac
@elefana

Bener ada masalah dalam hal pertambahan jumlah penduduk yang makin meningkat dari tahun ke tahun secara global.

Masalahnya, kecepatan berpikir Artificial Intelligence itu makin lama makin cepat. Contohnya : Dulu, nggak ada yang berpikir kalau Artificial Intelligence bisa ngalahin manusia dalam permainan catur, sekarang nggak ada satupun manusia yang bisa menang lawan Artificial Intelligence dalam permainan catur.

Otomatisasi dalam hal pekerjaan itu bukan hal yang mustahil, tapi niscaya terjadi seiring berkembangnya teknologi. Jadi, dimasa depan akan ada banyak orang2 yang nggak kepake dalam pekerjaan, karena semua pekerjaan akan digantikan oleh Artificial Intelligence. Jadi, fungsi manusia dalam hidup apa dong kalau bukan bekerja?
Tergantung dari pandangan masing2 individu.
Pihak yang positif akan mengisinya dengan berbagai hiburan, menikmati hari demi hari tanpa perlu capek2 mengerjakan sesuatu yang tidak disukainya, seandainya masih bekerja maka orang tersebut akan memilih pekerjaan yang disukainya (jadi aktor sandiwara, mungkin) walau gajinya kecil karena nggak ada tanggungan lagi.
Pihak yang negatif akan mengisinya dengan membuat keturunan sebanyak-banyaknya, dengan berpikir kalau Artificial Intelligence nggak bakalan bisa meniru umat manusia dalam hal reproduksi alami.
profile picture
adfaisal
kaskus addict
@yazid69 ya AI cuma bisa mencontoh. tricknya ? copy paste.. tapi AI tidak bisa membuat karya seni original.

udah banyak AI yang coba dari dulu buat Art, tapi itu semua dimasukan coding karya yang sudah pernah dibuat .. istilah kata cuma copy paste, bukan pembuat art murni seperti manusia.
profile picture
CoZiA
kaskus addict
@adfaisal
Suatu saat akan ada AI yang bisa belajar sendiri lebih baik dari manusia dan menciptakan seni original, kemudian AI tersebut menciptakan AI lainnya.
Kemarin2 ada berita 2 AI yang dimatikan karena mereka berbicara dalam bahasa baru dan bahasa itu gak dimengerti manusia.
profile picture
@yazid69 Saya jadi ingat waktu Budiman Sudjatmiko ditanya bagaimana pendapatnya kalau manusia digantikan mesin sebagai pekerja. Dia bilang "bagus kan, kita bisa nyantai, tidak lagi jadi hamba pekerjaan."
profile picture
dnaltalf
kaskus maniac
@adfaisal @CoZiA yup itu ngeri bner gan
profile picture
fat279
aktivis kaskus
Manusia itu terlahir sebagai explorer, migrasi dari satu tempat ke tempat lain. Di kota2 dengan infrastruktur digital yg bagus, hampir semua pekerjaan akan digantikan oleh teknologi. Tetapi banyak daerah2 yg masih belum terjamah infrastruktur, dan tugas manusia adalah membangun daerah2 itu. Salah satu contoh extreme dilakukan dengan pwnghijauan gurun gobi, semenanjung arab, dan sahara. Jadi persiapkan diri dan keturunan untuk melakukan migrasi/pemekaran ke daerah yg masih belum terjamah teknologi. Buat proyek2 berkesinambungan sampai daerah baru itu bisa dihidupi oleh teknologi.

Tugas manusia itu hanya sebatas pemantik korek api, sedangkan sisanya akan diteruskan oleh teknologi. Karena itu manusia2 modern berlomba menuju ke planet lain, karena mereka sadar betul tugas dan fungsinya sebagai manusia di alam semesta ini. Yaitu sebagai seorang explorer
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 35 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di