CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Cara Mudah Merawat Daun Mint Dan Ocra/Okra Sebagai Apotik Hidup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6b7e5d8d9b1727113f52f4/cara-mudah-merawat-daun-mint-dan-ocra-okra-sebagai-apotik-hidup

Cara Mudah Merawat Daun Mint Dan Ocra/Okra Sebagai Apotik Hidup

Apotik hidup


Disaat pandemic seperti ini, tentu saja banyak diantara kita-kita yang bekerja dari rumah. Tak terkecuali dengan saia. Yang kadang harus WFH. Mau gimana, harus ikuti protocol yang ada demi kebaikan bersama bukan? Jenuh? Sudah pasti rasa itu ada mampir, ngaku gak? Gak ngaku juga gapipi Gaes.

Untuk menjalani kehidupan yang sedikit berubah, tidak seperti dulu itu memang gampang-gampang susah. Ada kalanya rasa bosan menyelimuti. Mau jalan-jalan tidak semudah dulu.

Nah, untuk mengisi waktu luang kadang saia mah ngebantu emak didapur. Kadang juga berkebun, mencoba menanam tanaman yang mudah berkembang biak dan tentu saja mempunyai banyak manfaat. Kalau Agans Gaes ngapain? Boleh di jawab, boleh juga tidak, terserah.

Dari sekian tanaman yang saia coba tanam, ada dua tanaman yang menjadi favorite. Ngerawatnya mudah gak ribet. Mau ikutan menanam juga?

Ocra/okra


Ini dia tanaman favorite saia, ada ocra/okra dan daun mint serta jambu biji merah. Project tanam menanam ala-ala ini baru saja saia tekunin Gans Gaes. Sekitaran sebulan yang lalu. Awalnya emang iseng-iseng saat jenuh, bosen melanda. Semoga nantinya membawa manfaat yang penuh berkah.

Daun mint


Dengan membeli satu polibag tanaman mint dengan harga 5rb waktu itu, kini sudah saia pisah dan pindahin menjadi 11 polibags, tapi tinggal 10 saja karena yang satu bag di adopsi sama teman yang saat itu main kerumah. Meskipun masih kecil-kecil.

Perawatan tanaman mint ini sangat mudah. Media tanah haruslah yang baik, tidak penuh dengan akarnya, jadi harus di ganti metannya secara berkala agar tumbuh subur. Tanaman ini sangat butuh air yang banyak juga, untuk lokasi mending di letakkan di tempat bebas. Jangan terlalu teduh dan juga panas. Disamping atau depan rumah cocok deh, begitu juga dengan ocra/okra yg sangat mudah tumbuh dan merawatnya.

Air Cucian Beras


Untuk pupuk buat tanaman-tanaman tersebut juga tidak terlalu ribet, cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada saja, antara lain ACB atau air cucian beras tiap saat ada. Artinya, bila sedang nyuci beras itu airnya di sisihkan untuk disiram ke tanaman-tanaman itu.

Kita juga bisa memanfaatkan bekas air cucian ikan.

Air cucian Ikan


Pupuk alami tersebut bisa dipakai untuk tanaman ocra/okra ataupun yang lainnya. Bukan hanya bekas air cucian tersebut diatas kita juga bisa menggunakan cangkang telor. Jadi jangan di buang ya Gans, cangkang telor bisa di remas lalu tabur diatas media. Bisa juga di cuci, di keringkan lalu di haluskan dengan blender. Kenapa ? Karena kulit atau telor mengandung kalsium.

Cangkang telor


Kalau sudah di blender penampakannya seperti ini, banyak manfaat yang bisa di dapat dari pupuk-pupuk alami yang saia sebutkan diatas.

Quote:


Sebetulnya saiya menanam tanaman tersebut selain untuk memanfaatkan waktu luang juga karena tananan tersebut di atas saat bermanfaat bagi tubuh atau kesehatan. Jadi seperti apotik hidup. Dan juga di daerah saiya, tanaman ini cukup langka.

Sudahkah Gans Gaes mengetahui manfaat dari ocra/okra, daun mint untuk kesehatan?

Ini dia beberapa manfaatnya, saia sertakan SS dari si Mbah

Spoiler for Manfaat:


Sungguh sangat banyak manfaat bukan? Seperti mempunyai apotik hidup. Mengonsumsinya juga sangat mudah, untuk daun mint bisa si tambahkan saat minum teh, masakan, salad dll.

Untuk menikmati okra juga sangat mudah mengolahnya. Ada beberapa cara memasaknya, bisa di rebus lalu di sambelin pecel. Bisa juga di siram sedikit kecap asin. Dijadikan appetiser juga bisa. Rasanya unik meskipun berlendir. Sebetulnya ingin segera memasak hasil nanam sendiri, tapi apa daya okra nya baru berbuah kecil-kecil. Bila nanti sudah cukup besar, akan saiya masak & update disini ya emoticon-Genit

Spoiler for ehem:


Semoga uraian diatas bisa bermanfaat untuk para Agans Gaes yang membacanya. Sampai jumpa next trit..

Sumber opini dan pengalaman pribadi
Gambar dok.pri dan google


Ditulis oleh @roybgr
Banten, 23 September 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


mungkin kalo makan mintnya sama nasi bisa jadi kenyang? ya kann gannn hahahaha
profile picture
lubangkaca
kaskus maniac
Ya juga sih, cuma ngaco juga gan makan daun mint pake nasi. Lalapan dong jadinya wkwk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di