CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mari Mengenal Pembagian Generasi, Remaja Zaman Sekarang Bukan Milenial
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6df039a2d19538431f3bf3/mari-mengenal-pembagian-generasi-remaja-zaman-sekarang-bukan-milenial

Mari Mengenal Pembagian Generasi, Remaja Zaman Sekarang Bukan Milenial

Di setiap zaman atau era, terdapat perbedaan yang signifikan dalam kehidupan yang dijalani oleh masyarakat. Ambil contoh era kehidupan Indonesia era 1950an dengan era sekarang tentu sangat berbeda bukan? Itulah salah satu yang membedakan prilaku dan karakteristik manusia berdasarkan generasi kelahirannya. Di era saat ini contohnya identik dengan sebutan milenial karena memang para generasi millenial yang sekarang mulai mendominasi usia produktif bersama dengan generasi Z yang menggeser generasi Baby Boomers.

Mungkin sudah banyak orang yang tahu termasuk para kaskuser di sini tentang pembagian generasi manusia berdasarkan angkatan tahun kelahiran. Namun ada juga yang masih belum tahu dan ane membuat thread tentang pembagian generasi tersebut. Terutama untuk meluruskan kesalahpahaman tentang istilah "milenial". Karena di sekarang ini orang-orang di Indonesia mengidentikan istilah milenial ke semua anak-anak muda dan remaja padahal tidak demikian. Nah, langsung saja gan berikut ini adalah pembagian generasi manusia.

1. Silent Generation

Silent Generation adalah mereka yang lahir dari 1928 sampai 1945 atau sebelum dan selama Perang Dunia kedua berlangsung. Praktis generasi termuda dalam Silent Generation saat ini adalah berusia 75 tahun. Mereka bisa dibilang adalah generasi yang mengalami Perang Dunia 2 ketika masih belia. Di Indonesia sendiri Silent Generation tentunya terlahir dan tumbuh besar saat Indonesia masih di bawah kolonialisme yang lalu menjadi saksi sejarah kedatangan Jepang dan proklamasi kemerdekaan. Mereka juga tumbuh melewati masa transisi kemerdekaan dan hidup saat masa pemerintahan Presiden Soekarno

2. Baby Boomers

Istilah "Boomers" beberapa waktu belakangan ini dikenal sebagai kata untuk mengejek generasi tua yang dinilai bebal dan kolot terkait versi. Baby Boomers adalah generasi yang lahir dari 1946 sampai 1965 alias tepat setelah Perang Dunia II. Disebut "Baby Boomers" karena setelah Perang Dunia II angka kelahiran meningkat pesat. Begitu juga di Indonesia, generasi ini adalah mereka yang lahir tepat setelah negara merdeka. Mereka terlahir tanpa merasakan bagaimana rasanya masa penjajahan. Baby Boomers di Indonesia tumbuh melewati masa peralihan Orde Lama ke Orde Baru. Pada saat peristiwa G30S mereka juga masih muda. Menariknya, ada beberapa pihak yang menyebut jika Baby Boomers di Indonesia bertanggung jawab atas meledaknya populasi dikarenakan dulu kebanyakan Baby Boomers di Indonesia beranggapan kalau banyak anak banyak rejeki dan punya kebiasaan untuk menikah muda.

3. Generasi X

Generasi X atau disingkat Gen X adalah mereka yang lahir dari 1966 hingga 1980. Mereka pada umumnya adalah anak-anak dari Silent Generation sehingga biasanya dididik dengan cara-cara konvensional, maka tak heran jika banyak orang dari Gen X sering berkata kalau masa kecil mereka dididik dengan keras baik itu oleh orang tua ataupun di sekolah. Generasi termuda dari Gen X adalah berusia 40 tahun yang artinya sudah punya anak yang berusia remaja hingga dewasa muda. Gen X di Indonesia tumbuh saat era Order Baru dan ketika peralihan ke Reformasi mereka berada dalam usia produktif dan banyak yang saat itu masih menjadi mahasiswa. Gen X juga lebih melek teknologi jika dibandingkan dengan Baby Boomers.

5. Generasi Y (Millenial)

Inilah generasi yang selalu disorot di dunia saat ini. Gen Y atau lebih sering disebut Millenial adalah mereka yang lahir dari 1981 hingga 1995. Disebut Millenial karena merupakan generasi yang melewati milenium baru atau milenium ketiga. Millenial juga merupakan generasi yang merasakan masa transisi dari yang serba analog ke digital. Itulah kenapa Millenial dikenal sebagai generasi yang merasakan "dua masa" yang berbeda yaitu era konvensional ke era internet. Generasi ini juga dikenal sangat aktif di sosial media dan sangat terikat dengan teknologi. Pemikiran Millenial sering kali berlawanan dengan Baby Boomers, tak cuma di Indonesia melainkan juga seluruh dunia. Generasi awal Millenial pernah merasakan era Order Baru di Indonesia dan sisanya merasakan era tersebut pada saat masih kecil.

6. Generasi Z

Gen Z merupakan anak-anak dari Gen X dan Millenial yang tua. Mereka adalah yang lahir antara tahun 1996 hingga 2010. Tahu TikTok? Ya, sebagian pecandu TikTok adalah Gen Z ini. Saat ini Gen Z adalah mereka yang masih anak-anak, remaja, hingga para mahasiswa serta yang baru saja lulus sebagai sarjana. Gen Z mungkin lebih aktif dan adiktif dalam bersosial media dari Millenial dikarenakan mereka terlahir ketika zaman digital sudah mulai terbentuk. Di Indonesia, sebagian besar mereka juga tak pernah merasakan hidup di era Orde Baru.

7. Generasi Alpha

Merupakan generasi termuda saat ini dan merupakan anak-anak dari Generasi Millenial. Mereka lahir antara akhir tahun 2010 ke atas sehingga yang tertua adalah berusia sembilan sampai sepuluh tahun. Mereka adalah generasi yang lahir ketika dunia yang sudah benar-benar serba digital sehingga dari kecil sudah akrab dengan teknologi. Dari cara mendidik mereka sepertinya akan sedikit lebih progresif karena kebanyakan orang tua Gen Alpha adalah para Millenial. Belum diketahui akan seperti apa karakteristik Gen Alpha nantinya karena mereka saat ini masih sangat muda dan bahkan masih balita kinyis-kinyis.

Nah, itu dia gan ketujuh generasi dari Silent Generation sampai Generasi Alpha. Agan termasuk generasi yang mana? Ane tebak pasti kebanyakan Gen Y emoticon-Ngakak


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cintadine
gpp generasi micin .. enak kok micin emoticon-Wkwkwk
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di