CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Tanaman Jamblang, Tanaman Langka Yang Tidak Kalah Dari Tanaman Buah Lainnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6cc0880577a9573b69b1ed/tanaman-jamblang-tanaman-langka-yang-tidak-kalah-dari-tanaman-buah-lainnya

Tanaman Jamblang, Tanaman Langka Yang Tidak Kalah Dari Tanaman Buah Lainnya


Ketika banyak orang memilih menanam tanaman berbuah seperti mangga, jambu atau rambutan diperkarangan rumahnya, ane justru memililh menanam tanaman jamblang diperkarangan rumah. Tanaman yang masih langka di negri ini. Tanaman jamblang yang ane miliki ini dulu ane beli seharga 250 ribu dengan ukuran 1 meter.


Niat awal ane mememilih pohon ini karena buahnya yang masih tergolong langka di daerah ane. Jadi dengan alasan itu ane jadi punya keunikan dibanding tetangga lainnya. Dan terbukti setiap kali pohon jamblang ini berbuah, pasti ada saja yang meminta buahnya. Dan itu memberikan kebahagiaan tersendiri buat saya ketika tanaman yang kita tanam bisa bermanfaat bagi orang lain.

Bagi kalian yang tertarik menanam tanaman ini, sebenarnya perawatannya tergolong mudah. Yang penting perawatan diawal hingga akar pohonnya kuat. Pemupukan itu wajib hukumnya, jangan berharap tanaman akan tumbuh besar dan berbuah lebat bila tidak diberi pupuk. Pupuknya bebas, namun harus rutin tiga bulan sekali.


Selain itu tanaman juga harus terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya diletakkan di tempat yang matahari bisa mengenainya secara langsung.

Sirami tanaman dua kali sehari bila tanaman baru dipindahkan ke dalam tanah. Bila sudah cukup besar, penyiramannya cukup dilakukan sehari sekali.

Selalu bersihkan rumput-tumput liar agar nutrisi dari pupuk dan hara tanah tidak terpecah ke tanaman lain. Sehingga nutrisi yang diserap bisa lebih maksimal.


Bila tanaman sudah mulai berbunga, buatlah penangkal lalat buah agar nantinya buah jamblangnya tidak busuk dan tidak dimakan ulat buah. Untuk wadahnya bisa menggunakan botol yang dilubangi seperti yang ane gunakan ini.


Terakhir, bila sudah bebruah, bagilag buahnya pada tetangga. Hal ini bisa membuat tanaman yang kita rawat menjadi lebih bermanfaat dan bisa berdampak baik bagi kita dan tetangga. Meski terdengar aneh, tapi percaya gak percaya, inilah salah satu alasan kenapa tanaman jamblang yang saya tanam selalu berbuah lebat.

Menanam tanaman ini dari bibit hingga dewasa memang membutuhkan waktu yang lama. Namun bila kita sabar dan telaten merawatnya akan berbuah baik nantinya. Sekian tips dari ane. Silahkan dicoba di rumah emoticon-Smilie.

sumber gambar: dokumen pribadi
sumber artikel: pengalaman sendiri
profile-picture
durexz memberi reputasi
nunggu berapa lama hingga bisa dipanen? bentuk dan rasa buah gimana?
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di