CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Kuping Gajah Hampir Mati Begini Cara Menyelamatkannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6ccddd2525c377511af7da/kuping-gajah-hampir-mati--begini-cara-menyelamatkannya

Kuping Gajah Hampir Mati Begini Cara Menyelamatkannya




Assalamualaikum

Karena pandemi covid-19 saya selalu berada dirumah jarak menengok ke kostan juga karena disana juga tidak ada orang dikarenakan mahasiswa sekarang sedang belajar online. Akhirnya setelah 2 minggu kesana saya lupa menyirami tanaman akhirnya beberapa tanaman saya mati dan beberapa terlihat kritis.

Aalah satu tanaman yang saya ingin selamatkan adalah kuping gajah. Langkah pertama jelas siapkan media tanam baru selain itu tanah yang bagus dan baru jangan lupa campurkan tanah tersebut dengan sekam. Jika agan tidak tahu sekam, sekam adalah bekas pembakaran gabah biasanya dipergunakan untuk membuat tanah lebih subur dan tanaman lebih cepat tumbuh.



Setelah tanah dan media tanam yang baru tersedia segera keluarkan tanaman kuping gajah yang sekarat tersebut dari pot. Setelah itu potong daun-daun yang menguning dan mati dan ingat ya gan potongnya hingga ke akarnya jadi kayak bagi dua gitu. Hanya memilih batang dan akar kuping gajah yang masih sehat ya gan.

Setelah itu masukan kuping gajah ke dia tanam yang baru ya gan jangan lupa masukkan tanahnya kedalam media tanam tersebut. Jangan lupa semprot anti hama agar tamanab tidak dimakan hewan seperti cacing, ulat dan yang lainnya.



Untuk perawatannya sendiri kuping gajah sedikit memiliki treatment yang agak spesial. Untuk penyiramannya sendiri dua kali sehari dan juga jangan terlalu banyak air ya gan. Selain itu jangan taruh bunga ini dekat sinar matahari bahkan harus ditaruh di tempat yang agak lembab dan jauh dari sinar matahari. Jadi sebaiknya kuping gajah ditaruh di teras-teras rumah.

Untuk pemupukan dan pergantian tanahnya sendiri kuping gajah biasanya di lakukan paling lama 2 bulan sekali agar lebih sehat. Dan jika sudah terlihat agak besar bisa di ulangi langkah-langkah diatas agar bisa memperbanyak kuping gajah agan bedanya kedua taruh di media tanam yang baru.

Mungkin ini sedikit tips dari saya ketika work from home kemarin yang tanaman saya pada hampir mati dan semoga sedikit pengalaman saya bisa menjadi inpirasi GanSis yang memiliki pengalaman serupa


Quote:
profile-picture
durexz memberi reputasi
pertalite dulu ya
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di