CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ngeri! 1.392 Pedagang Pasar Positif Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69b6bd337f937fb21c0640/ngeri-1392-pedagang-pasar-positif-corona

Ngeri! 1.392 Pedagang Pasar Positif Corona




Pasar tradisional merupakan salah satu tempat yang dapat menjadi penularan virus Corona (COVID-19). Tidak sedikit pedagang pasar yang menjadi risiko terpapar virus mematikan tersebut.


Berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), pedagang pasar yang terpapar virus Corona dalam beberapa bulan terakhir terus menunjukkan kenaikan dan tingkat kematian yang tinggi.

Ketua Bidang Infokom DPP IKAPPI, Reynaldi mengatakan total ada sekitar 1.392 pedagang pasar yang terpapar virus Corona dengan total kasus meninggal dunia sebesar 55 orang. Kasus tersebut terdapat di 27 provinsi, 97 kab/kota, dan terjadi di 244 pasar per September.

"Jumlah tersebut bertambah 8 orang jika dibandingkan data pekan lalu yaitu 47 pedagang yang meninggal karena COVID-19," kata Reynaldi dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Selasa (22/9/2020).

Adanya pedagang yang terpapar membuat pasar harus ditutup sementara. Berdasarkan datanya, sudah terdapat 173 pasar yang tersebar di 27 provinsi dan 97 kab/kota pernah di tutup karena COVID-19. Penutupan pasar terakhir terjadi di Pasar Kayen, Pati, Jawa Tengah.

Untuk itu, Reynaldi mendorong agar pemerintah daerah lebih fokus pada protokol kesehatan dan memperkuat tes swap atau rapid test di pasar-pasar seluruh Indonesia. Sementara Ini provinsi yang sudah melaksanakan tahap swab test atau rapid test disebut baru DKI Jakarta, Sumatera Barat (Sumbar), Yogyakarta.

Kemudian, Reynaldi juga meminta agar pemerintah memberikan stimulus kepada para pedagang pasar untuk menjaga agar pasar tradisional tetap bertahan. Pasalnya, omzet pedagang selama pandemi rata-rata disebut turun hingga 70%.

"Kami juga mendapati bahwa ada penurunan omzet pedagang sekitar 55 sampai dengan 70% seluruh Indonesia, maka kami meminta kepada pemerintah untuk menjadikan pasar tradisional sebagai pusat pondasi perekonomian lokal atau perekonomian daerah sehingga kita bisa menjaga agar pasar dan perekonomian terus tumbuh," ujar Reynaldi.


SUMBER



ITU YANG KETAHUAN ... YANG KAGAK KETAHUAN PASTI BERLIPATKALI GANDA DARI YANG KETAHUAN 


emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
Walaupun positif mereka ngga akan mati, kecuali antibody mereka bermasalah
profile picture
mang.jebot
kaskus maniac


Kalo ga ada ilmunya jngan bikin kesimpulan dulu gan, manajer engineering ane yg masi usia produktif, hobi futsal, makanan terjaga (catering disediain dari kantor), WFH dari maret, bbrp minggu yg lalu meninggal karna covid. Dugaan doi kena dari istrinya yg setelah diisolasi malah sembuh dari covid.
Dan baru aja ane dapat kabar ibu rekan kerja ane meninggal krna pneumonia, hasil rapid sih reaktif, kami besok sedivisi dijadwalin rapid test semua.
profile picture
apaadanya2000
kaskus addict
@mang.jebot belum ada yang mati karena karena corona, bahkan negara mau hitung ulang dan rubah definisi mati karena corona, karena saat ini yang dihitung orang yang mati kebetulan ada virus corona menurut anjuran WHO walaupun penyebab utamanya pneumonia, penyebab pneumonia kan 1001 macem
profile picture
mang.jebot
kaskus maniac
@apaadanya2000 yaudah gimana ente aja, semoga ga ada keluarga ente yg meninggal karna covid ya.
Ane juga awalnya kurang aware, begitu bos ane yg notabene temen futsal ane meninggal baru ane sadar virus ini jauh lebih dekat dari yg selama ini ane kira. Gejalanya mirip almarhumah ibu temen yg meninggal td malem, tiba2 lemes, batuk biasa, stelah bbrp hari tiba2 jadi parah, bernafas sulit (baru dibawa ke RS), dan akhirnya dlm itungan jam jadi ga bisa nafas sama sekali.
profile picture
apaadanya2000
kaskus addict
@mang.jebot kurang oksigen bukan berarti covid, memang paru parunya aja abnormal dan kembali penyebabnya terlalu banyak bukan hanya sars-cov2
profile picture
biglingz
kaskus maniac
@mang.jebot @apaadanya2000 orang punya sakit gula
Trus tabrakan di jalan, juga gak bakal dibilang mati karena gula bre.
profile picture
apaadanya2000
kaskus addict
@biglingz @mang.jebot begitu di detect ada sars-cov2 tetap aja dijadiin covid gan, gede duitnya klo dijadiin covid
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di