CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kenakan Hijab, Ayu Mahasiswi Kedokteran Pertama UMI yang Beragama Hindu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f66ad6682d4951acc099dd0/kenakan-hijab-ayu-mahasiswi-kedokteran-pertama-umi-yang-beragama-hindu

Kenakan Hijab, Ayu Mahasiswi Kedokteran Pertama UMI yang Beragama Hindu


Ananda Ayu Masnathasari, mahasiswi kedokteran pertama beragama Hindu, berhasil wisuda dan menjadi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) / Foto : Zakir Sabhara

Kenakan Hijab, Ayu Mahasiswi Kedokteran Pertama UMI yang Beragama Hindu

SuaraRiau.id - Ananda Ayu Masnathasari, mahasiswi kedokteran beragama Hindu, berhasil wisuda di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Ayu panggian akrabnya, kemudian lulus di program profesi dokter.

Ini merupakan sejarah baru yang terjadi UMI Kota Makassar.

Meski beragama Hindu, Ayu bisa mengikuti semua aturan yang berlaku di UMI. Seperti wajib memakai jilbab dan mengikuti sejumlah orientasi mahasiswa di kampus Islam.

Ayu yang lahir di Kabupaten Takalar, kuliah dan mengikuti pendidikan profesi sekitar 5,8 tahun.

Setiap hari penampilan Ayu di dalam kampus seperti mahasiswi lainnya. Memakai jilbab dan pakaian tertutup. Pakaian muslimah.

"Tidak mudah pak, tapi jadinya saya setiap hari banyak belajar. Lebih siap diri saja. Setiap hari ada tantangan baru. Apa lagi besok," kata Ayu dalam video wawancara dengan Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI Zakir Sabhara, Kamis (17/9/2020).

Selama kuliah di kampus dengan aturan Islam, Ayu mengaku tidak merasa dipaksa memakai jilbab. Karena memang aturan di UMI sudah lama seperti itu.

Saat mahasiswa baru UMI mengikuti pendidikan pesantren selama satu bulan, Ayu diberikan kompensasi tidak ikut pesantrean. Tapi harus belajar di Pura. Sesuai keyakinan Ayu.

"Semakin lama semakin terbiasa," kata Ayu.

Orang tua Ayu berasal dari Tabanan, Bali. Ayahnya beprofesi sebagai guru olahraga SMP di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

"Bisa lulus tanpa hambatan," kata Ayu.

Sebagai bentuk penghargaan UMI terhadap prestasi dan kerja kerasnya, Ayu diberikan kesempatan memberikan pidato di depan dosen, sarjana, dan mahasiswa UMI.

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI Zakir Sabhara yang bertemu dengan Ayu mengaku bangga. Meski beragama Hindu, Ayu tetap nyaman belajar sampai lulus menjadi dokter di UMI.

"Ini anak kerennya kedokteran. Pertama kalinya di kedokteran mahasiswa agama Hindu," kata Zakir.

"Saya menetes tadi air mata ku," tambah Zakir.

Zakir mengatakan, kejadian ini harus menjadi pelajaran. Meski berbeda agama, suku, ras, dan golongan, rasa ke-Indonesia-an harus tetap dijaga.

"Semua satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Zakir.
sumber

*********

Bagi sebagian orang, hijab adalah identitas diri, bahwa aku adalah seorang muslimah. Sebagian lagi menganggap bahwa hijab adalah fesyen. Hanya sekedar fesyen. Bahkan ada oknum yang menggunakan hijab hanya sekedar untuk menaikan harga tawar didepan laki-laki, memetamorfosa dirinya sebagai wanita baik-baik, meskipun masalalunya hitam sehitam lumpur. Dengan alasan hijrah, maka simsalabim, tampilanpun berubah.

Dalam berita ini, terbukti bahwa sesuatu hal yang dijalankan tanpa paksaan, penuh kesadaran, dan saling menghargai, selalu berbuah manis. Yang banyak, tak perlu memaksa. Dan yang sedikit tak perlu merasa dipaksa. Yang banyak melindungi yang sedikit, dan yang sedikit menghargai yang banyak.

Meskipun aturan berhijab adalah aturan baku dalam berbusana di kampus, nyatanya pihak kampus menghargai "aqidah" mahasiswinya yang bukan muslimah. Pihak kampus justru memberi kewajiban bagi sang mahasiswi istimewa ini untuk beribadah di pura. Hal yang patut dicontoh. Inilah kebhinnekaan itu. Bukan model manusia-manusia gagal otak dan busung otak yang justru mengganggu orang saat beribadah, padahal dari wajah-wajahnya saja jauh dari kata calon penghuni surga.

Jika mereka bisa memberi contoh baik keberagaman ini, kenapa kita tidak bisa? Kenapa harus selalu saling hina? Saling menista? Apakah dengan saling menghina dan menista akan meninggikan derajat aqidah kita? Apakah dengan menghina ummat yang tidak seiman dengan kita akan meninggikan agama kita? Meninggikan Nabi kita? Meninggikan Tuhan kita? Apakah dengan semua perbuatan itu kita mendapat amal baik?

Pikirkan itu. Dan sudahi semuanya.
Sebab tiap-tiap orang membawa amal baik dan amal buruknya sampai ke alam kubur. Tak membawa sedikitpun dosa orang lain, amal baik orang lain. Elu elu, gue gue.

Nah, mumpung Tuhan masih memberi umur panjang, masih bisa ngaskus, hentikan semuanya. Contohlah perbuatan baik di berita ini. Mumpung masih ada waktu. Sebab belum tentu umur kita akan panjang dan bisa melewati wabah mematikan ini. Bisa jadi gue, elu, elu, dan elu, dipanggil duluan oleh Yang Maha Pencipta, Pemilik Alam Semesta ini. Jangan elu pikir kalau dipanggil elu pura-pura budeg. Mau nyaut mau kagak, sekali dipanggil ya game over.

Gitu lho.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 36 lainnya memberi reputasi
Selalu aja ada keributan setiap kali ada trit berbau agama.

emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
santosvanjones dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
pulaukapok
kaskus maniac
Hahaha iyo gan.
profile picture
Yah begitulah gan kondisi kakus sekarang. Ga sara ga rame emoticon-Malu
profile picture
salvation101
aktivis kaskus
Iya om, tapi kalo trit yg berbau lendir dan banyak mulusnya pada akur dan damai sentosa emoticon-Bingung (S)
profile picture
TS i.am.legend.
kaskus geek
@salvation101

Tar gw bikin, gw di PM Officer deh.

emoticon-Ngakak
profile picture
snoopze
kaskus maniac
Udah resiko bre emoticon-Mewek
profile picture
feryk789
kaskus addict
Hehe
Itulah negeri kita tercinta gab
profile picture
CoZiA
kaskus addict
Disini jauh lebih sehat gan, orangnya terdidik semua, ane sih lihatnya mekanisme adalah diskusi, walaupun keras.
Lagian ada mekanisme reputasi kaya cendol dan bata, masih kurang puas lapor momod.
What happened in Kaskus stay in Kaskus, itu sudah mottonya dari dulu, jangan cengeng. emoticon-Angkat Beer
profile picture
hantupuskom
kaskus geek
dah tau disini banyak yg kang sara malah bikin trit kyk gini
emoticon-No Hope
profile picture
TS i.am.legend.
kaskus geek
@hantupuskom

Gw nilainya bukan dari sisi negatifnya.
Kan semua tergantung sudut pandang.

Kita bilang A bagus.
Mereka bilang A jelek.
Begitu juga sebaliknya.
Yang biasa2 dianggap luar biasa.
Yang luar biasa dianggap biasa.

Yaaaa... kayak milih istri deh.

emoticon-Big Grin
profile picture
abahsange69
kaskus addict
Kaskus daridulu gitu... isinya akun2 sebar SARA dan kebencian
profile picture
mahyaruddin
kaskus addict
itu la warga kaskus
profile picture
danielstore
kaskus addict
Bukan SARA gan emang yang diomongin di Kaskus ya memang sama kenyataan nya dengan yang ada di dunia nyata jangan cengeng deh emoticon-Embarrassment
profile picture
santosvanjones
kaskus addict
Cuma orang goblog yg ngeributin agama apalagi sampe nyerang kepercayaan orang lain, karena orang pintar minumnya Tolakmiskin emoticon-Cool
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 13 dari 13 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di