CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Pengalaman Merawat Pohon Bidara yang Konon Bisa untuk Mengusir Jin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f65aab388b3cb0e054b9422/pengalaman-merawat-pohon-bidara-yang-konon-bisa-untuk-mengusir-jin

Pengalaman Merawat Pohon Bidara yang Konon Bisa untuk Mengusir Jin



Spoiler for Bidara:


Ada yang tahu pohon bidara? Pohon ini juga dikenal sebagai pohon Apel India. Nama latin pohon ini adalah Ziziphus Mauritiana. Berasal dari Asia Tengah, seperti India, Thailand, China, hingga Indonesia.

Gue bukan orang yang rajin merawat pohon. Apalagi pohon yang gue gak kenal. Karena pasti butuh effort lebih dalam merawatnya. Tanaman di teras saja selalu istri gue yang menyiram. Gue suka lupa soalnya.

Tapi saat om gue membawakan calon pohon bidara hasil dari cangkok (aduh maaf kalau gue salah salah istilah, gue bener-bener awam dalam hal perpohonan), gue bisa apa? Saat dia menanam pohon ini di teras. Dan tanpa gue tanya dia udah bisa baca pikiran gue, "Kamu ndak usah kuatir, pohon ini ndak perlu harus kami siram tiap hari. Sengaja om tanam di sini biar ketetesan air dari genting." Gue pun cuma ngebatin, 'Oke deh, Om...'

Om gue ini Jawa tulen. Bukan gue mau rasis. Kalau om gue Jawa otomatis gue juga Jawa. Maksud gue, dia masih memegang teguh prinsip kejawennya. Sedangkan gue? Ke Jogja aja gue uring-uringan karena makanan serba manis. Sampe-sampe istri gue komen, 'Jawa apaan lu gak demen manis!'

Nah, om gue ini percaya bahwa rumah yang gue tempatin ini ada penunggunya. Ya iyalah, gue sama istri gue, kan? Tapi serius, menurut dia, ada makluk astral yang tinggal di rumah ini. Jauh sebelum gue tinggal di situ. Hal ini ia ketahui saat pertama kali berkunjung ke rumah tak lama setelah gue pindah ke sini. Nah, di kedatangan kedua inilah dia membawakan gue pohon bidara ini. Supaya makhluk astral penghuni rumah gue segera enyah dari rumah gue. Karena mereka sangat tidak menyukai buah bidara ini. Gue gak mau debat. Udah dibawain, udah ditanamin, tinggal merawat ala kadarnya aja masa gue mau protes juga sih?

Om gue membuktikan ucapannya. Pohon ini tidak rumit dalam hal perawatan. Bagi kalian yang mau beli bibitnya banyak dijual di marketplace. Tapi kalau mau cangkok dari pohon bidara lain juga silakan. Saat ini aja om gue belum lama mampir dan coba mencangkok untuk ditanaman di.... sini juga. Aduh, om gue emang baik banget. Segitu aware-nya hanya demi agar keluarga gue gak diganggu jin haha. Karena dia tau, gue mana ngeh yang begituan? Diketawain kunti aja temen-temen gue pada kabur gue malah keluarin kamera di tas mau gue jepret!

emoticon-Motret

Selesai masang lensa ke body kamera, eh kuntinya ilang!

Eh, sampe mana tadi?

Karena pohon ini memang aslinya pohon yang tumbuh di daerah tandus dan cenderung gersang, jadi gak perlu disiram dengan masif. Secukupnya saja. Malah gak boleh sampe banjir alias berlebihan. Dan harus ditanam di tempat yang cukup dengan sinar matahari. Jujur, gue gak pernah memupuk pohon ini. Gak ngerti nanti malah takut salah. Pupuk aja gak pernah apalagi semprot pestisida, insektisida atau fungisida. Om gue udah berpesan, kalau ada apa-apa suruh kontak dia. Siap lah kalau begitu.

Saat ini udah numbuh buah kecil-kecil. Dan konon baik buah maupun daunnya banyak manfaatnya. Daunnya biasa digunakan untuk ruqyah atau ritual pengusiran jin. Hmmm, belum pernah praktekin kalau yang ini. Daun bidara juga konon bisa untuk membersihkan kotoran yang sulit dihilangkan.

Setelah buahnya dipanen kelak, om gue cuma berpesan untuk jangan lupa menggunting bunga yang muncul di bagian pucuk yang baru. Agar buah tetap subur dan menghasilkan buah bidara yang lebih maksimal. Oke deh, Om...

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh eghy
bisa usir jin emoticon-Matabelo
profile-picture
eghy memberi reputasi
profile picture
TS eghy 
KASKUS Plus
konon kabarnya
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di