CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Keuntungan Nitrogen Pada Ban Mobil Agan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f631899a727686d0e6c2c94/keuntungan-nitrogen-pada-ban-mobil-agan

Keuntungan Nitrogen Pada Ban Mobil Agan!

Kalian tau ga sih bagaimana cara menjaga ban mobil agar tetap awet? Ya, menjaga ban mobil agar tetap awet dengan selalu menjaga tekanan angin ban mobil. Tekanan angin pada ban mobil yang sesuai akan mempengaruhi keseimbangan beban yang di angkut. Hal ini juga dapat menjaga keawetan ban mobil dan tidak mudah botak. 


Nah, kalau kalian sendiri untuk mengisi angin ban menggunakan apa? Angin biasa kah atau angin nitrogen? Banyak yang berasumsi sih lebih baik menggunakan angin nitrogen dari pada menggunakan angin biasa. Apakah iya? mari kita telusuri!


Perbedaan Angin Biasa dengan Angin Nitrogen
Nitrogen adalah gas murni yang sudah tersaring dan sama sekali tidak mengandung air. Nitrogen memiliki suhu yang lebih dingin dan ringan, serta mampu mengisi ruang ban mobil dengan udara secara lebih optimal.

Beda dengan angin biasa, Kandungan air yang ada di dalam angin biasa dapat menguap di suhu panas. Sehingga, udara dalam tekanan angin biasa berubah akan menjadi air yang membuat ban mobil jadi lebih berat.

Inilah penyebab sering terjadi nya ban pecah. Ban mobil yang diisi dengan angin biasa akan mudah kempes, sobek, dan aus akibat tidak mampu menahan bobot yang terlalu berat.

Ya walaupun yang kita tahu nitrogen lebih mahal dari pada angin biasa, tapi setidak nya ban akan lebih awet dalam jangka panjang nya. 

Kelebihan Mengisi Ban dengan Angin Nitrogen
Handiling Mobil Lebih Stabil
Banyak pembalap yang sudah membuktikan bahwa angin nitrogen membuat handling mobil lebih stabil. Karena sifat nitrogen yang tahan lama dan sangat memperngaruhi kondisi handling. 

Tekanan Ban Jauh Lebih Stabil
Nitrogen akan membuat mobil tekanan angin pada ban mobil lebih stabil. Walaupun suhu berubah, tekanan angin tidak akan ikut berubah. Ini dikarenakan nitrogen memiliki sifat unsur yang tidak mudah terkontaminasi dan tidak mudah berpengaruh oleh unsur lainnya.

Lebih Awet dan Tahan Lama
Dikarenakan nitrogen tekanan angin nya lebih stabil, ban mobil pun jadi lebih awet dan tahan lama. Sehingga agan tidak perlu sedikit-sedikit mengisi angin ban mobil. 

Menjaga Bentuk dan Ukuran Ban
Perlu yang agan ketahui nih, bahwa angin yang digunakan untuk mengisi ban mobil dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran ban mobil tersebut. Karena angin nitrogen tekanan di dalam ban mobil lebih stabil dan tidak mudah kempes yang bisa merubah bentuk ban mobil. 

Daya Cakram Ban Lebih Baik
Daya cakram ban terhadap aspal atau grip jauh lebih optimal saat dipakai berkendara. Dengan begitu agan akan lebih nyaman mengendarai mobil dalam waktu yang lama. 

Isi Angin Nitrogen Sesuai Dengan Jenis Ban
Angin nitrogen memang memiliki banyak kelebihan, namun agan juga perlu berhati-hati. Ada beberapa ketentuan khusus yang harus diperhatikan dalam mengisi angin nitrogen untuk ban mobil agan, yaitu:

Sesuaikan tekanan angin nitrogen yang digunakan dengan spesifikasi dan beban maksimum yang dianjurkan. Agan bisa melihat kode ban mobil yang tertera di buku petunjuk penggunaan mobil yang agan beli.
Jika ukuran ban mobil depan dan belakangnya sama, maka agan bisa membuat tekanan angin pada ban bagian depan lebih rendah daripada ban bagian belakang.
Usahakan untuk membuat tekanan angin yang seimbang pada setiap ban mobil. Setidaknya memiliki rasio tekanan angin yang sama dan sesuai.

Nah, itu dia perbedaan antara angin nitrogen dan angin biasa, serta kelebihan-kelebihan angin nitrogen daripada angin biasa. Kesimpulannya, angin nitrogen jauh lebih mampu mengoptimalkan performa mobil dan membuat ban mobil menjadi lebih stabil.

Cheers!

source: tunastoyota



profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 3 lainnya memberi reputasi
Kayanya hasilnya nggak terlalu signifikan yak.. lagian kalo pompa nitrogen nya beneran murni, baru percaya.
profile-picture
bocah.kepo2020 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di