CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f643a7209b5ca7aa0507348/kemenag-resmi-luncurkan-program-penceramah-bersertifikat

Kemenag Resmi Luncurkan Program Penceramah Bersertifikat



Program penguatan penceramah agama atau penceramah agama bersertifikat resmi diluncurkan Kementerian Agama di Jakarta pada Jumat (18/9). Program tersebut diresmikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi yang mewakili Menteri Agama Fachrul Razi.

"Atas nama Kementerian Agama, secara resmi saya me-launching penceramah agama bersertifikat, atau program penguatan penceramah agama dengan membaca basmalah. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan mengarahkan kita semuanya," kata Zainut meresmikan program tersebut, yang ditayangkan melalui video konferensi.

Dalam pidatonya, Zainut menyampaikan, peluncuran program penceramah agam bersertifikat ini momen baik yang harus dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan keagamaan. Dia mengatakan, kehadiran para tokoh agama sangat dinanti oleh masyarakat.

"Kementerian Agama sangat concern dalam mendorong peran yang lebih luas dari para penceramah dalam pembangunan bidang agama. Karena itulah saya takkan berhenti membuka diri untuk juga proaktif menjalin kerja sama dan kemitraan dengan seluruh ormas keagamaan dalam optimalisasi peran para penceramah agama," katanya.

Zainut juga menuturkan, pembangunan bidang agama kini menemukan momentum untuk terus berkembang. Ada banyak kebijakan pemerintah yang telah mendorong partisipasi publik dalam pembangunan. Termasuk di dalamnya pembangunan bidang agama. Pemerintah pun sebagaimana tertera dalam RPJMN maupun Renstra telah menetapkan isu-isu keagamaan sebagia pilar pembangunan nasional.

Pemerintah, lanjut Zainut, menyadari tidak semua langkah pembinaan dapat dilakukan seorang diri. Bangsa ini dibangun oleh kebersamaan dan kebersamaan itulah yang mendorong Kementerian Agama terus meningkatkan kualitas serta bekerja sama dengan stakeholder seperti pimpinan ormas kegamaan untuk bersama-sama merumuskan dan menjalankan fungsi pembinaan keberagamaan ini.

"Inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan penceramah agama bersertifikat. Ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para penceramah agama sehingga dapat memenuhi tuntutan zaman dan sekaligus meneguhkan perannya di tengah modernitas. Tak bisa dipungkiri, ada banyak perubahan zaman yang harus kita jawab dengan perspektif yang moderat," katanya.

Melalui program penceramah agama bersertifikat, Kemenag berharap agar penceramah bertambah wawasannya dan kompetensi ilmunya serta memiliki integritas kebangsaan yang tinggi. Ini dalam rangka mensyiarkan keberagamaan yang moderat langsung kepada masyarakat. "Kita berharap langkah pembinaan ini semakin menjawab apa yang dibutuhkan umat, bangsa, dan negara," ucapnya.


Wamenag juga menyampaikan, ada banyak program dan kegiatan pembinaan keumatan yang telah disusun oleh Kemenag. Namun semua ini tak mungkin dijalankan sendiri. Karena itu, kehadiran para tokoh agama dan penceramah agama akan membantu terlaksananya pembinaan umat yang komprehensif.

"Bangsa ini memanggil para tokoh agama dan penceramah untuk berkontribusi lebih luas di tengah hantaman berbagai cobaan umat beragama yang sangat membutuhkan kehadiran kita semuanya, untuk memberi solusi dan pencerahan," imbuhnya.

Reblupika



Pasti banyak yang terguncang
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 48 lainnya memberi reputasi
ya akhi
kenapa lagi lagi hanya islam yang di berikan sertifikat dalam berceramah?

kenapa ga ada dari hindu, buddha, kristen, katolik dan konghuchu?
seolah2 hanya islam yang ceramah isinya penuh kebencian ya akhi

ini sungguh menyakiti perasaan ummat

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 23 lainnya memberi reputasi
profile picture
kakeksaya
kaskus addict
Karena agama lain tidak mengajarkan bom bunuh diri
profile picture
bajier
kaskus maniac
Agama laen bs di ajak kerjasama bangun negara gan. Yg bungsu ini emang suka ribut sendiri. Jadi beda


emoticon-Traveller
profile picture
monto12
kaskuser
Woi bung. Silahkan baca sekali lagi beritanya.

Apakah ada yang menyebutkan bahwa sertifikat penceramah hanya berlaku untuk islam.

TIDAK KAN !!!!

Lah menteri agama aja bilang sertifikat ini berlaku UNTUK SEMUA AGAMA.

Silahkan belajar membaca kembali bung...
profile picture
@monto12 ada 2 kemungkinan
1. dia lg satir
2. dia cuma baca judul, dipikirannya kemenag cuma ngurusi islam saja
profile picture
alif0503
kaskus holic
Udah dari dulu kali yang lain bersertifikat, yang ini emang bandel
profile picture
bh1nn3k4
Auto Banned
@monto12 karena agama lain gak pergi bunuh diri ngajak anak mereka untuk membom rumah ibadah orang lain emoticon-Big Grin kayak jihadistnya islam pas mau ngebom gereja di surabaya emoticon-Big Grin

profile picture
jimmyjun
kaskus addict
Quote:


Mohon dipahami, KEMENTERIAN AGAMA itu tidak hanya khusus mengurus agama ISLAM saja. Jelas ini untuk semua PENCERAMAH AGAMA yang diakui di Indonesia dan bukan hanya untuk ISLAM saja.

Mohon dipahami secara seksama.
profile picture
Ngak cuman buat agama islam aja jancok, agama lain juga masuk.
profile picture
@dwolf katanya orang beragama kok ngegass bosku, just chill bruh
profile picture
manandang
kaskus addict
Bro kalau kristen ama katolik untuk jd pendeta atau pastor itu bukan asal hapat ayat saja trus bisa ceramah atau khotbah. Harus pendidikannya trus melayani di jemaat dan jemaat yg memilih serta memutuskn pantas tdk menjadi pendeta nya
profile picture
angopmaksimal
kaskus maniac


Ga pake dr kemenag jg agama lain udah ada sertifikat/pengukuhan dr instansinya masing2, islam punya engga?

Harus sekolah khusus, harus menempuh ujian tertentu, harus hidup membiara/selibat.

Meski beberapa aliran ada juga sih yg bisa tiba2 pemuka agama...
profile picture
angopmaksimal
kaskus maniac
@theguntur94 @monto12 keknya satir, tp gpp biar yg merasa tersinggung tau alasan knp agama lain ga merasa perlu ribut...
profile picture
dikalasenang
kaskus addict
Take beer dulu gan biar fokus emoticon-Angkat Beer
profile picture
kyna.zytka
kaskus addict
Yg lain udh bersertifikat bahkan sekolah dulu,coba aj googling
profile picture
jualrekbca
kaskus holic
@kakeksaya anjim! savage kali comment mu bang! tapi bener sih~ emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile picture
pantat.berapi
aktivis kaskus
Agama lain lebih parah om...
Apalagi kristen...

Ente harus S1 theologi dulu baru bisa jadi pendeta, atau musti melawati proses panjang dan itu pun ujungnya juga harus mendapatkan pengakuan akademis dari persatuan gereja

Ga bisa cuman modal tampang arab trus bisa bahasa arab... Atau jadi muallaf trus ceramah dengan modal jelek2in agama yang lama...

Jasjus aja ada sertifikasi Halal... Masak Kiyai ga ada sertifikasinya...
profile picture
bajier
kaskus maniac
Bener jg ya baru inget


emoticon-Traveller@pantat.berapi
profile picture
botol.mijon
aktivis kaskus
@monto12 santay bro....dia cuma lagi nyarkas...seloow emoticon-Big Grin
profile picture
80RN30_H4CK3R
kaskus addict
Karena hanya Islam yang TuhanNya " gak keliatan " Jadi susah tuk di bully 😁 sedangkan lainnya you know lhaa 😂🤣
profile picture
bh1nn3k4
Auto Banned
[mention]80RN30_H4CK3R[/mention] masak? bukannya 5 kali sehari kau menyembah tuhanmu yagn kelihatan di mecca? emoticon-Big Grin mirip kafir quraysh? emoticon-Big Grin

coba kau jawab pertanyaan2ku emoticon-Big Grin
https://www.kaskus.co.id/show_post/5f63e77dc0cad71f750aa3b1/?child_id=5f6757d188b3cb1f05060b3e#post5f6757d188b3cb1f05060b3e
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 27 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di