CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
400 Ribu Pekerja Restoran di DKI Mendadak Jadi Pengangguran!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f640dd85cf6c449551071a4/400-ribu-pekerja-restoran-di-dki-mendadak-jadi-pengangguran

400 Ribu Pekerja Restoran di DKI Mendadak Jadi Pengangguran!


Ratusan ribu pekerja harian di kafe terancam di PHK

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta mulai berdampak pada salah satu sektor yakni para pekerja restoran. Tercatat ada 400.000-an pekerja harian dirumahkan.

“Tidak diizinkannya dine-in atau makan di tempat diprediksi bakal menurunkan angka penjualan sehingga pegawai kena dampak, kena kebijakan dirumahkan oleh perusahaan,” kata Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin, Kamis 17 September 2020.

Bercermin dari kasus sebelumnya dimana terlihat kala penerapan PSBB pertama kalinya pada April lalu. Menurutnya, begitu PSBB diumumkan, beberapa minggu kemudian langsung penularan Covid menyebar ke daerah-daerah. Khususnya Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Banten dan Lampung.

“Mengapa ini terjadi? Karena para pekerja pulang kampung. Mereka cari-cari pekerjaan di Jakarta dan tidak dapat, akhirnya daripada bayar uang kos dan biaya hidup yang mahal, mereka pulang kampung,” kata Emil.

Bisa diphami jika eksodus itu terpaksa dilakukan masyarakat karena pemerintah tidak menyiapkan keperluan masyarakat sebagaimana mestinya.

Emil menilai jaring pengaman sosial sangat tidak memadai dan manusia tidak dilindungi kehidupannya. Begitu juga perusahaan-perusahaan yang kena Dampak kerugian karena PSBB tidak diberikan penggantian kerugian. Lalu Emil membandingkan dengan lockdown di luar negeri.

“Kalau di luar negeri, rakyat disuruh lockdown orang nya di kasih makan, dikasih kehidupan, bahkan dikasih uang untuk belanja basic needs pada waktu saat lockdown diumumkan. Jadi pekerjanya tidak kemana-mana, semuanya stay home dan Covid bisa terkendali,” katanya.

Menurutnya, di Indonesia setiap Lockdown atau PSBB, yang paling kena pertama pada minggu yang sama adalah pekerja harian. Di Restoran mereka adalah waiter, helper, kebersihan dan lain-lain. Jika satu Restoran mempunyai 50 pekerja, sekitar 35 – 40 orang adalah pekerja harian.

Sumber Disini gan !!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 26 lainnya memberi reputasi
minta kerjaan sama yg buka trmpat wisata bagi para turis luar negeri..

minta kerjaan sama yg buka lowongan buat tka asing,.

terutama daerah kendari,sulteng tuh.. banjir pekerja tambang dri luar.. kasian warga lokal ampe ngiri emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrimardi dan 13 lainnya memberi reputasi
profile picture
kasus di sulteng mah karena lokalannya aja yg GOBLOG , ga bisa kerja
sama aja di cilacap juga gitu,
warga sekitaran PLBC jarang yg ikut kerja,
soalnya dari skill ga mampu,
dan hampir semua mau nya jadi pengamanan doang,
duduk manis udut udut, sambil ngopi,
dan sesekali mabok emoticon-Najis
*kebetulan area nya PLBC persis didaerah gengster nya cilacap
profile picture
pongko
kaskus addict
pekerja lokal banyak yang diterima namun banyak pula yang dikeluarkan karena tidak mampu memenuhi standar perusahaan. Maunya seperti Papua kali ya, para penguasa adat dijamin hidupnya lewat CSR Freeport
profile picture
@pongko yoi emoticon-Embarrassment
ujung2nya pengen yg "kepenak" alias nge-pam emoticon-Najis
profile picture
Jonchan
kaskuser
Dikirainy kerja tambang besar itu cuma modal bisa macul sama pake linggis
profile picture
golden.nymph
aktivis kaskus
@pongko @GayusTambunan.
pantesan emoticon-Ngakak
banyak yg nge beer .. hahaha
di tiap pinggir pantainya ada cafe² dadakan..
mungkin tiap maldm ada pesta joged² hahaha
profile picture
@golden.nymph pesta joged?
Lha wong bupati clp aja GOBLOG
kerjaannya cuman jogedan n dangdutan doang emoticon-Najis
profile picture
pongko
kaskus addict
@GayusTambunan. warganya auto goblog juga dong
profile picture
@pongko lebih tepatnya cuek.
Ga peduli, yg penting joged
profile picture
pongko
kaskus addict
@GayusTambunan. maksud ane yg pilih bupati kan warga sendiri gan
profile picture
@pongko begini,
Si tatto itu pilihan terbaik dari dua pilihan buruk yg tersedia.
Tatto cuman goblog, tapi ga korup (sejauh ini)
Lawannya waktu itu, sudah terkenal sbg bandit korup tapi lihay,
Korbannya bupati sblm tatto
profile picture
pongko
kaskus addict
@GayusTambunan. setidaknya itulah yang terbaik utk warga saat itu sambil persiapkan yang jauh lebih baik lagi .. seharusnya begitu kan ?
profile picture
@pongko hehehehe emoticon-Big Grin
mohon maaf, pilbup mendatang,
pilihannya tetap pada kalimat memilih yg terbaik dari pilihan busuk yg tersedia emoticon-Mewek
profile picture
pongko
kaskus addict
@GayusTambunan. jatoh ke lobang sama terus dong
profile picture
golden.nymph
aktivis kaskus
@GayusTambunan. ane belum tau watak asli warga²nya.,
karna waktu itu ngak lama ada kerjaan di sulteng,cuman seminggu.,
(waktu turun dibandara, banyak orang chinnesenya gan/no sara..
cowok/cewek ada semua.. sisanya 20-30% orng lokal).
dan sewaktu naik taxi dri bandara,supir taxi'nya cerita kalau banyak pekerja asing yg masuk.,warga lokalnya gak kebagian,. jadi kasihan juga..

tapi kalau ceritanya kayak ente ,.. jadi ngak respect juga.. mana yg bener.. hehehe emoticon-Ngakak
profile picture
@pongko yg punya duit mereka2 lagi.
rakyat yg cerdas dan mampu ga bakalan kebagian.
indonesia bisa bener kalau sudah potong 1 generasi
profile picture
ranaberry
kaskus addict
@GayusTambunan. @golden.nymph Sebagian begitu gan, ane juga sering ke jobsite di kalimantan, rata2 orang lokal etos kerja nya kurang, maunya duit ngalir tapi kerja ringan, pada akhirnya kerja unskilled yang skilled ke orang luar daerah. PErnah bikin kerjasama sama SMK lokal tapi giliran lulus udah punya skill minta gaji lebih mahal dibanding yang dari luar daerah.
profile picture
@ranaberry heheheee
di cilacap juga begitu,
giliran udah punya skill (biasanya di rigger atau scaffolding)
langsung minta bayaran gede.
tapi yg gw denger diluaran,
rigger n scaffolding + tukang las cilacap reputasi nya bagus.

bahkan banyak yg ikut menggarap proyek las lasan di masjidil haram
profile picture
Ane dulu ditambang kisaran th 2016 sd 2018... Org lokalnya banyakan nuntut, ga dikasih tuntutan mogok kerja, ngegerombol marah2.

Yg kerja bener ada sih tp sedikit bgt, dimusuhi gegara ga solider
profile picture
a.dirnt
kaskus maniac
TKA China walau sbgian bukn pendidikan tinggi tapi punya keahlian khusus biasanya di Boiler atau biasa d sbut ketel Uap Batu Bara. Nah yg skill biasanya d mechanical atau instrumentasi. Sayangnya org lokal blm tentu bisa d pekerjaan yg sama. Kalaupun bisa biasanya bnyk mnta nya tah fasilitas, gaji tinggi dll. Mungkin itu yg bikin perusahaan atau investor enggan mlirik sdm lokal. Kecuali sektor keamanan, ob,driver atau admin support
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 19 dari 19 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di