CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f640608a2d1952ba3495453/viral-curhatan-makan-permen-dari-bank-hukumnya-haram-publik-berdebat

Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat


Unggahan tentang hukum makan permen dari bank. (Twitter/@subtanyarl)
"Makan permen fasilitas Bank. Permen ini haram hukumnya dimakan, begitu juga air minum, makanan, hadiah tas, jam dinding dari bank..." demikian bunyi unggahan tersebut.

Sebuah unggahan tentang hukum mengambil permen yang disediakan sebuah bank menuai perdebatan publik. Pasalnya, unggahan itu menyebut bahwa mengambil fasilitas yang disediakan bank hukumnya haram

Unggahan itu dibuat oleh seorang warganet dan kemudian dibagikan oleh akun Twitter @subtanyarl untuk mengumpulkan pendapat publik mengenai klaim haram mengambil permen dari bank.

Sebuah gambar permen yang biasa disediakan di meja teller dan customer service bank dibubuhi keterangan bahwa makanan manis itu haram dimakan.

"Terlihat sepele?? Makan permen fasilitas Bank. Permen ini haram hukumnya dimakan, begitu juga air minum, makanan, hadiah tas, jam dinding dari bank... karena sluruh hutang berbuah manfaat, mau itu permen atau yang lain maka hukumnya riba.." demikian keterangan dari unggahan tersebut.

Keterangan dalam unggahan ini lantas memicu perdebatan publik. Banyak yang menganggap bahwa unggahan itu masih belum memiliki dasar yang kuat, namun ada pula warganet yang menyetujui tentang haramnya riba yang disebut dalam unggahan tersebut.

"Kalau semua bilang bank haram mending enggak usah pakai jasa bank deh. Nabung aja di celengan duit yang berjuta-juta, bank juga ambil buga sedikit untuk gaji karyawannya. Gue sebagai keluarga yang banyak kerja di bank engak senang dikatain begini melulu," tulis seorang warganet berpendapat.

"Sebetulnya masalah riba atau enggak tergantung sama akadnya, kalau dari awal udah setuju simpan uang di bank beserta bunganya ya enggak jadi riba, kecuali kalau bank enggak pernah bilang ada bunganya sama sekali terus tiba-tiba ada bunga jadilah riba, karena bunga jatuhnya bayarin jasa kepada bank, CMIIW," warganet lain berpendapat.

"Begini nder, tolong koreksi ya kalau salaj. Dulu pas aku belajar agama, bank itu emang jatuhnya kayak riba kan, makanya dibilangnya haram. Makanya ada syariah yang non bunga. Pajak juga begitu. Mau dibilang haram, ya wallahu a'lam karena dari dulu kan riba itu enggak boleh," tulis warganet.

"Makanya kita disuruh hati-hati, cuma zaman sekarang kan enggak bisa kita hidup tanpa bank/pajak, jadi bismillah aja kalau mau menggunakan 2 hal tersebut. Kalau memang mau berhati-hati ya sudah pindah saja ke syariah, atau hal-hal yang dari bank enggak usah diambil/dipakai," imbuh lainnya.

Ada pula warganet yang langsung bertanya kepada guru agamanya tentang hukum memakan permen dari bank tersebut.

"Hukum bunga bank berdasarkan para ulama antara lain: sebagian ulama mengharamkan bunga bank, sebagian yang lain bunga bank hukumnya mubah," demikian jawaban guru agama tersebut dengan memaparkan perbedaan pendapat ulama tentang hukum riba dan menggunakan barang dari bank.

Sumber : https://www.suara.com/news/2020/09/1...ublik-berdebat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 19 lainnya memberi reputasi
ane awam ni soal keuangan.
kira2 kayak gini :
kalo kita ambil kredit di bank konvensional, bank dapat untung dari angsuran pokok + bunga yg kita bayarkan tiap bulan.

kalo kita ambil kredit di bank syariah, tapi bukan buat modal usaha (misalnya kpr), bank dapat untung dari mana?

ane ambil kpr di btn syariah soalnya
Memuat data ...
profile picture
phoezies
kaskus addict
@new.dreamer @CoZiA @abdoes tapi seinget w jaman dulu gak ada tuh istilah bank syariah bank konvensional.. bank ya bank.. udah itu aja
profile picture
Jalan Cinta
kaskus geek
Kan dilebihin bayarnya diawal pake istilah syariah trus cicilan fixnya juga disesuaikan. Cuma beda istilah. Ipar gw pernah kerja di bank konvensional & syariah gw Tanya bedanya apa dia jawab alah sama Aja 🤭
profile picture
kesimpulan dari diskusi agan2 diatas kayaknya cuman beda istilah doang yah ?
profile picture
stipen212
kaskus addict
Bank konvensional dengan syariah bedanya di pintu gan.
Konvensional: selamat pagi/siang
Syariah: assalamualaikum

emoticon-Leh Uga
profile picture
CoZiA
kaskus addict
@stipen212
Kalau persamaannya, debt collectornya sama2 galak.
emoticon-Wakaka
profile picture
Syekher
kaskuser
Orang2 syariah jg orang2 konven. Yg jelas bunga itu sebetulnya untuk jalan tengah faktor depresiasi nilai, inflasi dan gaji pengelola. Klo g mau ada bank mending g usah nabung dan utang. Maka bank akan tutup sendiri
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@.soroga. ya kalo menurut ente sama aja ya silahkan. Setidaknya ane cuma kasih tahu kalo yang diperbolehkan sama mui buat mualim adalah cicilan flat. Bukan floating. Walaupun yang floating harganya bisa lebih murah dari yang flat.

Tergantung masing2 aj.
profile picture
Pathela
kaskus addict
Mau konvensional atau syariah atau label Islami apapun di masa depan, pahami dulu basic concept dari cara kerja Bang.
Gw sering kasian kalau lihat teman begitu bangganya dengan BANK Syariah...
profile picture
.soroga.
kaskus addict
@abdoes looooh, yang gak diperbolehkan kan cuma istilah doank.

Cicilan bunga flat juga banyak kok. Intinya sih definisi riba nya dangkal. Karena istilah bunganya bisa diganti "biaya penagihan", "biaya admin", dan "pembayaran resiko gagal bayar", serta "jaminan resiko inflasi nilai pinjaman" ...

Maka dari itu, sebenarnya definisi riba akan lebih tepat mengikuti pedoman alkitab sebagai kitab Firman TUHAN.

Bahwa riba dihindari karena memberikan kerugian pada salah satu atau kedua belah pihak. Kalau pinjaman menguntungkaan kedua belah pihak, ya gak bisa dibilang riba.

Aku kasih contoh pinjaman non bunga, tapi disebut riba menurut alkitab.
Ada orang pinjem duit 100 juta untuk dia buka usaha.

5 tahun kemudian uang tersebut dibalikin sebanyak 100 juta setelah ditagih berkali-kali.

Si pemberi pinjaman tidak memberikan bunga
Tapi si tukang utang telah melakukan riba. Mengapa?

Karena si tukang utang meminjam 100 juta, namun ngebalikin gak utuh. Nilai 100 juta tersebut tidaklah sama.
Selain itu, ada kesulitan bagi si pemberi pinjaman untuk menagih. Si pemberi pinjaman juga harus mengingat hutang dan menagihnya.

Maka dari itu, konsep riba-non riba yang gak berdasar hikmah alkitab akan saling gontok-gontokan sendiri.
Karena pada dasarnya hukum yang dipake bukan dari Firman TUHAN, tapi karangan orang yang gk paham prinsip ekonomi.
profile picture
new.dreamer
kaskus addict
@.soroga. @abdoes itu kan menurut kepercayaan anda gan, menurut kepercayaan yang lain ya beda lagi, menurut ane percuma anda berbusa dari atas sampai bawah menjelaskan Firman Tuhan. Anda percaya apa yang menurut anda benar, yang lain juga percaya apa yang menurut mereka benar. Kalau anda masih ngotot kepercayaan anda yang paling benar dan mendiskreditkan kepercayaan yang lain berarti cukup sampai disini aja diskusinya. Udah gak ada manfaatnya lagi berdebat sama orang yang udah fanatik sama agamanya.
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@.soroga. ane g tahu alkitab yang ente maksud itu kitab apa?

Tapi di islam ada aturan, salah satunya adalah dalam jual beli harga wajib disepakati (tidak boleh berubah selama masa cicilan) saat akad. Jika bank konvensional ada sistem flat seperti yang agan maksud, maka boleh di lakukan. Selama bunga tidak floating(berubah).


Di islam juga tidak boleh mengambil pinjaman uang dengan membayar bunga.

Di islam ada istilah akad dimana semua proses disetujui sebelum peminjam meminjamkan uangnya, seperti cicilan dilakukan setiap bulan selama 10x.

Bagi yang hutang wajib mengikuti proses tersebut.

.......

P: bagaimna kalau yang hutang tidak dapat membayar sesuai dengan proses?

J: Diriwayatkan nabi pernah menyita barang saat yang meminjam uang tidak sanggup membayar. Dengan syarat barang yang diambil setara dengan Dengan uang yang dipinjam. Jika barang melebihi nilai uang yang dipinjam maka selisih lebihan uangnya wajib di kembalikan. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda.

.........

NB: di islam tidak boleh menunda hutang. Jika sampai meninggal masih berhutang dan tidak dibayarkan maka statusnya dalam islam penghutang tsb. adalah pencuri.
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@new.dreamer @CoZiA @phoezies istilah syariah muncul saat MUI menegaskan jika bunga floating itu hukumnya riba.

Dan nama syariah muncul seolah2 sebagai bank islami. Yang menurut saya g terlalu berbeda dengan bank konvensional lainnya. Hanya saja syariah menawarkan harga bunga flat.

Ya gan, cuma itu .. bunga flat.
profile picture
.soroga.
kaskus addict
@abdoes Penyitaan bisa masuk riba loh gan ... walaupun nilainya setara

Misalnya, ada nenek-nenek punya rumah ... estimasi nilainya adalah 150 juta.

Si nenek pinjam uang 100 juta untuk pengobatan anaknya, maka digadaikanlah rumah si nenek.

Pada akhirnya si nenek gak bisa bayar utang. Maka rumah disita dan digadaikan.

Laku rumahnya 150 juta.

Maka si nenek dapet 50 juta + hutangnya dihapus.

Riba? YES jika akhirnya karena hal itu maka si nenek kehilangan tempat satu-satunya dia bernaung.

Akhirnya si nenek harus ngontrak dan uangnya habis setelah 2 tahun ngontrak.

==============================

nah, agan bisa berkelit bahwa bunga kalau flat gak dibilang riba. Kenyataannya, pemuka agama agan menyebut semua bunga adalah riba.

Padahal bunga tidaklah sama dengan riba.
Tapi karena pemahaman apa riba itu terlalu dangkal, maka yang ditahu riba itu ya bunga.

Padahal tanpa bunga sebuah pinjaman juga bisa menjadi riba.

profile picture
abdoes
kaskus maniac
@.soroga. coba sebutin hadist yang mengatakan kalau penyitaan adalah riba.

Kalo riba yang ente maksud ada di kitab selain muslim.

Berarti g ush dilanjutin. Itu pemahaman anda. Silahkan anda jalani. Pemahaman saya, saya yang jalani.
profile picture
.soroga.
kaskus addict
@abdoes yeeee kan lu yang nanya gimana kalau orang gak bisa bayar utang.

Ya gw jawab kalau penyitaan pun bisa masuk riba dalam kondisi tertentu.

Gw gak ada bilang kalau di sekte elu penyitaan itu riba.
Ngapain lu nanya hadist
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@.soroga. oh .. ente salah baca. Itu pertanyaan yang ane kaitkan ama statement ente yang bilang 5 tahun g bayar utang jatuhnya riba.

Jadi ane nanya sendiri .. ane jawab sendiri. Jawabannya yang dibagian bawah soal penyitaan barang. Jadi jika yang hutang g sanggup bayar maka penghutang bisa menyita, jd penghutang juga g rugi ampe nunggu 5 tahun soal hutang yg g dbayar2.

Di note ya!! Tulisan ane sebelumnya g ada yg pertanyaan buat ente satupun.

Penyitaan bisa jatuh dalam kondisi riba seperti yang ane bilang kalo ada lebihan. Dan lebihannya g dikembalikan ke yang hutang.

.......

Btw sampel ente g nyambung ama riba. kalo hutang nenek itu lunas, dan lebihan dikembalikan. Maka tidak ada riba di nenek/pemberi hutang tsb.

Kan ente bilang penyitaan trmsk riba, walau setara. Saya minta hadist yg klaim spt. Atau mungkin di alkitab ente ada yang nulis spt itu. Jd bukan klaim sepihak atas pemikiran ente sendiri.

Mungkin sample ente itu lebih ke hati nurani aja. Dimana2 yg namanya impas ya kelar urusan. Apa hubungannya ama riba?
profile picture
.soroga.
kaskus addict
@abdoes lu yang jelas ngasih pertanyaan

Lu yang denial bilang gak nanya.

Aneh beud
profile picture
circlove
kaskus addict
Sekalipun bank berlabel syariah tetap pake bunga boskuh. Cuma beda dibesaran bunganya saja. Sekalipun dia buat bunganya cuma 0.05%, bunga yah tetap bunga, atau kalo harus minjem jargon yg lebih halus, riba yah tetap riba sekalipun 0.0005%. Strategi marketingnya cuma dibolak balik aja itu boskuh, tp tak ada yg namanya bank syariah di negara ini yg 100% Syariah. Ga tau kalo di negara lain. Embel2 syariah itu cuma ilusi dalam praktiknya
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@.soroga. dijelasin kok malah emosi. Tipikal bocah. Hehe .. itu contoh pertanyaan aja bambang. Bukan gw nanya ke elo. emoticon-Ngakak.

Udh gw edit biar g ada yg miskom lagi.
profile picture
abdoes
kaskus maniac
@circlove iya gan .. syariah cuma embel2 marketing supaya yang khawatir dngan sistem cicil jd ikut nyicil.
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 40 dari 54 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di