CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f640608a2d1952ba3495453/viral-curhatan-makan-permen-dari-bank-hukumnya-haram-publik-berdebat

Viral Curhatan 'Makan Permen dari Bank Hukumnya Haram', Publik Berdebat


Unggahan tentang hukum makan permen dari bank. (Twitter/@subtanyarl)
"Makan permen fasilitas Bank. Permen ini haram hukumnya dimakan, begitu juga air minum, makanan, hadiah tas, jam dinding dari bank..." demikian bunyi unggahan tersebut.

Sebuah unggahan tentang hukum mengambil permen yang disediakan sebuah bank menuai perdebatan publik. Pasalnya, unggahan itu menyebut bahwa mengambil fasilitas yang disediakan bank hukumnya haram

Unggahan itu dibuat oleh seorang warganet dan kemudian dibagikan oleh akun Twitter @subtanyarl untuk mengumpulkan pendapat publik mengenai klaim haram mengambil permen dari bank.

Sebuah gambar permen yang biasa disediakan di meja teller dan customer service bank dibubuhi keterangan bahwa makanan manis itu haram dimakan.

"Terlihat sepele?? Makan permen fasilitas Bank. Permen ini haram hukumnya dimakan, begitu juga air minum, makanan, hadiah tas, jam dinding dari bank... karena sluruh hutang berbuah manfaat, mau itu permen atau yang lain maka hukumnya riba.." demikian keterangan dari unggahan tersebut.

Keterangan dalam unggahan ini lantas memicu perdebatan publik. Banyak yang menganggap bahwa unggahan itu masih belum memiliki dasar yang kuat, namun ada pula warganet yang menyetujui tentang haramnya riba yang disebut dalam unggahan tersebut.

"Kalau semua bilang bank haram mending enggak usah pakai jasa bank deh. Nabung aja di celengan duit yang berjuta-juta, bank juga ambil buga sedikit untuk gaji karyawannya. Gue sebagai keluarga yang banyak kerja di bank engak senang dikatain begini melulu," tulis seorang warganet berpendapat.

"Sebetulnya masalah riba atau enggak tergantung sama akadnya, kalau dari awal udah setuju simpan uang di bank beserta bunganya ya enggak jadi riba, kecuali kalau bank enggak pernah bilang ada bunganya sama sekali terus tiba-tiba ada bunga jadilah riba, karena bunga jatuhnya bayarin jasa kepada bank, CMIIW," warganet lain berpendapat.

"Begini nder, tolong koreksi ya kalau salaj. Dulu pas aku belajar agama, bank itu emang jatuhnya kayak riba kan, makanya dibilangnya haram. Makanya ada syariah yang non bunga. Pajak juga begitu. Mau dibilang haram, ya wallahu a'lam karena dari dulu kan riba itu enggak boleh," tulis warganet.

"Makanya kita disuruh hati-hati, cuma zaman sekarang kan enggak bisa kita hidup tanpa bank/pajak, jadi bismillah aja kalau mau menggunakan 2 hal tersebut. Kalau memang mau berhati-hati ya sudah pindah saja ke syariah, atau hal-hal yang dari bank enggak usah diambil/dipakai," imbuh lainnya.

Ada pula warganet yang langsung bertanya kepada guru agamanya tentang hukum memakan permen dari bank tersebut.

"Hukum bunga bank berdasarkan para ulama antara lain: sebagian ulama mengharamkan bunga bank, sebagian yang lain bunga bank hukumnya mubah," demikian jawaban guru agama tersebut dengan memaparkan perbedaan pendapat ulama tentang hukum riba dan menggunakan barang dari bank.

Sumber : https://www.suara.com/news/2020/09/1...ublik-berdebat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 19 lainnya memberi reputasi
Kalo makan permen, beli sendiri di toko halal atau haram? Mengingat uang yg kita pake (uang kertas) itu katanya ga syar'i trus toko tersebut kemungkinan pake uang pinjaman dan ada simpanan di bank yg pake riba, begitu jg dgn pabrik permen pasti dibangung dan beroperasi pake riba

Penggiat Dinar dan Dirham: Pakai Uang Kertas Itu Haram!
- detikFinance
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 10 lainnya memberi reputasi
profile picture
autumnfairy
kaskus holic
udah pasti haram gan. Naik mobil buatan kafir, pesen gojek pake hp kafir yg uangnya pake gopay (riba), semuanya haram.

Makanya kita dianjurkan nanam kurma buat dimakan sama piara onta biar bisa buat kendaraan juga. Ga punya lahan? Beli kebun syariah.
profile picture
@autumnfairy makanya gw dr dl bilang, drpd boikot2 israel dll, drpd minta semua bikin brg halal mendingan mui, oic dll bikin aja produk2 yg kualitas, harga setara bahkan lbh baik dr kafir dan terjamin pula kehalalannya
Kl kualitas dan harga lbh baik, bahkan yahudi dan kafir lainnya jg bakal beli produk2nya kok
profile picture
erinbronkovic
kaskus addict
@autumnfairy @firewallshop

Dikita bikin sendiri juga di tolak gan, tuh banyak dari dulu..

Alat terapi kangker si warsito
Mobil listrik si elson
Kompor ramah lingkungan si Nurhuda
Jet Engine Bracket, si arfian dan ari
teknologi broadband 4G LTE si khoerul anwar

Itu semua ditolak di indo, ga diakui. tapi sangat di terima di luar negeri, bahkan di beli.

Trus si kusrin lulusan sd bisa ngerakit tv di penjara..

profile picture
Sebenernya ini adalah jebakan orang non muslim supaya bisa menguasai Perbankan di Indonesia, mreka yang pertama kali menghembuskan teori kerja di Bank Riba, sehingga orang muslim berbondong2 resign, sehingga perbankan dapat dikuasai non muslim, yang kemudian perekonomian indonesia dikuasai non muslim.. lalu mreka bisa mengatur kehidupan orang muslim dan menjadi penguasa indonesia, jadi ntar indonesia kya singapur, mayoritas islam, tapi gembel semua.. yang berduit orang2 non muslim
profile picture
axcelcrypto
kaskus holic
GABOLEH BAHAS DISINI, NANTI ADA YANG BAPER.
profile picture
wildanmaol
aktivis kaskus
@firewallshop @autumnfairy cerdas bgt gan ini...
profile picture
anan234
kaskuser
@temon007 out of the box
profile picture
Sudah ada bank syariah kan, jadi buat sahabat muslim sebenernya udah tau mana haram mana halal. Muslim yang taat ane rasa gak bakal masuk Bank yang bukan syariah jadi gak perlu makan permennya juga
profile picture
autumnfairy
kaskus holic
@temon007 twist point nya begitu ye ternyata hahahaha
profile picture
LaserBreak 
PC Games Enthusiast
@ternyataenak Bank syariah yg mana? lu tau kan itu bank syariah didirikan dan dibiayai pake duit hasil dari bank konvensional yg katanya riba
profile picture
@ternyataenak @LaserBreak bener jg, kl modalnya haram jd ikut haram ya
profile picture
Miduun
kaskus addict
@ternyataenak @LaserBreak wakwak anjay mo ke bank syariah ternyata pake modal pinjaman dari bank konvensional, ribet bgt idup ini cok wkawkak
profile picture
Miduun
kaskus addict
@autumnfairy nah kalo yg punya kebun dulu belinya pke utang bank, cth pns gmn tuh kwakwkak
profile picture
@LaserBreak @firewallshop Ribet bener, baru tau ane gan, udahlah mau halal nabung aja dicelengan babi
profile picture
@LaserBreak @ternyataenak

Mohon maaf, nyimpen uang di celengen bentuk babi juga haram...

Lebih lanjut, Dr. Ir. Mulyorini R. Hilwan, M.Si, mengungkapkan bahwa hal tersebut kemudian diperkuat oleh Surat Keputusan Direktur LPPOM MUI dengan nomor : SK46/Dir/LPPOM MUI/XII/14. Pada keputusan itu dijelaskan nama dan bentuk produk yang tidak dapat disertifikasi halal.

Adapun dari segi bentuk, produk tidak dapat disertifikasi apabila berbentuk hewan babi dan anjing ataupun bentuk produk atau label kemasan yang sifatnya erotis, vulgar dan/atau porno. (YS)

profile picture
@LaserBreak @firewallshop Masya Allah baru tau ane gan
profile picture
LaserBreak 
PC Games Enthusiast
@Miduun @ternyataenak Kalau nggak mau berurusan sama riba tinggal ditengah hutan atau goa aja cuk emoticon-Ngakak

Katanya islam agama yg mempermudah tapi dibikin ribet sendiri sama umatnya kang haram dikit2 harom emoticon-Leh Uga

Kalau mau dipelajari lebih jauh lagi sih karena menurut kang haram bank itu identik dengan riba maka harusnya segala kegiatan dengan bank itu sendiri udah haram hukumnya. Buka rekening bank haram, pake mesin atm haram, bahkam transfer zakat lewat rekening bank pun juga haram emoticon-Leh Uga

Lucunya kang haram ini nggak bisa kasih solusi cuma bisa teriak haram horom aja begitu ditanya solusi pasti jawabannya "kalau ada niat pasti Allah kasih jalan" emoticon-Wakaka
profile picture
@Miduun @LaserBreak harusnya yang dipikirin solusinya dulu yah gan baru label haramnya hahaha Ane tertarik aja gimana caranya sahabat2 muslim menghindari riba yang ternyata bank syariahpun katanya cuman beda istilah aja sama bank konvensional
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 18 dari 18 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di