CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Rumah Ibadah Jemaat di Cikarang Didatangi Warga, Ini Penjelasan Polisi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f63701a9a972e638c2dc967/beredar-rumah-ibadah-jemaat-di-cikarang-didatangi-warga-ini-penjelasan-polisi

Beredar Rumah Ibadah Jemaat di Cikarang Didatangi Warga, Ini Penjelasan Polisi




Beredar video kegiatan ibadah di sebuah rumah diprotes warga. Peristiwa itu terjadi di sebuah rumah di kompleks Perumahan Serang Baru, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan membenarkan adanya peristiwa itu. Insiden itu terjadi pada Minggu (13/9). Saat ini, sudah diselesaikan di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

"Kami ada Dandim, diwakili Danramil. Saya Kapolres. Terus Pak Bupati diwakili Kabag Kesbangpol, dan asisten 1. Ditambah lagi FKUB dari Nasrani, dari warga, dari HKBP karena Pak Sirait yang beribadah di sana itu dari HKBP," ujar Hendra, saat dihubungi Rabu (16/9).

Hendra mengatakan tidak ada aksi anarkitis. Menurut dia yang penghalangan sejumlah warga tanpa adanya tindak kekerasan fisik atau pun verbal.

Lebih lanjut Hendra juga mengatakan para warga ini protes rumah hunian dijadikan tempat ibadah Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang salah satu pengurusnya bernama Sirait.

Awal mulanya itu adalah, ada rumah hunian yang diubah fungsinya untuk menjadi tempat ibadah, sementara legalitasnya belum terpenuhi, beberapa sudah dilakukan musyawarah, dan tidak ada titik temu," ujar Hendra.

"Dan yang terakhir sementara belum ada titik temu, sudah ada perjanjian untuk tidak ada ibadah dulu di sana, tapi dari teman-teman nasrani tetap mengadakan ibadah. Jadi terjadilah seperti itu," lanjut Hendra.

Hendra juga mengatakan, pada dasarnya para warga Perumahan Serang Baru tidak melarang adanya aktivitas keagamaan. Tapi, yang menjadi persoalan adalah legalitas alias izin yang harus dikeluarkan oleh pemda setempat.

"Karena belum ada izin, dari warga menyampaikan kami tidak melarang atau tidak berkenan akan ibadahnya. tapi yang kami tidak berkenan adalah tempat itu, tidak dijadikan tempat ibadah. Sebelum ada izin dari pemerintah daerah atau yang berwenang," kata dia



Hendra mengatakan sebagai aparat keamanan, institusinya hanya bisa merekomendasikan agar kasus serupa tak terulang.

Saya sifatnya hanya rekomendasi, karena yang mutuskan pemda ya, saya merekomendasikan pertama adalah, pemda atau negara harus hadir untuk menyelesaikan permasalahan ini. Yang kedua, tolong dibuatkan tim kecil, yang terdiri dari seluruh elemen yang terkait dengan masalah ini, dari warga dari gereja dari FKUP, dari polsek, dari pemerintah daerah, dari koramil, dari kecamatan, dari desa, tim kecil," ujar Hendra

"Merumuskan bagaimana memberikan fasilitas kepada pak Sirait dalam menjalankan ibadahnya tanpa melanggar aturan yang berlaku," lanjut Hendra.


______ https://m.kumparan.com/amp/kumparann...si-1uDE19w0rc9



_______
tolong di baca berita sampai selesai baru komen

tolong akal dan pikiran di pakai, itu pun kalau masih punya isi kepala


komen yg beradab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
franstolili dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silvanyfatwa
Rupa rupanya banyak Penyembah kancut dan berhala coli berjamaah di sini

Ketahuan sifat mereka

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abahsange69 dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture


daripada situ penyembah pedofil nan barbar yang keluar dari goa halu ngira ketemu malaikat padahal yang dia temui itu saitonnn yang menyamar...

TAKE BEERRRR....
profile picture
darck91
kaskus addict
@arthemesia HELL IN YOU, YEAH!!!
profile picture
@darck91 BURN IN HELL YOU, SUBHAHENOLLLL......
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di