CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Yuk Tanam Daun Bawang Sendiri Dan Ikuti Tips Dan Trik Dari Ane, Dijamin Ngirit !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5cd4609775133aea3082fd/yuk-tanam-daun-bawang-sendiri-dan-ikuti-tips-dan-trik-dari-ane-dijamin-ngirit

Yuk Tanam Daun Bawang Sendiri Dan Ikuti Tips Dan Trik Dari Ane, Dijamin Ngirit !


Bercocok tanam sebenarnya bukan hobi ane, tapi sejak masa pandemi ini, karena terlalu sering berada di rumah entah kenapa ane jadi suka sekali bercocok tanam, menanam berbagai janis tanaman bermanfaat. Bisa dibilang sebenarnya bercocok tanam adalah bentuk kegiatan pengalihan pikiran, ya dari pada ane gabut sama sekali ga ada kegiatan dan jadi berpikir macam-macam lebih baik ane melakukan hal bermanfaat di rumah, ya salah satunya ini bercocok tanam.

Jika kebanyakan orang lebih tertarik untuk bercocok tanam berupa bunga atau tanaman hias lainnya untuk mempercantik halaman rumah, kalau ane lebih tertarik untuk menanam tanaman yang bisa di panen. Selain bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, bisa dibagikan ke sanak saudara juga kan kalau hasilnya banyak. Jadi double manfaat kan.

Nah tanaman bermanfaat yang mulai ane tanam sejak masa pandemi salah satunya adalah Daun Bawang. Daun Bawang ini sangat mudah sekali untuk di budidayakan, karena ane sudah mempraktekannya sendiri. Di thread event menulis kaskus kreator kali ini, ane ingin sekali membagikan beberapa tips dan trik membudidayakan tanaman Daun Bawang menggunakan media polybag. Sebelum ane mulai membagikan tips dan triknya, silahkan lihat tanaman Daun Bawang di depan rumah ane ini, subur-subur sekali. Siapa tau setelah melihat hasil tanaman ane, kalian jadi semakin tertarik untuk mengikuti tips dan triknya.

sumber : dokumen pribadi

Sebenarnya media tanam nya tidak wajib harus menggunakan polybag, media seperti botol, ember, pot juga bisa, yang penting diameter dari media tanam nya berukuran lebih dari 15 cm. Untuk menanam Daun Bawang 2 tahap persiapan yang perlu dilakukan :
1. Persiapan Media Tanam
Tanah yang bagus untuk digunakan sebagai media tanam adalah tanah yang subur, gembur, dan mengandung banyak unsur hara. Jadi gunakanlah tanah jenis tersebut lalu dicampur dengan pupuk kandang/kompos dengan komposisi 1:1 . Tips dari ane, jangan pernah menyiapkan media tanam dan melakukan penanaman bibit di hari yang sama, hasilnya tidak akan bagus. Media tanam yang bagus harus di diamkan dulu di tempat teduh kurang lebih 5-7 hari sebelum ditanami bibit. Ini dilakukan supaya antara tanah dan pupuk kompos lebih menyatu.
2. Persiapan Bibit

Kalian tidak perlu bingung-bingung mencari bibit daun bawang unggul, cukup beli daun bawang yang masih memiliki akar utuh di pasar. Karena di pasar semua penjual daun bawang pasti menjual daun bawang utuh dengan akar-akarnya. 


sumber : dokumentasi pribadi
Ini adalah contoh daun bawang yang ane beli di pasar. Saran dari ane dalam 1 polybag tanam 3-4 batang daun bawang saja. Karena kalau terlalu banyak batang daun bawang yang ditanam pertumbuhannya tidak akan maksimal. 

sumber : dokumentasi pribadi

Ini adalah contoh bibit Daun Bawang yang sudah siap ditanam. Sebenarnya menanam bibit daun bawang tanpa dipotong bagian atasnya juga bisa, karena ane sudah pernah mencobanya, tapi untuk hasil yang lebih maksimal lebih baik potong ujung daun bawang hingga menyisakan panjang kira-kira 12 cm, karena dengan cara ini tunas baru akan lebih cepat tumbuh, dan tunasnya akan tumbuh dari dalam daun yang ujungnya kita potong tadi. 

Nah, setelah media tanam dan bibit siap, sekarang kita masuk ke tahap penanaman bibit, tidak ada metode khusus, kalian tinggal membuat lubang di media tanam seukuran bibit yang hendak ditanam lalu setelah bibit ditanam bagian bawahnya di tekan-tekan supaya lebih padat dan kokoh tanah nya, setelah itu siram dengan sedikit air, ingat sedikit saja. 

Ini adalah tips paling penting, ingat setelah daun bawang di tanam, tempatkan polybag di tempat teduh kurang lebih 5 hari supaya bibit  tidak rusak. Dan waktu yang tepat untuk menanam bibit adalah sore hari, supaya tanaman tidak langsung terpapar sinar matahari. Setelah 5 hari di tempat teduh, bibit sudah semakin kuat, kalian sudah boleh mengeluarkannya kedepan rumah atau ke tempat terik matahari lainnya. 


sumber : dokumentasi pribadi
Dan tips terakhir dari ane, untuk perawatan tanaman Daun Bawang adalah pastikan kondisi media tanam di polybag tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembap. Jadi jika sudah terlihat mengering siramlah, namun jangan terlalu banyak menyiram air supaya media nya tidak lembap. Media yang lembap akan sangat berbahaya bagi tanaman, karena bakteri dan jamur sangat mudah tumbuh dengan cepat di media lembap. Dan jika selama masa perawatan kalian menemukan ada 1 batang/akar yang busuk segera buang atau pindahkan akar busuk tersebut jangan sampai menulari batang/akar yang lain.

Demikian tips dan trik penanaman Daun Bawang yang bisa ane bagikan sesuai dengan pengalaman ane selama ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua, dan silahkan mencobanya dirumah nanti. Lumayan kan kalau punya tanaman Daun Bawang sendiri, tidak perlu beli tinggal petik di samping rumah, masih segar lagi. Selamat mencoba.

sumber : pengalaman pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sinsin2806
Kalo beli tanahnya yg campuran gak usah di diemin dulu kan?! Aku baru mau coba tanam2 emoticon-Big Grin
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
gausah gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di