CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Rekomendasi 10 Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Mana Yang Paling Seram?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5b3eaca2d1956a766c3752/rekomendasi-10-film-horor-indonesia-terbaik-sepanjang-masa-mana-yang-paling-seram

Rekomendasi 10 Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Mana Yang Paling Seram?

Tak bisa dipungkiri genre horor adalah genre yang paling digemari di perfilman Indonesia bersama dengan genre romansa atau percintaan. Menilik sejarahnya, film horor Indonesia mempunyai sejarah yang cukup panjang dan bahkan film horor sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Diketahui film horor Indonesia pertama adalah Doea Siloeman Oeler Poeti en Item (1934). Kemudian memasuki awal kemerdekaan film horor lokal mulai menurun hingga pada 1970an dimulailah masa yang produktif bagi sineas Indonesia yang memproduksi film horor dari sekitar 1970 sampai sekitar 1990, sekitar puluhan judul film horor diproduksi dan yang menjadi ikon pada masa itu adalah Suzzanna.

Nah, yang akan dibahas singkat dalam thread ini adalah tentang sepuluh film horor Indonesia terbaik sepanjang masa dan merupakan opini ane dan rekomendasikan bagi agan yang ingin menonton film-film horor lokal terbaik. Langsung saja ini dia daftarnya.


1. Pengabdi Setan 2017/1980

Sudah jelas di nomor satu ada Pengabdi Setan. Karena ada dua versi Pengabdi Setan ane masukan dua-duanya. Bagaimana tidak? Baik yang versi original maupun yang reboot sama-sama bagusnya dan tidak begitu banyak ada film remake/reboot yang mampu melampaui versi originalnya. Pengabdi Setan 1980 disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra mampu menjadi cult-film karena keseramannya. Sementara versi reboot arahan Joko Anwar mampu menaikan level film Horor ke tingkat yang lebih tinggi.

2. Ratu Ilmu Hitam 2019/1981

Versi originalnya yang disutradarai oleh Lilik Sudjio begitu terkenal dan mendapatkan beberapa penghargaan di ajang FFI pada masa itu. Film yang dibintangi oleh Suzanna ini memang banyak adegan yang sulit dilakukan pada masa itu dengan menggunakan teknik practical effect. Sementara itu versi reboot yang dirilis pada 2019 garapan Kimo Stamboel juga tak kalah gilanya tapi juga punya cerita yang bagus.

3. Jelangkung (2001)

Merupakan film yang mampu membangkitkan genre horor di perfilman Indonesia dan memberikan ciri khas dan nuansa baru pada film horor Indonesia. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan Jose Poernomo. Sesuai dengan judulya, Jelangkung bertemakan urban legend tentang ritual pemanggilan arwah. Sekelompok pemuda melakukan ritual permainan Jelangkung yang berujung fatal. Film ini termasuk menyeramkan di masanya dan sukses menarik banyak penonton.

4. Rumah Dara (2010)

The Mo Brothers (Kimo Stamboel dan Tim Tjahjanto) adalah sutradara yang tak segan mengumbar kebrutalan. Mereka terkenal karena salah satu karya, Rumah Dara (2010. Film bergenre horror-slasher. Film Rumah Dara berkisah mengenai sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama "Dara". Sepanjang film akan merasa ngeri lewat naunsa dan adegan yang dibangun.

5. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Merupakan ide orisinal dari seorang Joko Anwar yang bercerita tentang sebuah kutukan di suatu desa terpencil bernama Harjosari. Dibintangi oleh Tara Basro, film ini mampu memberikan nuansa mencekam terutama dari akting seorang Christin Hakim yang berperan sebagai antagonis. Film ini juga diputar di beberapa festival film di luar negeri dengan sambutan yang cukup baik.

6. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Suzzanna adalah ikon horor Indonesia di era 1980an dan film-filmnya menjadi ikonik hingga sekarang. Sementara itu upaya untuk mengenang kembali dihadirkan film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur para 2018 yang dibintangi oleh Luna Maya. Mengusung horor klasik di mana arwah melakukan balas dendam, film ini mampu menarik tiga juta penonton ke bioskop dan jadi film horor Indonesia kedua terlaris setelah Pengabdi Setan.

7. Kafir: Bersekutu Dengan Setan (2018)

Merupakan versi reboot dari versi 2003 yang bisa dibilang secara kualitas memang kurang. Tapi untuk versi yang satu ini bisa dibilang berhasil. Disutradari oleh Azhar Kinoi Lubis, film ini memang tidak terlalu seram namun menegangkan. Cerita dimulai ketika suatu keluarga yang harmomis, di suatu makan malam sang Bapak tiba‑tiba kesakitan dan sebelum mati ia mengeluarkan beling dari mulutnya. Sejak saat itu, kedamaian keluarga itu mulai terusik. Nilai jual dari film ini adalah alur cerita yang rapi, sinematografi, dan juga visual effect.

9. Tusuk Jelangkung (2003)

Merupakan sekuel dari film Jelangkung pertama dan digarap oleh Dimas Jayadiningrat serta skenarionya ditulis oleh Upi Avianto yang kelak terkenal karena kesuksesan film My Stupid Boss. Dalam sekuelnya ini alur ceritanya pun menjadi lebih intens walaupun premisnya hampir sama dengan film pertama yaitu sekelompok orang yang melakukan ritual jelangkung. Untuk seterusnya sekuel-sekuel Jelangkung memang terlihat dipaksakan dan kualitasnya menurun

10. Pocong 2 (2006)

Film pocong pertama dikabarkan gagal tayang karena tidak lolos sensor Lembaga Sensor Film (LSF). Dikatakan film pocong pertama terlalu brutal. Akhirnya dibuatlah film Pocong 2 pada 2006 sebagai penggantinya. Film ini disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan dibintangi oleh Revalina S Temat dan Ringo Agus Rahman. Pocong 2 berkisah tentang dua perempuan yang bernama Maya dan Andin (adik Maya) yang menempati apartemen baru yang mereka sewa. Di apartemen tersebut, Andin terus-terusan diganggu Pocong, serta banyak terjadi kejadian-kejadian aneh.

Nah, itu dia gan rekomendasi sepuluh film horor Indonesia terbaik versi ane. Ada yang mau nambahin? emoticon-Big Grin

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cintadine


Kira kira film pendek horror buatan gua bagus gak kalo diangkat ke layar lebar.......


Judul film : Rakminah aka BIADAB

Durasi : 8 menit

Sutradara : A. Davinof W

Copyright©ANDAWA FILM 2020


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh davinof
profile picture


Banyak orang berpikir ini film horror garapan Joko Anwar, ternyata bikinan Kaskuser

emoticon-Matabelo
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di