CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Jurusan Dengan Keketatan Penerimaan Tertinggi Di Universitas Indonesia (SBMPTN)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5a07e6365c4f7d6a5d665d/jurusan-dengan-keketatan-penerimaan-tertinggi-di-universitas-indonesia-sbmptn

Jurusan Dengan Keketatan Penerimaan Tertinggi Di Universitas Indonesia (SBMPTN)

 

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas soal dunia kuliah atau tepatnya proses masuk kuliahnya. Yap, karena sebentar lagi ane akan memasuki gerbang perkuliahan dan mungkin bakal jarang ngaskus jadi sekarang mungkin ane akan puas puasin nulis dulu hehe. Nah, di thread ini ane akan membahas tentang jurusan yang paling ketat soal penerimaannya. Yang ane maksud ketat disini bukanlah yang paling susah berdasarkan passing grade. Namun berdasarkan banyaknya jumlah pendaftar yang berbanding terbalik dengan kuota jurusan jurusan ini yang sangat sedikit.


Kampus yang akan ane bahas adalah kampus impian ane yang gagal ane dapet nih gan alias Universitas Indonesia. Mungkin sudah mutlak kalau UI disebut sebagai universitas / perguruan terbaik di Indonesia secara rata rata (terutama Kedokteran dan FISIP nya). Dan tentu masuk UI ini sangat susah secara passing grade untuk banyak jurusannya seperti Kedokteran, Aktuaria, Hubungan Internasional, hingga Hukum. Namun bukan hanya sulit karena passing grade, melainkan juga ada beberapa jurusan yang secara kuota sangat sedikit dan menghasilkan persaingan yang sangat ketat. Maka dari itu, ini dia gan Jurusan Dengan Keketatan Penerimaan Tertinggi Di Universitas Indonesia (SBMPTN)

1. Farmasi


Di urutan pertama, ada salah satu jurusan terfavorit di rumpun saintek dan bisa dibilang sebagai jurusan / fakultas baru juga di UI. Yap, Farmasi. Farmasi adalah jurusan yang banyak berkecimpung di dunia obat obatan dan juga Kimia related. Memang, kampus dengan Farmasi terbaik di Indonesia bukan UI tapi ITB. Namun, secara keketatan Farmasi UI juga enggak kalah. Berdasarkan data SBMPTN 2020, Farmasi UI hanya menampung / memiliki kuota sebesar 18 namun pendaftarnya mencapai angka 1059 orang.

2. Arsitektur


Berikutnya, salah satu prodi paling terkenal dan juga banyak sekali diincar dari dulu hingga kini di ranah Fakultas Teknik. Yap, Arsitektur. Arsitektur UI juga banyak dikenal melalui salah satu alumni nya yaitu Nicholas Saputra. Selain itu di FT UI Arsitektur juga menjadi salah satu jurusan yang paling sedikit kuota nya tapi disisi lain juga sangat banyak pendaftarnya. Dan yap, di tahun 2020 berdasarkan data SBMPTN 2020, Arsitektur UI hanya menampung / memiliki kuota sebesar 18 namun peminatnya menembus angka 806 pendaftar.

3. Ilmu Komunikasi


Sekarang beralih ke ranah soshum. Ada salah satu jurusan yang dari tahun ke tahun selalu menjadi salah satu jurusan terfavorit di dunia soshum. Yap, Ilmu Komunikasi. Kini Ilmu Komunikasi menjadi prodi terfavorit di berbagai kampus di Indonesia baik negeri maupun swasta. Dan mungkin bisa dibilang kalau UI menjadi kampus dengan prodi Ilmu Komunikasi terbaik dan terfavorit di Indonesia. Pasalnya, Ilmu Komunikasi menjadi prodi dengan keketatan tertinggi untuk SOSHUM menurut data SBMPTN 2020. Yap, kuota Ilmu Komunikasi UI hanya ada 24 namun pendaftarnya hingga 2988.

4. Hubungan Internasional


Dan akhirnya kita sampai, di jurusan impian ane seumur hidup yang gak kesampaian sama ane. Bahkan gak daftar karena gak direstui ortu. Yap, ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Jurusan yang identik dengan para diplomat dan kedutaan. Bisa dibilang, hampir di semua kampus HI menjadi jurusan soshum terfavorit bersama Manajemen dan Hukum. Dan bisa dibilang UI menjadi kampus dengan HI terbaik. Makanya tak heran, dari 18 kuota penerimaan untuk jurusan ini di UI, pendaftarnya mencapai angka 1627 menurut data SBMPTN.

5. Teknik Biomedis


Dan terakhir, jurusan yang mungkin gak se familiar berbagai jurusan diatas. Namun, cakupan dan ilmu yang dipelajari menurut ane keren. Yap, Teknik Biomedis. Prodi yang masuk didalam FT UI dan dibawah departemen Teknik Elektro. Singkatnya kalau yang ane liat dari Youtube, jurusan ini mempelajari pembuatan alat dan teknologi yang membantu dunia kedokteran dari sisi teknik dan elektro. Jurusan ini juga memiliki kuota yang sangat sedikit. Yap, cuma 12. Namun pendaftarnya mencapai angka 210.

Sumber:

https://rencanamu.id/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/daya-tampung-ui-pada-sbmptn-2020-beserta-prediksi-passing-grade-skor-utbk

https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/14/164749671/10-prodi-soshum-dengan-keketatan-tertinggi-di-sbmptn-2020?page=all

https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/14/162556471/10-prodi-saintek-dengan-keketatan-tertinggi-di-sbmptn-2020?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pcjames
KEDOKTERAN lah.
jelas itu.
emoticon-Traveller
Diubah oleh rhodrey
profile picture
Ranchufish
kaskus maniac
uda ga laku kedokteran..
😬😬.

mana mahal kan
profile picture
rhodrey
kaskus holic
@Ranchufish
kedokteran hewan kalik yang ga laku
emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di