CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Donasi Uang Kembalian Indomaret Ternyata Digunakan Untuk Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f588cdafacb953fa82d92af/donasi-uang-kembalian-indomaret-ternyata-digunakan-untuk-ini

Donasi Uang Kembalian Indomaret Ternyata Digunakan Untuk Ini

mbak-mbak kasir Indomaret. foto : Google

Selain doyan menawarkan promo dan nawarin isi pulsa, kasir Indomaret juga sering minta uang kembalian buat didonasikan. Terus kemana larinya uang hasil donasi itu? Apakah benar didonasikan atau malah dipake buat mbak-mbak kasir beli make up?

Ketika kita belanja di minimarket seperti indomaret pasti sering dapat pertanyaan apakah uang kembalian boleh didonasikan. Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh kasir saat ada uang recehan di kembalian kita. Uang receh Rp300 perak, Rp200 perak, Rp100 perak dan Rp50 perak inilah yang bakal diminta buat didonasikan.

Melihat kondisi ini saya jadi punya nilai plus buat penjaga kasir Indonatmret. Selain menawarkan promo atau isi pulsa, mbak-mbak atau mas-mas penjaga kasir minimarket ternyata juga ahli minta donasi.

"300 rupiahnya boleh didonasikan mas?," ucap sang penjaga kasir dengan penuh kelembutan.

Dalam kondisi demikian, tentu kita sebagai customer tidak bisa menolak. Apalagi jumlah yang diminta buat donasi tidak seberapa. Kalaupun maksa minta kembalian malah kasihan kasirnya. Masak Rp300 perak diminta, mending buat donasi hitung-hitung nambah amal.

Tapi, dibalik kondisi yang umum terjadi ini kerap menimbulkan pertanyaan dari custimer. Bukannya apa-apa, kita sebagai customer juga berhak tahu kemana larinya uang recehan kita yang diminta buat donasi. Jangan-jangan, uang kembalian kita malah didonasikan ke kelompok teroris lagi.

Kepala Bagian Program dan Pelaporan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Cecep Sulaiman mengungkapkan, ada program Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) yang dikelola oleh Kemensos. Uang hasil donasi konsumen Indomaret itu masuk ke dalam salah satu PUB yang bekerja sama dengan Kemensos.  

“Kalau belanja di Indomaret terus ada kembalian Rp 200 atau Rp 100 atau Rp 50 itu didonasikan saja ya. Nah itu termasuk salah satu upaya-upaya (PUB) dan semua dilakukan secara akuntabel. Dan ini penyalurannya disalurkan salah satunya melalui Kemensos,” kata Cecep dikutip dari berbagai sumber.

Cecep mengatakan tidak menutup kemungkinan Indomaret atau yang lainnya melakukan pengumpulan dana bekerja sama dengan pihak lain. Namun, ia menjamin PUB Indomaret yang bekerja sama dengan Kemensos dipastikan tepat sasaran. 

Cecep mengungkapkan di tahun 2019-2020 program Indomaret tersebut, dananya disalurkan salah satunya kepada masyarakat di pedalaman dengan membangun saluran air bersih, balai sosial, rumah, sampai jamban atau toilet umum. Selain ke Kemensos, uang donasi itu juga mengalir ke PMI atau lembaga filantropi lainnya. 

Pernyataan resmi dari Kemensos ini tentunya melegakan saya dan jutaan customer dari Indomaret di seluruh nusantara. Tentunya setelah ada pernyataan ini kami selaku customer tidak bertanya-tanya lagi.

Lega rasanya sudah terjawab pertanyaan, untung saja saya tidak pernah suudzon kepada Indomaret.

Pernyataan dari Kemensos ini nampaknya benar. Pasalnya saat saya coba search di Google, saya menemukan beberapa berita terkait uang donasi customer Indomaret yang disalurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Kalo tidak bisa percaya begitu saja, simak hasil screenshoot saya dibawah ini.



Bukan hanya pihak Indomaret saja. Donasi dari kembalian customer juga diberitakan beberapa media nasional,



Tulisan : wicaks227
Referensi : Opini Pribadi, 1 , 2 , 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wicaks227
Mmm ternyata uang donasi rakyat yg di pake utk pembangunan...uang pajak dikorup😁, pinter2 dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahyaruddin dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
awan.pagi
aktivis kaskus
Yg swasta malah yg bantu bingung yak emoticon-Ngakak
profile picture
faris1234
kaskus addict
Jangan2 pembangunan jalan ditempat wa pake uang donasi indomaret juga😁gila bener😁
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di