CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f59b31a82d4954cca10649e/relawan-vaksin-sinovac-malah-positif-covid-19

Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19



Seorang relawan vaksin virus corona malah terpapar Covid-19. Hal ini terjadi saat ia melakukan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah.

Kondisi ini diketahui saat hendak disuntik vaksin tahap kedua.

"Jadi dia sudah disuntik, suntik pertama kali. Kemudian pergi ke Semarang, pas pulang dicek lagi swab-nya positif," ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Universitas Padjajaran, Kusnandi Rusmil, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Resmi! Jakarta Balik PSBB Total

Ia menegaskan, jika relawan itu tertular corona bukan dari vaksin pertama yang disuntikkan.

"Positif bukan dari vaksin, kalau dari vaksin kan itu virus yang mati. Dia kontak (pergi) ke Semarang," kata Kusnandi.

Meski begitu, relawan itu tak dikeluarkan dari uji klinis yang dilaksanakan. Tapi, pihaknya akan memberikan jadwal penyuntikan ulang, usai kondisi fisik relawan pulih kembali.

"Kalau di penelitian memang kalau yang positif di awal (sebelum penyuntikan) enggak boleh ikut. Tapi kalau dia positif karena pergi dari mana-mana itu akan kita suntik ulang, tapi dengan pemantauan," jelas dia.

Lebih lanjut, Kusnandi mengungkapkan hingga kini sudah ada 450 orang yang telah mendapatkan suntik vaksin dari Sinovac, China. Sebanyak 200 relawan mendapatkan suntikkan yang kedua, dan 250 lainnya baru menjalani penyuntikan pertama.

"Sampai sekarang belum ada yang masuk ke rumah sakit karena sakit, semuanya biasa saja. Keluhannya demam sedikit, nyeri yang dalam dua hari hilang," kata dia.

"Seperti suntik biasa-biasa saja di puskesmas kalau mau imunisasi, demam minum parasetamol, nyeri nanti hilang dalam dua hari. Kita ikuti kan setelah suntik 30 menit pertama kita lihat, ada alergi atau tidak, ada memar atau tidak, terus dihubungi lagi dua hari berturut-turut dengan telepon," imbuh Kusnandi.

tusbol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dorian.gray dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Sebentar, vaksin itu kan bukan penangkal, tapi "peredam" emoticon-EEK!

Artinya, biar udah divaksin bukan berarti gak mungkin positip emoticon-EEK!

Tetap bisa positip kalau terpapar langsung, hanya saja virusnya udah gak membahayakan tubuh karena udah dikenali imun kita emoticon-EEK!

















































emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sr00n3y dan 8 lainnya memberi reputasi
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
vaksin kog peredam.....
profile picture
rp.1000000
kaskus maniac
@motorhead
Lalu fungsi vaksin itu apa? emoticon-Malu

Vaksin itu bukan antivirus emoticon-Malu











































emoticon-Malu
profile picture
tonidookie
kaskus maniac
@motorhead @rp.1000000
Aksesoris kesehatan,mau ape lo?
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 pas sekolah, ada pelajaran biologi yang bahas ttg vaksin, situ kemana?
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 @tonidookie aksesoris itu apa?
profile picture
rp.1000000
kaskus maniac
@motorhead
Oh ya? emoticon-Malu

Lalu pelajaran mana yang menyebutkan kalau vaksin itu antivirus atau penolak penyakit? emoticon-Malu

Vaksin itu untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit, bukan penolak penyakit emoticon-Ngakak (S)

Artinya, biar udah divaksin, tetap bisa terpapar penyakit itu, hanya saja tubuh udah kebal,
Sekali lagi, vaksin itu bukan antivirus emoticon-Ngakak (S)

















































emoticon-Ngacir
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 pelajaran mana yang bilang vaksin adalah peredam?


(sorry g make enter lama lama, bukan orang kampung)
profile picture
rp.1000000
kaskus maniac
@motorhead
Diksi peredam emang kurang tepat, karena ane gak nemu kata yang benar2 pas, makanya ane pake tanda kutip emoticon-Ngakak (S)

Yang pasti, vaksin bukan antivirus yang menolak virus masuk ke tubuh emoticon-Ngakak (S)

Jadi, sungguh bodoh kalau berpikir habis divaksin, virus akan mantul dan gak akan masuk ke tubuh emoticon-Ngakak (S)












































emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile picture
Dari semua komemtar, cuma ini yg gak asal njeplag
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 memang tidak tepat, vaksin influenza juga g bisa melindungi penggunanya (jangankan 100%, 60 persen saja sukur).
profile picture
rp.1000000
kaskus maniac
@motorhead
Nah sekarang ente udah paham kan tentang "peredam" di atas emoticon-Ngakak (S)

Jadi fungsi vaksin itu bukan buat mantulin virus biar gak masuk ke tubuh,
Tapi "meredam" keganasan virus,
Atau terserah deh mau disebut "peredam", "membiasakan tubuh", atau apapun, intinya tubuh udah kebal sama itu virus emoticon-Ngakak (S)



































emoticon-Ngakak
profile picture
Zudah
kaskus addict
@motorhead @rp.1000000 ane bingung sama mental netijen indon yang penting lawannya salah. Ga membaca seluruhnya secara substansial. Emang vaccine itu kan cuma membentuk antibodi bukan ilangin virus.
profile picture
70HN
aktivis kaskus
Model2nya jadi kayak vaksin flu. Walupun sudah divaksin tapi masih bisa flu cuma sudah tidak berbahaya
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 saya gak akan pernah bisa menghubungkan kata peredam dengan vaksin (nggak usah maksa dong), fungsi vaksin hanya memberikan pengenalan tubuh terhadap virus asing yang akan masuk. karena virus ini menyerang saluran pernafasan, gak jauh beda dengan vaksinasi flu, efektivitasnya juga 1112

vaksin bukan peredam, diksi situ salah
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 @Zudah lha kalo memang salah mo dibilang apa? salah ya salah, bukan urusan ama mental.
profile picture
rp.1000000
kaskus maniac
@motorhead
Vaksin emang bukan peredam, ngerti tanda kutip kan emoticon-Leh Uga













































emoticon-Ngakak
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@rp.1000000 ngerti orang kampung kan? tombol enter dan spasi dipake seperlunya.
profile picture
rp.1000000
kaskus maniac
@motorhead
Hahaha, gak mampu nyerang inti pembahasan, jadi oot muter kemana-mana emoticon-Ngakak

Oke ane skip aja, gak berisi emoticon-Embarrassment





































































































































































































































































































































































































































































































































emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 18 dari 18 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di