CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f59b31a82d4954cca10649e/relawan-vaksin-sinovac-malah-positif-covid-19

Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19



Seorang relawan vaksin virus corona malah terpapar Covid-19. Hal ini terjadi saat ia melakukan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah.

Kondisi ini diketahui saat hendak disuntik vaksin tahap kedua.

"Jadi dia sudah disuntik, suntik pertama kali. Kemudian pergi ke Semarang, pas pulang dicek lagi swab-nya positif," ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Universitas Padjajaran, Kusnandi Rusmil, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Resmi! Jakarta Balik PSBB Total

Ia menegaskan, jika relawan itu tertular corona bukan dari vaksin pertama yang disuntikkan.

"Positif bukan dari vaksin, kalau dari vaksin kan itu virus yang mati. Dia kontak (pergi) ke Semarang," kata Kusnandi.

Meski begitu, relawan itu tak dikeluarkan dari uji klinis yang dilaksanakan. Tapi, pihaknya akan memberikan jadwal penyuntikan ulang, usai kondisi fisik relawan pulih kembali.

"Kalau di penelitian memang kalau yang positif di awal (sebelum penyuntikan) enggak boleh ikut. Tapi kalau dia positif karena pergi dari mana-mana itu akan kita suntik ulang, tapi dengan pemantauan," jelas dia.

Lebih lanjut, Kusnandi mengungkapkan hingga kini sudah ada 450 orang yang telah mendapatkan suntik vaksin dari Sinovac, China. Sebanyak 200 relawan mendapatkan suntikkan yang kedua, dan 250 lainnya baru menjalani penyuntikan pertama.

"Sampai sekarang belum ada yang masuk ke rumah sakit karena sakit, semuanya biasa saja. Keluhannya demam sedikit, nyeri yang dalam dua hari hilang," kata dia.

"Seperti suntik biasa-biasa saja di puskesmas kalau mau imunisasi, demam minum parasetamol, nyeri nanti hilang dalam dua hari. Kita ikuti kan setelah suntik 30 menit pertama kita lihat, ada alergi atau tidak, ada memar atau tidak, terus dihubungi lagi dua hari berturut-turut dengan telepon," imbuh Kusnandi.

tusbol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dorian.gray dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
mau tertular dari suntikan vaksin pertama atau dari kontak dengan orang positif,
intinya tetep sama.
Yaitu, ini vaksin masih diragukan efektivitasnya, tapi masih ada aja orang yang maksain percepatan vaksin. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 10 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@.noiss. nanti lu g usah make vaksin sinovac ya emoticon-Smilie)
profile picture
akamamichi
kaskus addict
@motorhead @.noiss. ah palingan dia paling depan teriak2 minta 🤣
profile picture
o@s!s
kaskus maniac
@akamamichi @Luminus @akamamichi @motorhead antum semua ini punya hak apa ngelarang2 orang?
klo gak terbukti teruji secara klinis, mau gratis sekali pun ane gak minat lah.
lain halnya klo vaksin ini teruji klinis, pasti ada vaksin lain yang juga teruji klinis.
ngapain coba sekarang nguber2 sesuatu yang belum ada kepastiannya, apalagi sampe gembar gembor kek bikin vaksin itu bisa instan.

lagian corona itu pandemi.
klo sebagian cuma sebagian yang divaksin, sebagian lagi gak ya percuma. lol
profile picture
.noiss.
kaskus addict
@motorhead OH KHUSUS ELU HARUS GW BOLD UKURAN TERBESAR INI KOMEN GW..

HARUS GW ULANG LAGI RUPA NYA..

GW ITU SEHAT GAK BUTUH OBAT DAN VAKSIN..

NTAR ELU ABIS SUNTIK VAKSIN HARUS TETEP NONGOL DI FORUM INI KARNA MAU GW ABSEN TAHUN DEPAN SIAPA YG GAK NONGOL LAGI BERARTI UDAH MATI..

JANGAN NGILANG YEE
profile picture
.noiss.
kaskus addict
@akamamichi gw apa elu nih yg lebih butuh??

Elu usia udah berapa??

Pasti elu lebih TUA lebih membutuhkan di banding gw yekaan... GW YG MUDA HARUS NGALAH DONK AMA YG TUA...

YEKAAAN
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@.noiss. gak usah make bold, saya nggak buta sepertimu, pede amat bilang sehat dan g butuh obat dan vaksin, saya amini omonganmu su
profile picture
.noiss.
kaskus addict
@motorhead iya gan ngadepin orang macam elu yg gak mengerti "kebebasan berpendapat" harus dengan cara begini sih...

PERCUMA JUGA GAN TUA TAPI MENCRET MENCRET.. GAK SEHAT ITU NAMANYA..

NTAR ELU SEKALIAN BELI OBAT MENCRET GAN "ORALIT" SEBELUM SUNTIK VAKSIN...

BIAR ELU SEHAT KE DEPAN NYA..
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@.noiss. ealah, tetep aja buta, di caps semua tulisannya, hahahaha

udah banyak lho orang takabur sehat sehat, gak butuh obat dan vaksin, tau tau modar
asal tau aja, penyakit antar manusia, ditularkan ke manusia, cuman manusia yang musti takut (kecuali anjing)
profile picture
.noiss.
kaskus addict
@motorhead bukan takabur sih gw cuma jawab pertanyaan elu aja... yg jelas orang sehat itu butuh proses...

Emang elu pikir berapa persen yg berharap banyak dari vaksin ampas ini???
Justru elu gan yg jangan TERLALU PEDE dgn vaksin ampas ini... Kan pakar udah banyak bilang jangan terlalu berharap banyak dari vaksin ampas ini...
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
@.noiss. ah udah dicatat itu ketakaburannya, tinggal nunggu aja resultnya.

vaksin ampas apaan, memang metode nya beda ama vaksin rusia yang dibuat dari turunan vaksin ebola (udah 11 th riset utk yg ebola), makanya rusia berani ngeluarin lebih dulu. lagian metode pembuatan vaksin juga ada std nya, situ boleh aja skeptis, bukan urusanku kog.

pakar tuh pakar apaan? komentator maksudnya? emoticon-Big Grin
profile picture
.noiss.
kaskus addict
@motorhead Lah kan gw bilang tadi diatas.. elu abis suntik vaksin jangan ngilang dari forum ini mau gw absen tahun depan..
Gw pengen liat bacotan klean masih bertahan apa gak tahun depan seperti saat ini..

APAKAH BACAOTAN LEWAT JARI JARI KLEAN ITU SEKUAT IMUN NYA APA ENGGAK..

GITU LOH MAKSUD GW...

( Vaksin ampas = vaksin sinovac )
Harus banget gw jelasin yee kamus bahasa gw disini??
profile picture
motorhead
aktivis kaskus
weh l0nt3nya marah, yang muda dan masih agak mahal harganya.... xixixixi
profile picture
.noiss.
kaskus addict
@motorhead lahh baru gitu doank udah mencret.....
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 33 dari 33 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di