CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Donasi Uang Kembalian Indomaret Ternyata Digunakan Untuk Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f588cdafacb953fa82d92af/donasi-uang-kembalian-indomaret-ternyata-digunakan-untuk-ini

Donasi Uang Kembalian Indomaret Ternyata Digunakan Untuk Ini

mbak-mbak kasir Indomaret. foto : Google

Selain doyan menawarkan promo dan nawarin isi pulsa, kasir Indomaret juga sering minta uang kembalian buat didonasikan. Terus kemana larinya uang hasil donasi itu? Apakah benar didonasikan atau malah dipake buat mbak-mbak kasir beli make up?

Ketika kita belanja di minimarket seperti indomaret pasti sering dapat pertanyaan apakah uang kembalian boleh didonasikan. Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh kasir saat ada uang recehan di kembalian kita. Uang receh Rp300 perak, Rp200 perak, Rp100 perak dan Rp50 perak inilah yang bakal diminta buat didonasikan.

Melihat kondisi ini saya jadi punya nilai plus buat penjaga kasir Indonatmret. Selain menawarkan promo atau isi pulsa, mbak-mbak atau mas-mas penjaga kasir minimarket ternyata juga ahli minta donasi.

"300 rupiahnya boleh didonasikan mas?," ucap sang penjaga kasir dengan penuh kelembutan.

Dalam kondisi demikian, tentu kita sebagai customer tidak bisa menolak. Apalagi jumlah yang diminta buat donasi tidak seberapa. Kalaupun maksa minta kembalian malah kasihan kasirnya. Masak Rp300 perak diminta, mending buat donasi hitung-hitung nambah amal.

Tapi, dibalik kondisi yang umum terjadi ini kerap menimbulkan pertanyaan dari custimer. Bukannya apa-apa, kita sebagai customer juga berhak tahu kemana larinya uang recehan kita yang diminta buat donasi. Jangan-jangan, uang kembalian kita malah didonasikan ke kelompok teroris lagi.

Kepala Bagian Program dan Pelaporan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Cecep Sulaiman mengungkapkan, ada program Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) yang dikelola oleh Kemensos. Uang hasil donasi konsumen Indomaret itu masuk ke dalam salah satu PUB yang bekerja sama dengan Kemensos.  

“Kalau belanja di Indomaret terus ada kembalian Rp 200 atau Rp 100 atau Rp 50 itu didonasikan saja ya. Nah itu termasuk salah satu upaya-upaya (PUB) dan semua dilakukan secara akuntabel. Dan ini penyalurannya disalurkan salah satunya melalui Kemensos,” kata Cecep dikutip dari berbagai sumber.

Cecep mengatakan tidak menutup kemungkinan Indomaret atau yang lainnya melakukan pengumpulan dana bekerja sama dengan pihak lain. Namun, ia menjamin PUB Indomaret yang bekerja sama dengan Kemensos dipastikan tepat sasaran. 

Cecep mengungkapkan di tahun 2019-2020 program Indomaret tersebut, dananya disalurkan salah satunya kepada masyarakat di pedalaman dengan membangun saluran air bersih, balai sosial, rumah, sampai jamban atau toilet umum. Selain ke Kemensos, uang donasi itu juga mengalir ke PMI atau lembaga filantropi lainnya. 

Pernyataan resmi dari Kemensos ini tentunya melegakan saya dan jutaan customer dari Indomaret di seluruh nusantara. Tentunya setelah ada pernyataan ini kami selaku customer tidak bertanya-tanya lagi.

Lega rasanya sudah terjawab pertanyaan, untung saja saya tidak pernah suudzon kepada Indomaret.

Pernyataan dari Kemensos ini nampaknya benar. Pasalnya saat saya coba search di Google, saya menemukan beberapa berita terkait uang donasi customer Indomaret yang disalurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Kalo tidak bisa percaya begitu saja, simak hasil screenshoot saya dibawah ini.



Bukan hanya pihak Indomaret saja. Donasi dari kembalian customer juga diberitakan beberapa media nasional,



Tulisan : wicaks227
Referensi : Opini Pribadi, 1 , 2 , 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wicaks227
Betul gan mending didonasiin aja, daripada di kasih kang parkir indomaret, dikasih gopek malah marah2, ya udah gw kasih struk indomaret sekalian emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vondrow dan 35 lainnya memberi reputasi
profile picture
amatir30
kaskus addict
bener banget gan. mana kerjaannya cuma tiup peluit aja, kita datang gak kelihatan , pas mau pergi dah nongol aja dibelakang motor.
profile picture
fr4nk3nst3in
kaskus maniac
Terus pas liat kasih struknya gmn bray, ikut sedih ngak soalnya belinya pasti minuman doank emoticon-Leh Uga
profile picture
h.w1994
kaskus addict
Kadang lucu nya bli minuman 4rb bayar parkir 2rb... Dafuk
profile picture
bravehigh
kaskus addict
Auto ngakak wkwkwkwkk
profile picture
agues27
kaskuser
iya juga kasih struk nya aja
emoticon-Ngakak
profile picture
stipen212
kaskus addict
Padahal terpampang jelas tulisan "parkir gratis"

emoticon-DP
profile picture
Betjanda
kaskus geek
@fr4nk3nst3in@h.w1994

Yoi bre ane cuman beli teh gelas botol yg promo 1.900 emoticon-Leh Uga

Tapi parkir nya 2rebu anjir emoticon-Leh Uga

Cuma bawa duit 2,5rebu.. Yg cepe sudah ane donasiin.. sisa gopek emoticon-Leh Uga

@stipen212
Yg punya toko Gak berani gratisin parkir bre... Preman di tempat ane keras.. Entar kl digratisin ngambek bisa2 tokonya kena maling bre emoticon-Leh Uga
profile picture
wap.adv
kaskuser
emoticon-Wakaka mau keselek ane baca pas lagi minum Gan... Alhamdulillah di tempat ane g ada Gan emoticon-I Love Indonesia
profile picture
Asli sieh,ngekiin emank kadang yg bgni,bkn ga mau ngasi,tp klo receh semisal tinggal 500 perak/1000 rupiah,jd kudu bela2in mecah duit bwt ngasi parkiran 2rb perak emoticon-Cape d...
profile picture
manfromearth
kaskus addict
selama tempat parkir yang gak pake karcis resmi dari toko/dinas terkait dan tukang parkirnya gak pake atribut parkir, gak ngaturin, benerin motor supaya rapi ya pokoknya ane anggep mereka itu tukang palak emoticon-Mad (S)
profile picture
@manfromearth nah sejauh ini ane hidup, blm ada kang parkir yg nyampe bela2in ngasih karcis parkir nya, dan lucunya seolah didiemin sama atasan. Tp untungnya daerah ane blm ada yg berani markir di indomaret, pernah kejadian org yg tiba2 niup peluit parkir di indomaret, tp malah dicuekin sama org2.
profile picture
manfromearth
kaskus addict
@KapalKlotok pas puasa kemaren tuh jadi banyak indomaret dikuasain sama kang parkir gak cuma 1, tapi 2 emoticon-Cape d... (S)
profile picture
awan.pagi
aktivis kaskus
Hidup di indo kebanyakan orang nyari uang ga jelasnya,
Kang parkir lah, orang yg diri di puteran atau persimpangan lah, manusia silver lah, ngamen tapi nadanya kek orang malak lah dsb
profile picture
Jadi inget minggu lalu, siang2 panas2 anak minta es krim ke Alfamart, berangkat lah berdua kesana,cuma beli 1 eskrim walls murahan, dr awal dateng udh jengah banget liat kang parkir, yg cuma duduk di kursi depan Alfamart sambil ngrokok dan nenteng kopi botol kemasan, eh tetiba dia nagih parkir, pas ini momen nya,langsung aneg tagih karcis, dia g punya, ngeles katanya cuma gantiin temen nya, ane gass sekalian, brti pungli dong ini? (Sambil ane kasih 2rb) ane tawarin, klo mau karcis parkir, ane ambilin dah di kantor segepok (kebetulan kantor ane yg tgg jawab utk memporporasi karcis) Dia g brani jawab, malah minta maaf dan mbalikin duit 2rb nya..
profile picture
supriyono1989
kaskus addict
Mahal bqnget bre parkir 2 rebu di tempat ane padahal di jayapura loe cuma serebu itu pun mintanya kagak maksa , kloe kagak di kasi yq orannggya diam aja
profile picture
@supriyono1989 disini 2rb bre,alesan nya uang 1rb susah..
profile picture
supriyono1989
kaskus addict
@dnangelz itu mah cuma alesan bre , kecuali uang serebu udah di tarik ama pemerintah bru bisa bilang begitu bre..
profile picture
manfromearth
kaskus addict
@dnangelz @supriyono1989 di Jawa skrg udah mulai getok 2rb terutama kota ane yg dpt label istimewa juga rata2 udah main getok 2rb tukang parkir abal2nya
profile picture
supriyono1989
kaskus addict
@manfromearth @dnangelz kloe di sini mau abal abal mau resmi tetep serebu bre, kecuali kita yg kasi lebihnya bre? Kloe ane sih pake restrebusi langsung bre bayarnya perbulan itu lebih aman bre, nanti di kasi macam setiker gitu bre, kloe di mari ya, mau itu abal abal mau itu resmi kagak berani nagih parkir bre kloe udah tau tu stiker
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 34 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di