CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f50ab2c9a972e66b70525bd/belalang-goreng-makanan-ekstrim-khas-gunungkidul

Belalang Goreng, Makanan Ekstrim Khas Gunungkidul

Belalang Goreng



Sumber gambar : di sini



Selain terkenal dengan wisata alam yang beragam, Gunungkidul juga terkenal dengan makanan khasnya yang ekstrim. Ups,ekstrim, tetapi lezat dan membuat sebagian yang mencicipi menjadi ketagihan. Kalau saya pribadi, tidak bisa ketagihan karena alergi. Entahlah unsur apa yang membuat alergi, karena saya belum pernah berkonsultasi dengan ahlinya.


Makanan ekstrim tersebut sering ditemukan di Gunungkidul, tetapi untuk kota Yogyakarta susah ditemukan walaupun masih satu wilayah. Makanan ekstrim tersebut adalah belalang goreng. Para penjual belalang goreng sudah banyak yang menjual belalang goreng secara online maupun offline. Belalang goreng yang dijual tersebut sudah matang dan dimasukkan ke dalam toples, sehingga bisa dikonsumsi secara langsung.



Sumber gambar : dokumentasi pribadi


Jenis belalang yang biasa digunakan untuk membuat kuliner belalang goreng adalah jenis belalang kayu dan belalang padi yang ukurannya cukup besar. Keduanya memiliki rasa yang sama. Para pedagang biasanya mendapatkan belalang dari para pengepul belalang hidup dari wilayah Gunungkidul maupun wilayah Bantul.


Cara memasak belalang goreng pun bermacam-macam, sesuai selera. Ada yang digoreng dengan bumbu pedas manis dan gurih, ada juga yang dibumbu bacem sebelum digoreng. Belalang goreng dalam toples tersebut tanpa pengawet, sehingga hanya tahan selama kurang lebih satu bulan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, belalang goreng juga bisa dijadikan lauk saat makan. Konon katanya, belalang banyak mengandung protein. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang tidak mengalami alergi.


Belalang pun juga biasa dijual rentengan dalam keadaan masih hidup. Harganya bervariasi tergantung berapa ekor jumlahnya dalam satu renteng. Tergantung juga musim saat itu, jika sedang musim belalang harga 3 ekor belalang seribu rupiah. Namun jika sedang tidak musim, belalang satu ekor bisa dihargai seribu rupiah.


Jika membeli belalang yang masih hidup, tentu harus masak sendiri di rumah. Belalang yang akan dimasak sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu dengan cara direbus untuk melepas kotoran yang melekat pada belalang. Kemudian sayap dan isi perut dihilangkan. Langkah selanjutnya adalah memasak belalang sesuai selera. Berikut salah satu resep masakan belalang yang bisa dicoba.


Quote:

Sumber : di sini


Penasaran? Jangan lupa membeli saat berwisata ke Gunungkidul. Harganya sangat terjangkau. Bahkan ada juga penjual yang menjual belalang goreng dalam porsi sedikit di dalam plastik. Harganya? Cukup Rp 15.000,00. Jika hendak membeli dalam porsi besar/dalam toples, rentang harga berkisar antara Rp 40.000,00 hingga Rp 60.000,00. Selamat menikmati!




Sumber gambar : di sini



Lina WH

Referensi :
- Opini pribadi

Sumber gambar :
- dokumentasi pribadi
- di sini
- di sini
- di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bisri767 dan 48 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
bikin alergi ngga sih
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
profile picture
TS lina.wh
kaskus maniac
Saya alergi, Gan. Biduren (gatal-gatal).
profile picture
waluyojati121
kaskus maniac
@lina.wh berarti ngga cocok yaaa
profile picture
TS lina.wh
kaskus maniac
@waluyojati121 Iya, Gan...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di