CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
IDI Usul Jam Kerja Dokter Enam Jam dalam Sehari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4f23fff4d6957de148d169/idi-usul-jam-kerja-dokter-enam-jam-dalam-sehari

IDI Usul Jam Kerja Dokter Enam Jam dalam Sehari

Jakarta, CNN Indonesia -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan kepada Pemerintah membuat regulasi baru terkait pengurangan jam kerja dokter menjadi 6 jam dalam sehari di tengah pandemi corona.
"Kami usulkan minimal ada empat besar usulan," kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng Mohammad Faqih dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Selasa (1/9) malam.

"Salah satunya, mohon seluruh RS menjadwalkan jam kerja dokter. Kami usulkan 6 jam sehari, supaya tidak capek dan tidak terpapar lama dengan pasien," imbuhnya.

Kemudian yang kedua, Daeng meminta Pemerintah untuk memastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) selalu terpenuhi dengan baik. Menurutnya, APD merupakan bahan habis pakai yang menjadi kebutuhan primer para tenaga kesehatan saat ini.

"Masih ada kekurangan yang kita dengar dari kawan di lapangan, masker N95 kadang masih mencari sendiri," ujar Daeng.

Ketiga, IDI juga meminta regulasi yang mengatur dokter yang memiliki komorbid ataupun berusia 60 tahun keatas, untuk sebaiknya tidak praktik terlebih dahulu. Namun jika memang terpaksa harus menjalani praktik, maka harus ada pembatasan yang ketat, baik dalam jam maupun protokol kesehatannya.

Keempat, IDI juga berharap Pemerintah dapat memfasilitasi pemeriksaan kesehatan rutin kepada seluruh tenaga kesehatan di Indonesia, guna memastikan kondisinya baik setiap saat.

"Karena kalau diperiksa rutin, maka petugas kesehatan bisa terpantau keadaannya," tuturnya.

Dihubungi terpisah, Humas IDI Halik Malik menyebut keadaan pandemi ini membuat dokter banyak yang bekerja lebih dari jam kerja idealnya. Halik mengatakan, sewajarnya dokter bekerja selama 6-8 jam per harinya.

"Masih banyak dokter yang bekerja overtime, kalau mengacu pada UU tenaga kerja kan idealnya kan bekerja 40 jam seminggu," kata Halik saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (2/9).

Oleh sebab itu, IDI menilai perlu ada regulasi baru terkait kepastian jam kerja dokter di tengah pandemi ini. Hal itu bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terburuk tenaga kesehatan jatuh sakit.

Selain itu, menurut Halik selama ini jam kerja lebih pada dokter, baik sebelum atau saat pandemi ini, disebabkan karena sistem kerja yang variatif tergantung profesi, serta sebaran dokter yang belum ideal di Tanah Air.

BPS sendiri mencatat jumlah dokter di Indonesia pada 2019 sebanyak 81.011 orang. Sebaran terbanyak terpusat di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta 11.365 orang, Jawa Timur 10.802, Jawa Tengah 9.747, dan Jawa Barat 8.771.

"Masih banyak dokter yang harus bertugas di beberapa tempat sekaligus, bahkan bekerja di malam hari," ujar Halik.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...m-dalam-sehari

Ane dukung demi kebaikan dan keselamatan nakes terutama yg mengurusi pasien koronak...emoticon-Angkat Beer

Kalian adalah prioritas utama ketahanan bangsa ini...emoticon-Angkat Beer

Good luck and god bless you allemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bengukrawe dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
dokter aja ? .... mestinya paling penting itu suster, krn yg paling sering berhubungan ama pasien itu suster emoticon-Traveller
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
profile picture
betul, dan suster yang paling banyak gerak mondar mandir kesana kemari
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
Jomplang emang nih serikat pekerja dokter ama perawat dan bidan. Pernah diberita, ada ibu hamil terpaksa melahirkan sendiri di depan rumah bidan karena bidannya ogah bantuin takut covid, sama serikat pekerja nya si oknum bidan langsung kenak sanksi. Untung bayinya selamat.

Berita lain ibu melahirkan sendiri di rumah sakit gara2 dokter nggak mo ngelayanin gara2 takut covid. Bayinya meninggal tapi serikat pekerja nya bungkam, tapi kalo dikatain kacang wee ha yo langsung lapor polisi. Sampai sekarang blum ada kabar neh RS atau dokter nya ada yg kenak sanksi. Padahal ada nyawa melayang
profile picture
@larapeequer dokter kelas elite .... suster kelas bawah emoticon-Big Grin ....
profile picture
@nastakdiehard mondar -mandir itu gosokan don bree emoticon-Leh Uga
profile picture
jeerabbit
kaskus maniac
Serikat pekerja itu sampah.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di