Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

y.devinAvatar border
TS
y.devin
[HELP] salah transfer dana ke rekening org (TOKOPEDIA)
Saya menjual barang di tokopedia dan waktu itu saya ingin menarik saldo, tapi cerobohnya saya memencet saldo yang paling atas sebagai penerima dikarenakan saya tahu bahwa hanya terdapat saldo saya sendiri di akun itu. Dan kita hanya perlu memasukan pin untuk konfirmasi tanpa diperlihatkan lagi rekening mana yang akan ditransfer. Saya pun langsung melaporkan hal ini. Tetapi tanggapan tokopedia sangat lambat dari tanggal 19 agustus sampai 25.

Pihak tokopedia menyarankan saya pergi ke bank untuk membuat laporan. Begitu saya bergegas ke bank dan ingin membuat laporan. Petugas bank malah menyuruh saya untuk mengkoordinasi dengan pihak pengirim yaitu tokopedia. Disini saya sangat terpojok. Dan saya pun kembali melaporkan ke tokopedia. Sampai saat ini (29 agustus), paginya saya mendapatkan pesan dari tokopedia yang bertuliskan:

"Mengenai konfirmasi Bapak, Duna infokan kembali bahwa dalam hal ini Tokopedia tidak bisa membantu membuatkan surat pelaporan tersebut ya karena data rekening yang Bapak input dinyatakan sudah sesuai tidak ada kesalahan atau typo penulisan meskipun Bapak mengeklaim tidak mengenal nomor rekening tersebut. Sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Tokopedia pada link ini https://www.tokopedia.com/terms#responsibility bahwa sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Tokopedia tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian yang diakibatkan karena kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank."

Saya langsung lemas, dana tersebut merupakan hasil penjualan barang pribadi saya yang ingin dipakai untuk membayar kuliah. Dana sejumlah 5.949.000 telah masuk ke rekening mandiri 1550006639861 (Dwi Yuli Ananto) pada tgl 19. Saya ingin menghubungi orang tersebut, tetapi saya tidak mempunyai kontak ataupun informasi lain. Langkah apa lagi yang harus saya lakukan? 😭
Crotaftermeting
kudoSinichii
kudoSinichii dan Crotaftermeting memberi reputasi
2
3.1K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
y.devinAvatar border
TS
y.devin
#16
Bagi yang belum paham bener, ini memang murni kesalahan saya. Rekening tersebut awalnya masuk karena saya lagi tidak memegang kartu ATM tersebut pada tanggal 27 juni 2019, dikarenakan saya ada transaksi dan mauny cepat jadi saya langsung cairkan ke sana. Lalu kemarin saya sudah menghubungi "pemilik" norek tersebut dan dia bilang bahwa nomor rekening itu merupakan punya pegawainya "terlepas dari benar tidaknya" yang sudah berhenti, dia bilang bahwa dia tidak memiliki data apapun terkait pegawainya (nomor telp / sesuatu yang bisa dihubungi). Dikarenakan saya jarang transaksi lewat tokopedia, saya lupa menghapus rekening yang masih nyangkut di akun tersebut. Lalu pada tanggal 19 agustus 2020 saya menarik saldo dan memilih rekening teratas (karena saya pikir rekening tsb hanya ada satu yaitu rekening bca saya, dan tidak terlihat rekening lainnya). Saya pun sudah berusaha menghubungi kedua pihak yaitu bank dan tokopedia. Disatu sisi seperti yang saya lampirkan diatas, pihak tokopedia sudah lepas tangan dari masalah ini. Disisi lain pihak bank tidak dapat melanjutkan masalah ini karena yang berhak untuk membuat laporan terkait hal ini adalah pengirim dana tersebut (tokopedia). Saya pun mencoba untuk meminta data dari pemilik norek tetapi hal tersebut melawan aturan dari bank yang tidak boleh memberikan data terkait nasabahnya. Disini saya sudah buntu dan tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan. Mungkin ini dapat menjadi pelajaran bagi saya agar lebih berhati hati kedepannya. Semoga dana tsb bisa menjadi berkah dimasa pandemi ini emoticon-Smilie

Terima kasih buat yang sudah membaca & memberikan saran.
Tokainosuke
MWIMRSNAIL
MWIMRSNAIL dan Tokainosuke memberi reputasi
2
Tutup