Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
Tips Terhindar Penipuan Saat Servis Laptop Di KonterTidak Resmi ( Konter Abal Abal)
Article by cyoga17 on August 27, 2020, 11: 04 AM



Kalian pasti pernah punya laptop yang ketika dipakai ada kerusakan dan akhirnya kalian putuskan untuk memberbaikinya di konter terdekat. Buat yang didaerahnya banyak konter servis resmi si pasti udah percaya banget, tapi gimana kalau yang didaerahnya masih belom ada konter servis resmi gitu ya, adanya kaya tukang servis kecil kecilan yang belum diakui gitu sama brandnya. Kalau buat yang pernah servis di konter yang belum resmi gitu si biasanya jangan terlalu buta banget sama laptop takutnya si ditipu. Penipuaannya tu bisa dibilang kaya misalnih ada hardware yang masih bagus masih bisa dipakai malah dibilang rusak dan harus diganti, padahal si biar konternya untung. Wah parah si kalau gini tu ngerugiin konsumen banget. Itu namanya memberikan info terbatas demi ketertarikan konsumen dalam memberikan keuntungan. 

Konter yang seperti itu harus dihindari karena kurang transparan dalam memberikan informasi tentang barang konsumen. Menurutku tidak disarankan untuk melakukan perbaikan laptop atau servis ditempat yang belum resmi karena bisa saja ilegal dan malahan kalian bisa dibohongin. Tapi semisal ditempat kalian belum ada tempat servis resmi, tidak apa apa untuk melakukan servis ditempat tersebut asalkan kalian juga mengerti letak kerusakan barang kalian dan jangan sampai vonis rusak laptopnya itu dari konternya, maksudnya bisa diobrolin dlu pastinya ini kenapa rusaknya dimana kok bisa gitu. Tapi sebenarnya tidak ada larangan juga karena itu laptop udah pasti milik kalian. Ini tips semoga dapat membantu. 



1. Kenali Dulu Jenis Kerusakannya Dimana.
Kalau udah kepepet banget dan udah gada konter servis resmi akhirnya dibawa ke konter seadanya sebenarnya bukan sebuah masalah. Tapi alangkah baiknya kalau kalian mengerti dulu tentang masalah laptopnya. Misalnya nih ada kegagalan di biosnya lalu biosnya harus di flash. Nha sebelum kalian bawa ke konter, kalian udah harus tau tuh biasanya kalau gitu apanya yang rusak dan harusnya treatmen ke laptopnya gimana. Hal seperti itu masih bisa diperbaiki dan masih bisa dgunakan normal kembali. Nah jika kalian sudah tau maka langsung lah dibawa ke tempat servisnya. 

Jangan bawa laptop ke tempat servis yang tidak resmi dengan tanpa pengetahuan sama sekali karena kalian rentan untuk ditipu. Misalnya ambil kasus seperti diatas, bisa bisa laptop kalian dibilang ada kerusakan hardware dan harus ganti total dengan harga yang sengaja dibuat agar mereka untung. Bayangkan kalau itu terjadi, kalau sultan si no problem ya buang buang uang. Tapi setidaknya mengerti masalah yang dialami laptop kalian terlebih dahulu. 

2. Cari Hipotesis Solusi Dari Permasalahan Yang Ada.
Setelah kalian tau kerusakan laptop kalian ada dimana lalu seenggaknya kalian punya gambaran tuh buat perbaikannya bakalan seperti apa. Misal nih kerusakan laptopnya ada di harddisk bad sector, nah coba cari solusi kalau harddisk bad sector itu gimana. Harddisk bad sector ini tergantung kerusakan dibagian harddisknya, tidak bisa langsung divonis untuk diganti baru. Harddisk bad sector sebenarnya masih bisa digunakan namun memang performanya tidak sebagus harddisk baru. 

Nah ketika kalian tau solusinya begitu maka kalian pasti ada gambaran nanti akan diganti baru dan masih bisa dipakai. Lalu kalian pasti akan bertanya kerusakannya dimana. Terlihat mengerti tentang permasalahannya itu menurunkan resiko kalian buat di tipu jadi pinter pinter ngomong.



3. Cek Harga Pasaran.
Hanya tau permasalahan dan hipotesis penyelesaiaan belum cukup untuk memantapkan agar tidak mudah ditipu. Hal yang paling krusial selanjutnya adalah harga. Sesuaiin harga perbaikannya dengan harga antar kounter lain, atau misalnya bisa di cek harganya di google. 

Tadi kalian kan udah punya hipotesis perbaikannya, lalu setelah itu kalian cari kisaran harganya. Hal itujuga bisa kalian gunakan untuk bahan diskusi di konternya. Hal ini bukan menjadi patokan utama karena ketika kalian mempercayakan laptop ke konter ya berarti kuasa perbaikannya ada di konter, kalian cuma bisa check aja sama memastikan kalau kerjaan mereka benar. Cek harga pasaran ini bukan acuan utama yaa, hanya kisaran aja buat siap uangnya berapa gitu. 

4. Cek Kredibilitas Konter Yang Dituju
Caranya gimana dong? kan udah pasti kalau dia bukan konter resmi?. Nih kukasih tips, manfaatin toko sekitar konter tersebut misalnih ada warung makan gitu, pura pura aja tanya tanya kalau benerin disitu kisaran harga berapa terus apa bener ngga nipu nipu atau ngga. Hal itu bisa dilakukan di beberapa toko terdekatnya kalau misal hasil reviewnya kurang mantep.

Hal serupa juga bisa dilakukan misalnya nanya atau mencari review orang yang udah pernah service di konter tersebut. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan kalian untuk mempercayakan perbaikan laptop kalian kepada konter tesebut. 



5. Kesimpulan
Tips diatas itu hanya bertujuan agar tidak mudah ditipu. Mengenal kerusakan terlebih dahulu dan punya hipotesis penyelesaian bisa digunakan untuk bahan diskusi di konternya jadi bukan kalian ke konter terus mempercayakan sepenuhnya ke konter tersebut, kecuali konter tersebut merupaan teman dekat atau mempunyai relasi yang baik dengan kalian. 

Tips diatas bukan dijadikan acuan utama dan bukan dimaksudkan untuk membangun stigma negatif tentang konter tidak resmi. Tips diatas hanya bertujuan untuk menghindarkan penipuan saat mempercayakan perbaikan laptop di konter tidak resmi karena pasti resikonya lebih besar daripada ke konter resmi itu sendiri. Kasarannya tu kalian punya ilmu dasarnya dan ketika nanti argumen kalian dibandingin sama konternya tersebut mana yang lebih masuk akal gitu. Pasti bakaln ketauan kok kalau perbaikan ke laptopnya agak nggak masuk akal. 

Quote:


Source : Pengalaman Pribadi 
Sourece Image : Google 
Shyesun.pucha
Dsitumeang
tien212700
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
9K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
bernardpoohbernAvatar border
bernardpoohbern
#37
wkwkwkk
gue pernah ngerjain tempat servis laptop yg nggak resmi tapi situasi tempat servisnya terkesan sangat profesional.
Waktu itu gue kan ceritanya ada keluhan layar laptor Acer Predator Helios gue suka kedip putih sampe ngeblank putih semua. Terus gue bawa tuh laptop ke tempat servis itu kan. Nah sampe sana baru dinyalain bentar langsung dites dan bener tuh layar langsung ngeblank putih semua.
Nah mereka langsung ambil kesimpulan kalo kabel fleksibel Layar laptop gue bermasalah dan perlu diganti.
Biaya totalnya 1,5 juta...
Karena nih laptop garansi juga udah habis dan gue juga lumayan sultan. Akhirnya gue putuskan untuk bongkar sendiri nih laptop high end wkwkwkwk.
Waktu itu gue bawa pulang lagi laptopnya dan hunting di tokopedia ketemu kabel fleksibel yg gue cari. Dan muke gile barang ori harganya cuma 200 rebu bro free ongkir pula wkwkwkk...
Langsung gue order dan besoknya dateng tuh barang. Malemnya gue oprek sendiri gan laptopnya. Nah waktu itu gue jadi tau bahwa membongkar pasang laptop mahal high end itu justru lebih mudah ternyata minim baut dan cuma gesel slot sana sini udah terbuka motherboard nya.
Dan eng ing eng cuma dalam 2 jam kelar gue ganti kabel fleksibel layar, and did you know what i do after that?
Gue poto hasil kerjaan gue dan gue kirim ke nomer whatsapp tempat servis itu dengan caption... "1,5 juta gini doang?... 200 aja bookkkk"... wkwkwkkk
cyoga17
cyoga17 memberi reputasi
1
Tutup