CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Terlahir Sebagai Penyandang Polidaktili, Jangan Minder Ya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f46629968cc95680b36a023/terlahir-sebagai-penyandang-polidaktili-jangan-minder-ya

Terlahir Sebagai Penyandang Polidaktili, Jangan Minder Ya!

#polidaktili




Sumber gambar : di sini



Beberapa orang mungkin akan menganggap bahwa polidaktili sangat tidak biasa, sehingga dianggap sebagai malformasi atau bahkan anomali. Bagi saya, polidaktili itu sebuah anugerah Tuhan, sehingga tidak perlu minder. Ya, saya terlahir sebagai penyandang polidaktili.


Apa itu polidaktili?


Quote:

Sumber : Wikipedia


Lalu, Apa saja jenis polidaktili?

Beberapa jenis polidaktili adalah sebagai berikut:


Quote:

Sumber : di sini



Polidaktili yang terjadi pada saya adalah preaxial polydactyly, jari tambahan berada di samping jari jempol tangan kanan. Jari tambahan tersebut bertulang keras, berkulit, jaringan lunak dan persendian. Besarnya hampir sama dengan jari jempol dan bentuknya tidak sempurna. Demikian juga dengan jari jempol tangan kanan saya, juga tumbuh tidak sempurna.


Karena keberadaan jari jempol tambahan tersebut mengganggu aktivitas harian saya, terutama untuk menulis dan makan, maka orang tua saya memutuskan untuk melakukan operasi saat usia saya 5 tahun. Operasi dilakukan tahun 1994 di Rumah Sakit Khusus Bedah Patmasuri, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Proses operasi hanya dilakukan satu kali. Tetapi pengobatan atau kontrol ke Rumah Sakit dilakukan beberapa kali. Setelah operasi pun, fungsi jari tangan kanan belum optimal. Tentu menunggu sembuh dan melatih untuk bergerak perlahan, melakukan kegiatan perlahan dan kemudian melatih motorik pun secara perlahan.


Spoiler for Hasil Setelah Operasi :

Sumber gambar : dokumentasi pribadi




Untuk penyebab polidaktili pada diri saya, dokter tidak menjelaskan. Sepertinya bukan faktor keturunan, karena keluarga saya hingga nenek buyut tidak ada yang menyandang polidaktili.


Karena orang tua saya tinggal di kampung, tentu banyak komentar dari masyarakat, baik itu komentar positif atau komentar negatif. Apalagi hanya saya yang menyandang polidaktili di kampung tersebut. Untuk komentar positif, sangat bisa dijadikan motivasi. Komentar negatif, anggap saja angin lalu. Polidaktili adalah anugerah Tuhan yang patut kita syukuri. Jika orang tua saya memutuskan untuk melakukan operasi, itu karena keberadaan jari tambahan mengganggu aktivitas saya. Setelah dilakukan operasi, ibu jari tangan kanan saya bisa berfungsi normal walaupun bentuknya tidak bisa normal. Buat saya, tak masalah. Yang penting bisa berfungsi sebagaimana mestinya.


Tetap semangat dan jangan minder ya, jika terlahir sebagai penyandang polidaktili. Jika menjadi bahan olok-olokan orang lain, itu tidak akan lama terjadi. Seiring berjalannya waktu, mereka yang memperolok juga akan bosan dan mengerti sendiri bahwa tidak ada manusia yang sempurna.



Lina WH


Referensi :

- Opini pribadi
- Wikipedia
- Di sini


Sumber gambar :
- Dokumentasi pribadi
- Di sini



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Semangat!!!! Sudah dewasa, gak ada yang memperolok. Kalau anak kecil, mungkin. Kan mereka (anak-anak) belum paham. Kalaupun dikasih penjelasan juga akan paham.

Bata colector emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
kanyaanatasya dan miniadila memberi reputasi
profile picture
alva610
kaskus addict
Semoga masyarakat teredukasi.
profile picture
TS lina.wh
kaskus maniac
@alva610 Aamiin...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di