CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Efek Dasyat Meminta Maaf kepada Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f44fff97e3a7218a1438b6c/efek-dasyat-meminta-maaf-kepada-anak

Efek Dasyat Meminta Maaf kepada Anak


Sumber gambar : di sini



Sebagai manusia atau makhluk sosial, kita tidak akan lepas dari kesalahan maupun kekhilafan. Baik itu yang disengaja ataupun tidak. Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan adalah perbuatan yang mulia. Begitu juga saat melakukan kesalahan terhadap anak kita yang masih kecil, meminta maaf juga harus tetap dilakukan.


Kadang saya sendiri pun sering mengabaikan meminta maaf kepada anak. Tidak jarang pula anak yang mengingatkan saya untuk meminta maaf atas kesalahan saya. Tidak perlu malu atau gengsi, langsung saja meminta maaf kepada anak saat diingatkan kesalahan kita oleh anak.


Meminta maaf kepada anak sangat berpengaruh terhadap kualitas hubungan antara orang tua dan anak, komunikasi yang baik serta perkembangan mental maupun perilaku anak. Karena anak akan belajar banyak hal dari permintaan maaf kita sebagai orang tua.


Lantas, apa saja efek dasyat meminta maaf kepada anak?Simak penjelasan singkat berikut :


1. Anak akan mencontoh orang tua untuk meminta maaf atas kesalahannya

Karena kita sebagai orang tua sudah memberikan contoh untuk meminta maaf atas kesalahan, maka anak pun akan melakukan hal yang sama. Anak tidak akan malu atau takut untuk mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Saat anak minta maaf, sebaiknya diberi penjelasan agar anak tidak melakukan kesalahan yang sama lagi di lain waktu. Tentu dengan bahasa ringan yang mudah dimengerti anak.


2. Anak akan bisa bertanggungjawab

Permintaan maaf dari orang tua akan membantu anak belajar akuntabilitas atas tindakan. Kemudian anak pun akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan akan siap menerima resiko jika melakukan kesalahan.


3. Mengajarkan anak untuk menerima kesalahan orang lain

Meminta maaf dengan tulus kepada anak setelah melakukan kesalahan, berarti mengajarkan anak bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Saling memaafkan dan saling mengingatkaan atas kesalahan itu perlu. Selain itu, permintaan maaf dari orang tua juga mengajarkan kepada anak bahwa orang dewasa tidak selalu benar.


4. Mengajarkan anak untuk bersikap jujur

Meminta maaf kepada anak, berarti telah mengajari anak mengenai pentingnya mengatakan hal yang sebenarnya. Mengakui tindakan yang telah dilakukan dan berbicara tentang kebenaran. Jangan lupa untuk menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti anak, bahwa menyembunyikan kesalahan atas tindakan itu tidak dibenarkan. Menyembunyikan kesalahan berarti berbohong dan berbohong itu perbuatan yang tidak terpuji.



Meminta maaf kepada anak adalah hal yang sederhana, tetapi berefek dahsyat. Hal penting lainnya adalah untuk mengajarkan kepada anak, bahwa meminta maaf itu berbeda dengan menyerah atau tunduk kepada siapapun.



Stay Health!Jangan lupa tersenyum bahagia dan tetap semangat. Semoga pandemi lekas berlalu, sehingga Indonesia akan lebih maju.


:kangen


Referensi : opini pribadi
Sumber gambar : di sini


Lina WH


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Masih banyak orang tua yg ga mengakui mereka salah, orang tua i contoh ny, plg amat sangat anti utk minta maaf, mereka selalu benar, saya selalu salah (pdhl ga juga lagi ngapa2 in), ketika mereka jelas2 salah pun mereka tdk akan minta maaf malahan ngeloyor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfar77 dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS lina.wh
kaskus maniac
Waktu kecil, saya pun merasa begitu. Sedih deh, benar salah tetap dibentak 😧

Makanya sekarang sudah punya anak, sebisa mungkin memperlakukan anak dengan baik.
profile picture
alva610
kaskus addict
@lina.wh Putus rantai, Sist.
profile picture
sakiem
kaskuser
@lina.wh inner child negatif, putus aja gan. butuh perjuangan & dukungan orang sekitar.
profile picture
cukup kita aja dulu yg dibegituin anak kita harus lebih baik.ciptakan rumah yg susungguhnya dimana dia bisa pulang bercerita berkeluh kesah dan ada orang tua yg bisa memberi wejangan dan mempersiapkan memberi gambaran seperti apa dunia itu bekerja
profile picture
pertapa.gila77
aktivis kaskus
@satriyasegala ya betul

Orang tua sy boro2 kasih wejangan, boro2 kasih gambaran, sy selalu salah dalam semua hal pdhl tau jg ga apalagi terlibat, dan samasekali tdk ad bantuan ketika sy minta tlg sampe ud megap2 minta ny juga, tapi klo mereka minta tlg harus & kudu dbantu, klo ga keluar kata2 ajaib "anak durhaka, anak sialan bla bla bla"
profile picture
hhahahah mereka lupa,ada orang tua durhaka dan anak tidak pernah minta dilahirkan.

kwajiban anak memang berbakti. orang tua juga berkewajiban tidak membiarkan anak2nya menderita

apalagi banding2ngin anak orang lain.enak benner situ modal 500 hasilnya minta disamain sama yg modal 1000
profile picture
pertapa.gila77
aktivis kaskus
@satriyasegala y story of my life, kedua ny sama, sama2 klo salah ga pernah minta maaf, selalu i jd kambing hitam pdhl terlibat jg ga apalagi tau masalah ny apa, dan mereka ahli ny "anak durhaka, anak sialan, bla bla bla"; jd i berasa aga feeling lonely aj sih, semua dhadepin sndiri dr kecil, ga prnah ad help dari mereka
profile picture
yup yg penting kita jadinya orang bener dan jangan biarkan anak kita merasakanya

ingat gan pelaut handal tercipta dari arus yang terjang,namun pelaut tersebut harus mengajarkan generasi selanjutnya bagaimana memprediksi akan datang badai dan menghindarinya
profile picture
TS lina.wh
kaskus maniac
@satriyasegala Setuju, Gan.
profile picture
TS lina.wh
kaskus maniac
@pertapa.gila77 Pernah merasakan hal serupa saat masih single dulu.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 11 dari 11 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di