CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Klaim Raden Patah Kilafah Pertama Indonesia, Dibantai Sejarawan Inggris dan Turki
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3f770310d29538b1570b5c/klaim-raden-patah-kilafah-pertama-indonesia-dibantai-sejarawan-inggris-dan-turki

Klaim Raden Patah Kilafah Pertama Indonesia, Dibantai Sejarawan Inggris dan Turki



Peter Carey. (wikipedia)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ribut soal Raden Patah sebagai kilafah pertama di Indonesia, sejarawan Oxford Peter Carey menegaskan tidak ada bukti dokumen dari Turki Utsmani yang menyatakannya.


Penyangkalan sejarawan yang sebelumnya dicatut dalam film semi dokumenter “Jejak Khilafah di Nusantara” itu berdasarkan ahli sejarah hubungan Utsmaniyah–Asia Tenggara, Dr. Ismail Hakki Kadi.


Menurut surat Peter Carey yang diunggah asistennya di Universitas Oxford, Christopher Reinhart, Ismail Hakki Kadi disurati Carey pada 16 Agustus 2020 dan dibalas pada 18 Agustus 2020.

Kadi yang yang telah lama meneliti dokumen-dokumen Turki Utsmani di Arsip Utsmani di Istanbul mengungkapkan beberapa pokok pikiran soal hubungan Kesultanan Ustmani dengan Kesultanan di Jawa.


Pertama tidak ada dokumen di Arsip Turki Utsmani yang menunjukkan negara Islam pertama di Jawa yaitu Kesultanan Demak terutama Raden Patah memiliki kontak dengan Turki Ustmani.


Kesultanan yang ada di Pulau Jawa tidak dianggap sebagai vassal atau naungan Turki Utsmani, termasuk juga bukan wakil sultan-sultan Utsmani di Jawa.


Selain itu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Turki Utsmani dan Kesultanan Yogyakarta yang didirikan 1749, termasuk tidak ada bukti yang menunjukkan panji “Tunggul Wulung” merupakan bukti Yogyakarta adalah wakil dari Turki Utsmani di Jawa.


Menurut Reinhart, sejarah Indonesia menunjukkan bahwa orang-orangnya bukan bangsa yang lemah sehingga membutuhkan bantuan negara lain, terbukti dari kemampuan serta keberanian memproklamirkan kemerdekaan penuh pada 17 Agustus 1945.


Sebelumnya, Tengku Zulkarnain ribut bahwa Raden Patah adalah kilafah pertama di Jawa berdasarkan pidato Sultan Hamengkubuwono X di Kongres Umat Islam tahun 2015.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 27 lainnya memberi reputasi
Segitu tololnya kah orang indo sampe malah dg bangganya ingin mengakui bahwa kerajaan2 islam d nusantara dulu cuma sebatas daerah (d bawah) kekuasaan khilafah utsmani ??.. kan tolol.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
profile picture
namdokmai
kaskus maniac
Mereka pengennya indonesia dibawah khilafah turki supaya klaim dan usaha menegakkan khialfah mereka punya dasar.
profile picture
valkyr7
kaskus maniac
@namdokmai kalo gitu mah.. mendingan kita tegakkan kekaisaran jepang atau kerajaan belanda atau bahkan kerajaan inggris aja.. yg jelas2 catatan sejarahnya ada bahwa kita pernah d bawah kekuasaan mereka semua.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile picture
namdokmai
kaskus maniac
@valkyr7 buat mereka klo 3 itu khan penajajah. Nah klo yang turki itu saudara tua
profile picture
soljin7
Auto Banned
@namdokmai ah paling kaum ikhwanul muslim yg fengen di fimfin erdongan dari turki, pemimpin ikhwanul muslimin yg skrg kan erdoggy
profile picture
iupis.manis
kaskus addict
@namdokmai kilafah utsmani = ottoman itu ya ?
Yg skrg pecah jadi belasan negara itu ? emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile picture
sdh menjadi rahasia umum, kalo klaim paling jago, biarkan aja
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di