CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Klaim Raden Patah Kilafah Pertama Indonesia, Dibantai Sejarawan Inggris dan Turki
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3f770310d29538b1570b5c/klaim-raden-patah-kilafah-pertama-indonesia-dibantai-sejarawan-inggris-dan-turki

Klaim Raden Patah Kilafah Pertama Indonesia, Dibantai Sejarawan Inggris dan Turki



Peter Carey. (wikipedia)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ribut soal Raden Patah sebagai kilafah pertama di Indonesia, sejarawan Oxford Peter Carey menegaskan tidak ada bukti dokumen dari Turki Utsmani yang menyatakannya.


Penyangkalan sejarawan yang sebelumnya dicatut dalam film semi dokumenter “Jejak Khilafah di Nusantara” itu berdasarkan ahli sejarah hubungan Utsmaniyah–Asia Tenggara, Dr. Ismail Hakki Kadi.


Menurut surat Peter Carey yang diunggah asistennya di Universitas Oxford, Christopher Reinhart, Ismail Hakki Kadi disurati Carey pada 16 Agustus 2020 dan dibalas pada 18 Agustus 2020.

Kadi yang yang telah lama meneliti dokumen-dokumen Turki Utsmani di Arsip Utsmani di Istanbul mengungkapkan beberapa pokok pikiran soal hubungan Kesultanan Ustmani dengan Kesultanan di Jawa.


Pertama tidak ada dokumen di Arsip Turki Utsmani yang menunjukkan negara Islam pertama di Jawa yaitu Kesultanan Demak terutama Raden Patah memiliki kontak dengan Turki Ustmani.


Kesultanan yang ada di Pulau Jawa tidak dianggap sebagai vassal atau naungan Turki Utsmani, termasuk juga bukan wakil sultan-sultan Utsmani di Jawa.


Selain itu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Turki Utsmani dan Kesultanan Yogyakarta yang didirikan 1749, termasuk tidak ada bukti yang menunjukkan panji “Tunggul Wulung” merupakan bukti Yogyakarta adalah wakil dari Turki Utsmani di Jawa.


Menurut Reinhart, sejarah Indonesia menunjukkan bahwa orang-orangnya bukan bangsa yang lemah sehingga membutuhkan bantuan negara lain, terbukti dari kemampuan serta keberanian memproklamirkan kemerdekaan penuh pada 17 Agustus 1945.


Sebelumnya, Tengku Zulkarnain ribut bahwa Raden Patah adalah kilafah pertama di Jawa berdasarkan pidato Sultan Hamengkubuwono X di Kongres Umat Islam tahun 2015.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 27 lainnya memberi reputasi
Kalau pengen tinggal diwilayah khilafah kenapa dari dulu tidak ikut gabung ISIS aja. Asal mental kuat lihat perbudakan wanita dan kekejaman yang lain. Yang sudah-sudah sih pada mewek minta balik lagi ke indo untung pemerintah masih baik hati atau memang bodoh karena mau menerima kedatangan pengkhianat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 25 lainnya memberi reputasi
profile picture
eddy03
kaskus maniac
Law enforcement lemah. . .ikut kegiatAn militer selain neara ri kan auto gugur status wni. . .
profile picture
langitnyabiru
kaskus maniac


Lah dulukan dipersulit waktu mau kesana.pas mau ke suriah daerah perbatasan jg mempersulit.pdhl kasi aj masuk dl semua kan tinggal hancur kan kek kmrn kelar semua.nah skrg yg ngaku ribuan org isis bakal dibawa plg kemana? G gk dgr lg beritanya.apa jgn2 udah jd tetangga ente emoticon-Malu
profile picture
seperti biasa gan, penyesalan selalu dibelakang, kalo didepan pendaftaran namanye, ye gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di