CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Unik Dan Bermanfaat, Tanaman Apakah Ini?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2e04a8e83c72368a2bb73f/unik-dan-bermanfaat-tanaman-apakah-ini

Unik Dan Bermanfaat, Tanaman Apakah Ini?

Singkong Varigata



Gambar : dokpri

Setelah new normal diberlakukan oleh pemerintah, saya dan teman saya datang mengunjungi rumah teman kami yang rumahnya tak jauh dari blok rumah kami tepatnya pas didepan blok rumah saya, Orchid I. Kedatangan kami kesini ingin bercengkrama dan lunch setelah lama kena lockdown.

Komplek Orchid I ini tak jauh beda dengan Orchid A-H masih banyak rumah yang kosong tak dihuni oleh pemiliknya, bahkan ada yg dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya sampai rumput liar tumbuh tinggi menutupi tembok rumah.


Gambar : dokpri

Ada juga rumah yang di rawat oleh tetangga sekitarnya. Ditanami pohon singkong. Seperti yang saya lihat di komplek OI, pohon singkong tumbuh di halaman depan rumah. Daunnya unik seperti batik, daun singkong ini tak seperti daun singkong biasa yang saya tanam.

Agan dan Sista tahu tidak apa nama singkong tersebut?
Yuuuk ikuti terus thread ane tentang tanaman unik yang satu ini.

Sebelumnya, saya mau sapa dulu Agan dan Sista apa kabarnya? Semoga sehat selalu. Ini thread ke dua saya di forum tanaman.

Agan dan sista mungkin sudah pada kenal dengan yang namanya pohon singkong atau ketela pohon atau ubi kayu.

Gambar : dokpri

Singkong (manihot utilissima) adalah tanaman perdu tahunan yang berasal dari Brazil yang memiliki ciri-ciri yaitu bentuk daunnya yang menjari dengan 5 hingga 9 belahan lembar daun, batangnya mempunyai pola percabangan yang khas, yang keragamannnya tergantung pada varietas, dan tingginya bisa mencapai 1 sampai 4 meter.

Kali ini saya tidak membahas singkong yang biasa kita jumpai ya gansist. Saya akan mengupas tentang tanaman yang daunnya unik membuat saya dan teman saya juga penasaran, apa nama tanaman tersebut ?



Singkong varigata, yuuups itulah nama tanaman yang baru pertama kali ini saya lihat. Agan dan Sista ada yang pernah lihat singkong varigata ini?

Singkong varigata adalah salah satu jenis singkong yangg mempunyai daun berbeda dari yang lain, berwarna kuning dan hijau. Daun nya yang unik menjadi daya tarik tersendiri untuk di jadikan hiasan rumah atau dijadikan pagar rumah. Pastinya indah bukan?

Tanaman berumbi ini terkenal sebagai penghasil karbohidrat yang tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Umbi tanaman singkong mengandung protein, kalori, zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C.Umbi singkong varigata berwarna kuning dagingnya juga lembut tanpa ada rasa pahit dan langu, rasanya sangat gurih, dan kulit nya yang halus menjadi lebih mudah untuk di bersihkan.

Daun singkong/ ubi kayu variegata mengandung pigmen karotenoid sehingga air hasil rebusannya berwarna sedikit kuning, protein, lemak, zat besi dan juga kalsium.

Tidak heran jika singkong terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai sumber energy, melancarkan pencernaan, seperti mengatasi perut kembung dan sembelit, menunjang program diet rendah lemak, mencegah anemia, mencegah kanker dan lain sebagainya.

Cara menanam singkong varigata sama dengan menanam singkong yang biasa kita jumpai yaitu :
Quote:


Selain singkong varigata, berbagai jenis tanaman, bisa menjadi variegata, seperti sansivera, jenis tanaman karet, philodendron, bromelia, drasaena dan masih banyak lagi. Dan tanaman varigata ini harganya lebih mahal dipasaran karena keunikan daun yang dimilikinya.


Oke GanSis! Terima kasih sudah berkenan singgah di thread saya. Semoga thread ini menambah wawasan gansist. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa, cendol, rate, dan share. Salam Belajar Bersama Bisa.



Sumber : opri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 15 lainnya memberi reputasi
Itu bisa dikonsumsi nggak daunnya
profile-picture
gustiarny memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di