CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
[Kamus Gamer] 7 Istilah di Game MMORPG yang Wajib Kamu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f360519e83c7237cd154062/kamus-gamer-7-istilah-di-game-mmorpg-yang-wajib-kamu

[Kamus Gamer] 7 Istilah di Game MMORPG yang Wajib Kamu

Di MMORPG ada banyak sekali istilah dalam game, dan beberapa di antaranya pasti sering digunakan oleh pemain. Nah buat kamu yang tidak tahu beberapa istilah di game MMORPG, lebih baik simak yuk pembahasan Dunia Games yang satu ini karena melalui artikel ini penulis akan membahas tentang tujuh istilah di game MMORPG yang harus kamu tahu agar tidak disalahartikan. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Damage per Second (DPS)


Pertama-tama, mari kita mulai dengan damage per second atau biasa disingkat dengan DPS yang berarti kerusakan per detik. Biasanya DPS digunakan untuk mengkategorikan suatu class atau job di dalam game MMORPG yang bisa menghasilkan damage secara terus-menerus setiap detiknya.

Namun tidak semua job masuk ke dalam kategori DPS, karena ada beberapa job yang tipe serangannya cenderung ke arah burst damage dan tidak bisa menghasilkan damage per detik. Biasanya job yang masuk ke dalam kategori DPS adalah assassin, archer, dan warrior.

2. Player vs Environment (PvE)


Seringkali diucapkan, tapi apakah kamu tahu apa itu PvE? Di game MMORPG biasanya terdapat dua tipe pemain yaitu pemain PvP dan pemain PvE. Kalau PvP kan sudah jelas bahwa hal itu memiliki arti player vs player, di mana pemain akan bertarung melawan pemain lainnya.

Sedangkan untuk PvE, pemain akan bertarung dengan sistem yang dikendalikan oleh komputer seperti melawan monster yang ada.

3. Area of Effect (AoE)


Istilah yang satu ini tidak hanya bisa kita temui di dalam game MMORPG saja, karena di game MOBA pun ada beberapa serangan berjenis AoE. AoE merupakan suatu jenis atau tipe skill dengan area serangan yang sangat luas. Di game MMORPG, AoE biasanya dimanfaatkan untuk menghabisi banyak musuh sekaligus agar bisa mendapatkan loot dengan cepat.


4. GB


Istilah yang satu ini pasti sering kalian dengar, kan? GB merupakan sebuah singkatan dari grup bareng, atau group boosting, Biasanya istilah GB akan digunakan oleh pemain level kecil untuk meminta bantuan kepada pemain yang levelnya lebih tinggi.

5. Grinding


Selanjutnya ada grinding yang berarti melakukan sesuatu secara berulang-ulang seperti menjalankan dungeon, menyelesaikan quest, atau membunuh monster yang sama berkali-kali untuk mencapai target tertentu entah itu untuk meningkatkan level, atau hanya untuk sekadar mencari gold di dalam game.

6. Iframe


Selanjutnya mari kita bahas tentang istilah yang sering digunakan pada saat gameplay, yaitu iframeIframe merupakan sebuah singkatan dari invicible frame yang biasanya terdapat pada skill tertentu. Skill yang memiliki iframe akan membuat karakter akan memasuki mode kebal dan sama sekali tidak bisa diserang selama beberapa detik.

Biasanya iframe digunakan untuk menghindari serangan mematikan yang cepat, atau untuk meminimalisir damage yang masuk. Jika kamu jago dalam memanfaatkan iframe, kamu pasti tidak akan terkalahkan gaes!

7. Lure/Luring


Terakhir ada istilah lure atau luring yang berarti memancing dan menarik musuh ke area tertentu. Istilah yang satu ini biasanya ditujukan untuk job tanker karena biasanya tanker memiliki kemampuan untuk lure dengan baik.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai istilah di game MMORPG yang seringkali diucapkan. Nantikan artikel lainnya seputar game untuk menambah wawasan di Dunia Games ya dan jangan lupa juga untuk follow media sosial Dunia Games.


FANPAGE FACEBOOK: Duniagames

INSTAGRAM: @duniagames.co.id

LINE@: @duniagames

YOUTUBE: Dunia Games

APPS: Dunia Games



Spoiler for DuniaGames GiveAway:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 8 lainnya memberi reputasi
Bisa ditambahin ini ga?

TB (ane tau ini maksudnya tanking, tapi TB ndiri apaan sih? )
Buff
Nerf
Leveling
Raid (bedanya sama party apaan?)
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
profile picture
kucinkx
kaskuser
TB = Tahan Badan
profile picture
epopolocroia
kaskus maniac
TB, tahan badan emoticon-Leh Uga

Raid lebih main keroyokan emoticon-Hammer (S)
profile picture
epopolocroia
kaskus maniac
buff efek pasif

nerf di balancekan emoticon-Hammer (S)
profile picture
b4breakk
kaskus maniac
@epopolocroia raid artinya party kejar storan bkn emoticon-Bingung
profile picture
epopolocroia
kaskus maniac
@b4breakk bisa jadi, karena raid sekarang ada harinya, tapi dulu boss di raid karena bossnya dikeroyokin emoticon-Hammer (S)
profile picture
kucinkx
kaskuser
buff itu tambahan efek skill support ingame yg bisa ningkatin performa ( bisa atk,aspd,mspd,def )
bisa juga pengertiannya buff itu update game utk meningkatkan performa karakter, kalo nerf kebalikannya. supaya game lebih balance.
profile picture
Gludin
kaskus addict
TB: Tahan Badan. Biasa dilakukan class jenis tanker seperti knight, paladin dst.
Class tanker merupakan class memiliki pertahanan, hp (hit point) atau darah dan bahkan elemental resistant terbesar. Selain itu, class ini pastinya memiliki aggro terbesar dibanding class lain.
Fungsi aggro agar monster nempel terus kepada tanker. Ga menyerang anggota party atau yang lainnya. Karena class tanker dibekali skill jenis lure / taunt/ provoke yang fungsinya untuk meningkatkan atau mempertahankan aggro.

Biasanya sih tingkatan aggro dalam party dari yang terbesar hingga terkecil:
Pertama, class tanker
Kedua, class nuker (nuker class artinya class yang bisa memberi damage terbesar. Class nuker fisik biasanya warrior sedangkan magic ya class mage seperti wizard. Bisa dibilang class nuker = damagenya kayak nuklir. Ugal-ugalan)
Ketiga, class dps (damage per second. Artinya class yang bisa memberikan banyak serangan dalam waktu tertentu. Misalkan bisa memberikan 2 serangan dalam waktu 1 detik. Class dps merupakan class yang attack speednya tertinggi dibandingkan class lain. Contoh class dps yang common adalah assassin)
Keempat, class healer. (Dalam beberapa kasus, healer bisa juga memberikan aggro besar dan mengalahkan aggro tanker. Misalkan ketika healer menggunakan skill heal/ penyembuh terkuatnya.
Terakhir, class lain.


Buff:
Sebetulnya ada dua maksudnya.
Pertama, buff bisa dikatakan skill yang memberikan efek tertentu. Misalkan meningkatkan attack, defend, dst.

Arti buff kedua bisa diartikan 'di patch'. Misalkan ada class atau skill tertentu rada useless kemudian pihak game akan melakukan buff; diperkuat dibandingkan sebelumnya, atau bisa juga sebuah class ditambahkan skill baru.

Nerf merupakan kebalikan dari buff (arti buff yang ane maksud di paragraf atas yang kedua).
Misalkan ada class atau skill tertentu yang overpowered, terlalu kuat dan merugikan mekanisme game. Sehingga class atau skill tersebut di nerf; dikurangi kemampuannya dibandingkan sebelumnya.

Leveling: menaikkan level karakter. Misalkan dari level 1 ke level 10. Untuk leveling membutuhkan exp (experience) yang didapatkan dari monster, quest dst.

Raid: Bossing lebih dari satu party.
Biasanya dilakukan untuk melawan monster yang super tebel dan kuat, monster jenis Boss, MvP, dll lah yang spawn monsternya di waktu tertentu. Butuh lebih dari satu party buat menghajarnya.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di