CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
5 Hari Belajar Tatap Muka Dibuka, 6 Sekolah Jadi Klaster Corona Baru di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f34c95ac0cad755cd6d81a0/5-hari-belajar-tatap-muka-dibuka-6-sekolah-jadi-klaster-corona-baru-di-indonesia

5 Hari Belajar Tatap Muka Dibuka, 6 Sekolah Jadi Klaster Corona Baru di Indonesia



INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Menteri Nadiem Makariem pekan lalu telah memperbolehkan sekolah di zona kuning dan hijau dibuka kembali.

Namun, berselang 5 hari pembelajaran tatap muka sudah muncul 6 klaster corona baru yang tersebar di Indonesia.

"Saat PBM tatap muka dimulai, bermunculan klaster-klaster baru penularan Covid dari sekolah dari berbagai daerah. Konsekuensi serius dari kebijakan @Kemdikbud_RI !!Apa tindakanmu Kak @Nadiem_Makarim?" cuit akun Laporcovid19, yang dikutip redaksi dari laman Kumparan pada Kamis pagi (13/8).

Berikut adalah daftar 6 klaster corona baru sekolah di seluruh Indonesia: 

1. Klaster Sekolah Tulungagung
Siswa 9 tahun menulari 5 siswa lainnya dan 2 guru. Siswa ini tertular dari sang ayah.

2. Klaster Sekolah Kalimantan Barat
14 siswa dan 8 guru di Provinsi Kalbar terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka berasal dari:

SMA 1 Ketapang,

SMA 1 Ngabang,

SMA 1 Pontianak,

SMPN 1 Pontianak,

SMAN 2 Pontianak

SMAN 3 Pontianak

3. Klaster Sekolah di Tegal
Siswa SD dari Kecamatan Pangkah, Tegal, positif corona tertular dari kakeknya. Ia sempat masuk sekolah. Akibatnya guru dan teman sekelasnya harus menjalani tes swab.

4. Klaster Sekolah di Cilegon
Seorang siswa SMPN 7 Cilegon positif COVID-19 di masa uji coba KBM tatap muka di 53 sekolah yang dihelat mulai 3 Agustus 2020.

Pemerintah Daerah Cirebon langsung membatalkan kebijakan sekolah tatap muka pada 5 Agustus.

5. Klaster Sekolah Sumedang
Pelajar (6 tahun) di Kecamatan Situraja & pelajar (9 tahun) dari Kecamatan Sumedang Utara tertular corona dari pedagang Pasar Situraja. Keduanya tertular saat perjalanan ke/dari sekolah.

6. Klaster Sekolah Pati

26 santri Pondok Pesantren di Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati dinyatakan positif COVID-19.

Baca Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/7219...u-di-indonesia

profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 27 lainnya memberi reputasi

Balik ke jaman behula sebelum ada internet,
ada sekolah jarak jauh pakai surat menyurat (media cetak)

Di Indonesia ada Universitas terbuka yang punya pengalaman tentang pembelajaran jarak jauh model surat menyurat dan media lain nya!

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.



Coba Konsultasi sama yang sudah banyak jam terbang nya



Kita bisa melihat apa yang di lakukan negara lain di web site di bawah ini


How Countries are using Edtech to Support Remote Learning during Covid-19 Pandemic

Mungkin kita bisa belajar sesuatu dari sana

BERMUDA

The priority for the Department of Education is to ensure that educational activities continue through the extension of the school closures. Government has extended the “shelter-in-place” regime until May 2, 2020 and schools will resume the remote learning programs​. The Department will continue to provide updates through its Facebook page, email, school apps, social media, and its website.

The website also provides guidance to parents and caregivers on supporting remote learning at home. The Commissioner of Education also uses the website to share letters of encouragement with parents to keep morale high.

Physical copies of learning packets will be provided for students who do not have access to connectivity (device or the Internet) to ensure that all students are engaged in learning during the lockdown. These learning packets will be delivered to their roadside mailboxes by post office staff.

GUYANA

The Ministry of Education has put in place three key interventions to support the continuity of learning during COVID-19. First, practice test papers to support grade six students are available on the Ministry's website for students in coastal and hinterland regions with Internet connectivity. Students without connectivity in the hinterland regions will benefit from the distribution of compiled worksheets. Second, students can tune into the television learning channel to access educational programs at designated times for students. Third, education lessons through interactive radio instruction (IRI) have been put in place for grades 1-3, and broadcast to schools catering to grades 3 -6 radio listeners.

JAMAICA

The Ministry of Education, Youth and Information has put in place support initiatives targeted at all levels of the education system to the end of April 2020, with the possibility of further extension if required. This support includes several services for students, including: printing service and printed learning kits for students without Internet connection; educational television lessons and rebroadcasts accessible on 25 cable channels (eg. “School’s not OUT” on TJ Live channel); zero-rated data access to the MoEYI website which houses educational content and online exam (PEP) workbooks; PEP hotlines; learning content composed by the Early Childhood Commission for children aged 0-5 years; school-based initiatives using Google Suite, Schoology, Edmodo, Zoom, Skype, WhatsApp, etc. are in place and supported by the Education Officers; partnerships with Internet service providers to enable online learning on subsidized data plans as well as zero-rated learning websites; subsidized data plans provided by Digicel that are benefiting teachers; and digital learning resources available on open online platforms (eg. One on One Educational Services, Cheetah, Book Fusion, Edufocal, the Learning Hub, CSEC COVID-19 Toolkit, etc.)



Fun Education (Challange games)

CAMBODIA

The Ministry of Education, Youth and Sport in cooperation with the Japan International Cooperation Agency (JICA) launched Think! Think!, an educational programme to provide free online lessons to young students. The Ministry aims to broadcast this content as education TV programming via Satellite Decho TV (DTV) in the near future, to reach students with no access to the Internet or related devices. The Think! Think! program along with 15,000 types of new puzzle games are being made available on the ministry’s Facebook pages (MoEYS Cambodia and Krou Cambodia) every Monday, Wednesday and Friday from 5:00-5:30 pm.​



profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
profile picture
fa.uz
kaskus maniac
UT dah berpengalaman lama banget buat pembelajaran jauh, bisa lah diajak kerjasama.
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
Kalo di daerah mah UT udah kek jualan ijazah doang. Lulusannya rata2 ga kompeten. Biasanya memang yg mau dftr kerja biar dpt jabatan lebih tinggi
profile picture
kampret.strez
kaskus addict
@Ilucinasih Lulusannya nggak kompeten kok terakreditasi B.

Tetep UT nggak ngobral nilai juga. Banyak yang ipk nya ancur gegara belajar nya santai-santai di rumah, ternyata ujiannya susah banget. Dapet nilai B atau A tetep sulit di UT.
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
@kampret.strez hmm agan polos atau gimana yah. Akreditasi itu udah rahasia umum lh dptnya gimana.
PNS di daerah ane ini rata2 lulusan UT. Kerjanya pada ga bener. Ada yg ga bisa kerja. Apaagi yg lulusan guru. Ngajar aja ga bisa. Tapi ya krna pns aman mereka itu. Sesulit2nya di ut dpt nilai lebih sulit di ptn jg gan.
profile picture
kampret.strez
kaskus addict
@Ilucinasih

UT itu PTN:
https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Terbuka

Penilaian akreditasi itu melipui kualitas alumni nya juga.

Kalau ane lihat daftar nilai mahasiswa UT yang ditempel di dinding, banyak yang ancur, yang nilainya bagus itu sedikit banget. Mungkin akibat menyepelekan. Karena nggak harus datang ke kampus akhirnya sehari-hari banyak nyantainya, baru kebut belajar menjelang ujian, dan baru nyadar nggak cukup waktu untuk menguasai semua materinya, akhirnya nilainya E.

Banyak ujian nilai mahasiswa nya sebaran D/E. Dan rektornya pun tidak menyalahkan dosennya, karena memang itu tanggung jawab mahasiswa nya masing-masing.

Jadi jangan menyepelekan belajar disana, mesti sangat disiplin juga. Luangkan waktu 6-8 jam per hari untuk belajar dan membaca buku diktatnya, meski nggak harus ke kampus tiap hari.

Ane sempat mau melamar jadi tutor online disana, makanya ane coba cari-cari info.
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
@kampret.strez nah klo penilaian meliputi alumni trus gimana bisa akreditasi B kalo misalnya alumninya bnyk yg ga beres kek contohnya di daerah ane aja? PTN selain ut jg banyak yg lebih bagus segala fasilitasnya tp akreditasinya C.
Temen ane bnyk yg jadi tutor ut tuh gan. Yg penting ijazah s2 ditangan udah bisa tuh. Kuliah sabtu minggu doang fullnya. Yg jadi pejabat UT jg dosen2 ane kuliah dlu.jadi temen ane ya bisa jadi dosen disana juga dikontrak. Nilai juga kadang dikasih sama dosen. Bayangin aja klo misalnya nilai dikasih jeblok semua. Siapa yg mau dftr UT jadinya. Mending ambil swasta yg jaminan nilai tinggi atau PTN yg gengsi tinggi ya kan?
profile picture
kampret.strez
kaskus addict
@Ilucinasih kalau akreditasi C, mau kampus bagaimana pun ya nggak laku.

sekarang saja banyak perusahaan mensyaratkan akreditasi minimal B (termasuk PNS)

yang kuliah di UT itu rata-rata orang-orang yang punya pekerjaan yang nggak memungkinkan untuk datang ke kampus, misal TKI di hongkong, tentara yang sedang berdinas di Suriah, pegawai sedang dinas di pedalaman.

salah kalau kuliah di UT alasannya karena ingin santai.

kayaknya agan nggak tahu apa-apa tentang UT.

meski belajar nya online, tingkat kesulitan ujiannya juga sama dengan yang belajar di kampus, tidak kurang dan tidak lebih. bobot PENILAIANnya juga sama, sekitar 25-35% uts, 35-50% uas, sisanya mungkin tugas-tugas atau keaktifan. bedanya kalau yang belajar di kampus tatap muka dengan dosennya, yang online harus aktif sendiri mencari ilmunya.

masalahnya mahasiswa yang disiplin kalau nggak diperhatikan dosennya itu nggak banyak. yang nilainya ancur, karena selama masa perkuliahan nggak menggunakan waktunya untuk mencicil belajar materinya.
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
@kampret.strez lah agan ga tau kalo PTN akreditasi C juga laku yah? Hmmm. Bnyk tuh tuh gan yg akreditasinya C mahasiswanya ribuan yg dftr emoticon-Ngakak

Ga tau dr mananya gan? Yg paling simpel aja yah. Klo misalnya dikti ada mensyaratkan minimal kehadiran mata kuliah itu sekian persen buat lulus, pertemuan minimal dalam satu semester sekian, sedangkan ut rata2 klo masuk sabtu minggu bukannya itu udah ada yg dimainkan disana? Coba deh sekali2 liat cabang ut gan. Liat gimana kampus sama dosennya sama kualitas lulusannya. Dosennya aja rata2 bukan dosen tetap kan. Sedangkan buat dapet akreditasi B perlu minimal dalam satu prodi dosen tetap lulusan s2 sekian dan s3 sekian. Kalo dr pengalaman ane ya di ut rata2 dosen terbang sama tutor doang kan.
profile picture
kampret.strez
kaskus addict
@Ilucinasih Peraturannya memang perusahaan-perusahaan nggak menerima lulusan akreditasi C, ane nggak melihat ada kata "kecuali" nya.

https://money.kompas.com/read/2020/0...damri?page=all

Kecuali mungkin ente anak direktur perusahaan tersebut, mungkin saja bisa lobi-lobi ke hrd nya.
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
@kampret.strez lah ane punya bnyk temen kerja di bank bumn dan swasta nasional malah akreditasi C gan emoticon-Ngakak
Yg pns juga syaratnya kampus terakreditasi. Bnyk tuh temen ane pns jg yg kampus akreditasi C. Bukan cuman pns daerah. Pns kementrian juga bnyk gan. Real life malah dlu waktu ane di msh kerja di ibukota temen ane bnyk yg lulusan d3 kampus ruko akreditasi c juga.
profile picture
basssso
kaskus addict
Kalau di tempat ane, pada kuliah di UT buat persyaratan naik pangkat Gan
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
@basssso memang rata2 gitu gan. Ut ini kebanyakan diambil sama pns atau orng yg mau masuk ptn tp ga bs bersaing di tesnya. Kebanyakan ya prasyarat ijazah buat naik jabatan sama gaji doang ujungnya. Kalo orng baru lulus sma yg mending ambil ptn bergensi atau swasta sekalian.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di