CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
LSM Australia Protes Pemotongan Sapi di Indonesia: Brutal dan "Tak Manusiawi"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f34831988b3cb798e0085a2/lsm-australia-protes-pemotongan-sapi-di-indonesia-brutal-dan-quottak-manusiawiquot

LSM Australia Protes Pemotongan Sapi di Indonesia: Brutal dan "Tak Manusiawi"

Judulnya kepanjangan: jadi saya singkat. Judul asli: LSM Australia Layangkan Protes Atas Pemotongan Sapi di Indonesia: Dianggap Brutal dan “Tak Manusiawi”




JAKARTA - Sebuah video yang menunjukkan penanganan ternak sapi asal Australia dipotong di dua rumah pemotongan hewan di Indonesia kembali menjadi sorotan di Australia.

Pemotongan tersebut dinilai brutal dan disebut “tidak manusiawi”.

Pemotongan hewan di Indonesia itu diprotes Sebuah LSM bernama Animals Australia.

Animals Australia telah melayangkan surat protes kepada Departemen Pertanian, Air dan Lingkungan Australia (DAWE).

Surat itu juga disertai rekaman video mengenai adannya pemotongan hewan dengan cara-cara yang tidak manusiawi yang dilakukan di rumah pemotongan yang sudah memiliki lisensi yang berada di Aceh tersebut.

Menurut Animals Australia, peristiwa yang direkam tersebut terjadi saat pemotongan hewan selama Hari Raya Idul Adha, 30 Juli lalu.

Mengutip dari dari ABC Australia, CEO Animals Australia Glenys Oogjes mengungkapkan, tata cara pemotongan ‘sangatlah mengkhawatirkan’, seperti yang sudah pernah diungkapkan di tahun 2011.

Padahal sekarang sudah ada sistem pemantauan yang dibuat oleh Departemen Pertanian Australia, bernama Exporter Supply Chain Assurance System (ESCAS), setelah adanya larangan ekspor ternak ke Indonesia di tahun 2011 silam.

“Ternak Australia di Indonesia masih dipotong menggunakan model Mark I yang sudah dilarang, penggunaan tali dalam pemotongan hewan menjadi keprihatinan bagi kita semua di industri peternakan,” kata Glenys.

“Jelas sekali ada penerapan sanksi bagi pelanggaran ECAS meliputi pencabutan lisensi, sistem ini tidak akan secara efektif melindungi ternak dari penanganan yang brutal.”

Namun Animals Australia menolak untuk memberikan rekaman tata cara pemotongan tersebut kepada ABC.

Penghentian pengiriman ternak ke Indonesia
Beberapa pengusaha ekspor ternak disebutkan sudah menyaksikan rekaman tersebut dan satu perusahaan sudah menghentikan sementara pengiriman sapi ke fasilitas yang bermasalah itu, menurut Dewan Ekspor Ternak Australia (ALEC).

Direktur eksekutif Dewan Eksportir Hewan Ternak Australia, Mark Harvey-Sutton mengakui rekaman tersebut sangat ‘membuat stress’ yang melihatnya dan menunjukkan hewan-hewan yang berasal dari Australia diikat dengan tali dan kemudian lehernya digorok tanpa dibunuh dengan kejutan listrik sebelumnya.

“Peristiwa tersebut tampaknya terjadi karena dilakukan oleh staf yang tidak berpengalaman, namun jelas ini di luar protokol normal yang dilakukan di Indonesia,” terang dia.

Menurut Mark, beberapa video dan sejumlah besar foto yang diambil antara tanggal 30 Juli sampai 5 Agustus menunjukkan adanya 10 ternak sapi di fasilitas tersebut.

Dia mengungkapkan, pengusaha Australia yang melakukan ekspor segera melakukan tindakan untuk mengetahui identitas sapi tersebut, namun tanda yang digantung di telinga sapi sudah dibuang, sehingga menyusahkan untuk mencari identitas sapi tersebut.

Dia membela sistem ECCAS yang sudah ada dengan mengatakan apa yang terjadi sebagai sebuah perkecualian.

“Saya tidak berusaha membela, namun sistem ini sudah bekerja dengan baik karena kami memiliki sistem yang luas di Indonesia, dimana kesejahteraan hewan sangat diperhatikan,” kata Mark.

Juru bicara DAWE mengatakan seluruh pengusaha ekspor ternak ke Indonesia sudah dikontak untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

“Adalah hal yang tidak tepat untuk memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah yang sedang dalam penyelidikan,” kata juru bicara tersebut.

https://makassar.terkini.id/lsm-aust...tak-manusiawi/

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.buky dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Inikan sapi bukan manusia...

Kenapa sapi dimanusiakan dan harus di manusiawi kan?

Jadi mirip klepon
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan pertotperbaik memberi reputasi
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek


Bukan binatangnya yg dimanusiawikan tapi manusianya. Mereka negara lebih maju maka standard moralnya lebih tinggi bahkan untuk memperlakukan binatang sekalipun.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 jangan ngeklaim standar moral. Tiap budaya punya adat masing-masing. Nggak bisa dikata di sana lebih tinggi di sini lebih rendah.

Di Eropa orang boleh telanjang bulat di pantai atau kolam renang, Di Asia itu disebut tidak bermoral dan pelanggaran hukum.

Di Australia orang zina itu hal biasa di Asia itu dianggap tidak bermoral.

Di Asia poligami bisa diterima di Eropa itu tidak bermoral.

Moral, adab itu tergantung budaya masing-masing. Nggak bisa diklaim sono lebih tinggi, sini lebih rendah.
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer lah emang budaya kita gmn awalnya ? Emang dlu kita mengenal bra ? Bahkan perempuannya dlu gak pernah pake atasan.

Maksud lu telanjang bebas si sana gak diatur apa ? Klw telanjang bebas di public depan anak2 bisa dipenjara lah.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 lihat konteks nya budaya dan zaman nya. Jangan disamakan, makanya Ane bilang nggak bisa ngeklaim moral merasa paling tinggi. Jaman dulu (zaman Mataram kuno) cewek nggak pakai bra, topless apa dianggap tidak bermoral? Enggak kan
Mungkin yg bilang gitu orang2 Barat (kolonialis) yg bajunya bertumpuk2. Sekarang di Nusantara cewek topless atau nggak pakek bra dicap tidak bermoral tapi di Eropa itu biasa saja.
Jadi apa bisa ngeklaim bangsa itu moralnya lebih tinggi dari bangsa lain.

profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer yg gw bilang itu standard moralnya bukan moralnya. Di negara2 dengan hukum syariat punya standard moral yg sangat tinggi sampai2 melarang anaknya pacaran, menghukum pelaku LGBT dll.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 apa patokan bisa dibilang standar tinggi atau rendah?
Contoh: orang Indonesia kalau makan daging/ ikan pasti dimasak benar2 matang.
Orang Barat suka makan steak daging masih kemerahan (setengah matang). Orang Jepang/Korea suka makan ikan mentah bahkan gurita hidup 2.
Lalu siapa yg bisa bilang standar moral mana yg lebih tinggi.

Ukuran moralitas itu tergantung dari cara pandang budaya masing-masing, tergantung norma, nilai dan adat yang berlaku di tempat itu. Di tempat lain bisa jadi aturannya beda, ukuran moralitas nya juga beda Nggak bisa dibilang bangsa itu lebih bermoral atau standar moral nya lebih rendah.
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer ya lu tanya ama negara yg bersangkutan lah bagaimana mereka mengukur standard moral mereka. Tapi kenapa gw bilang standard moral mereka tinggi untuk urusan ini adalah bahwa mereka lebih baik dalam memperlakukan makhluk hidup bahkan untuk hewan yg dikonsumsi sekalipun. Setiap hewan hidup itu punya naluri untuk survive agar dapat melanjutkan kode genetik nya dan pada hakekat nya kita manusia juga melakukan hal yg sama bedaya kita punya kesadaran, kita punya tingkat yg lebih banyak dalam proses kognitif pada otak kita, dan lu masih tanya kenapa mereka punya standard moral yg lebih tinggi untuk urusan ini?

Gw kasih contoh, kenapa suntik mati itu lebih bermoral daripada jenis hukuman mati lain nya seperti pancung, gantung, tembak.

Emang benar itu tergantung sudut pandang budaya masing2 daerah, contoh nya negara yg menerapkan hukum syariah saya akan menilai bahwa beberapa aturan di negara itu menetapkan standard moral manusia itu begitu rendah. Jadi gw gak perlu mengatakan bahwa itu baik2 saja hanya karena mereka dan kita punya budaya yg berbeda, maka gw akan mengatakan dengan lantang bahwa membatasi hak2 manusia seutuh nya adalah perbuatan yg tidak benar.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 trus mau mu apa? Sebelum disembelih sapi disuntik bius dulu gitu?

Emang Elu mau makan daging sapi mengandung obat bius?
Kalo Ane sih ogah.
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@larapeequer itu contoh bukan berarti lu perlakukan seperti itu, membunuh sesama spesies aja bisa dilakukan dengan cara yg lebih layak masa membunuh spesies lain kagak bisa.

Lu gak tau ya letak kebarbaran masyarakat indonesia saat nyembelih sapi, dengan cara dijatuhkan ke tanah, digorok dengan cara sadis yg bisa membuat tuh sapi stres, dilakukan di depan anak2, belum lagi tempat pemotongannya di tempat2 publik, limbah kotoran dan darahnya mengotori lingkungan, belum lagi bau yg menyengat dalam radius beberapa meter.

emoticon-Cape d...
profile picture
yanxil
kaskus maniac
Ini nyembelih ajaran siapa sih emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

move on ngapa emoticon-Leh Uga

profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 lha terus maumu gimana? Protes mulu tanpa solusi.
profile picture
@jhonlenon60 @larapeequer Bukan dibius tapi distun pake listrik atau di gas dgn nitrogen dan argon.
Gak ada cairan bius.

Lagipula si hewan sudah memberikan kita dagingnya, apa salahnya memberikan mereka alternatif kematian yg tidak menyakitkan?
Kenapa tetep mesti disiksa, hanya karena ngikutin seperti apa yg dilakukan manusia primitif gurun yg katanya dapat wahyu dari makhluk ghaib dari goa hira?
Ntah bener tuh makhluk ghaib ada atau gak, beneran malaikat atau jin atau bahkan iblis yg nyamar? gak ada yg bisa membuktikan.
Tapi yg jelas kalau menurut saya, Tuhan pasti lebih suka bila kita memperlakukan ciptaannya dgn baik, apalagi yg sudah memberikan manfaat kpd kita, mau itu manusia ataupun hewan.
Lah ini ada agama yg katanya Tuhan tapi ajarannya malah menimbulkan penderitaan bukan hanya kpd hewan tapi juga manusia (yg tidak mau ngikut agamanya)
Yg ditanamkan kpd umatnya kebencian terhadap kafir (non-musl*m), dan himbauan utk mendiskriminasi, bunuh, terror, rampok (fa'i & ghonimah), dan menculik perempuan2 kafir, lalu dijadikan budak seks.
Yang mana diajarkan langsung oleh si nabi goa hira kepada sahabat2nya.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@jhonlenon60 @5rhines.. apa kau pikir disetrum itu tidak sakit?
Ane pernah kesetrum listrik Gan, walaupun cuma kesenggol dikit, sakit lho apalagi sampai pingsan.
Dibikin pingsan pakai gas?. Jadi ingat kemp konsentrasi nya nazi. Apa itu tidak menyiksa juga. Pakai masker N95 ajah kesiksa banget karena susah nafas, lha ini dibikin sesak nafas ampe pingsan.
Habis itu disembelih, 2 kali dong sakitnya.

Ane pernah baca tiap negara punya cara eksekusi terpidana mati yg beda2, dan itu menurut mereka yg paling manusiawi dan tidak menyakiti karena berlangsung cepat. Tapi tak ada yg tahu kebenarannya, cara mana yg sakitnya lebih sedikit, semua cuma asumsi.

Karena kita yg masih hidup enggak ada yg tahu saat sakaratul maut itu sakitnya seperti apa?
Tapi mengamati orang2 yg meninggal hampir kesemuanya merasakan sakit luar biasa saat sakaratul maut, apapun penyebab kematian nya entah karena sakit, entah kecelakaan, terlihat dari ekspresi mereka yg menyeringai menahan sakit.

Jadi Ane heran aja gimana bisa ngeklaim cara mati seperti apa yg tidak sakit. Bahkan Ane sering baca juga kisah penderita kanker yang sudah parah dan mendekati hari akhirnya, obat penghilang rasa sakit pun tak berfungsi mengurangi rasa sakitnya. Dan rasa sakit itu dibawa sampai hembusan nafas terakhir.

Jadi apa ada cara mati tanpa rasa sakit?

Logis aja Gan, nggak usah mengumbar kebencian kepada agama. Toh Elu juga nggak jaminan bakalan masuk surga atau reinkarnasi jadi manusia.
profile picture
@larapeequer Aduh agan queer ini malah makin menunjukkan kegobl*kannya.
Tadinya bilang pake cairan bius,
Sekarang membandingkan jari kesentrum sama peralatan elektronik dengan sapi yg di stun bagian jidatnya dengan penetrative captive-bolt dengan tegangan listrik tinggi.
ck ck ck.

Agan kalau kakinya ketusuk paku sakit gak? sakit kan?
Tapi kalau kepala ditembak tepat dibagian jidat dgn shotgun yakin bakalan sakit?

Soal gas, agan kira gas itu semuanya sama?
Yang agan hirup itu juga gas, gan.
Namanya oksigen.
Yg dihembuskan namanya karbon dioksida.

Gas yg digunakan utk mengambrukkan ternak juga beda dengan gas yg digunakan di gas chamber saat holocaust.
Gas yg digunakan utk holocaust itu Zyklon B
Sedangkan gas utk mengambrukkan ternak itu nitrogen dan argon, yg menyebabkan mereka pingsan kehilangan kesadaran tanpa menimbulkan rasa sakit.

Soal reinkarnasi2an atau surga2an, gak ada yg tau, yg penting ane hidup sebaik2nya kepada diri sendiri dan makhluk lain.
Karena kalaupun Tuhan ada ane yakin dia akan lebih senang dengan ciptaannya yg seperti itu, ketimbang ciptaannya yg suka nyembah diriNya ke arah kotak hitam, tapi prilaku tidak manusiawi dan tidak dapat memberikan kontribusi apa2 selain doktrin konyolnya yg menyebabkan diskriminasi, kekacauan dan penderitaan.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@5rhiines.. oh berarti Elu pernah disetrum jidatnya ampe pingsan yah Gan. Jadi tahu sakit apa kagak. Itu yg kenak petir wattnya lebih tinggi berarti nggak kesakitan yah Gan?

Elo juga pernah dibikin pingsan pakai nitrogen ma argon jadi tahu kalo enggak sakit?

Aneh aja sih, penyelam yg keracunan nitrogen ajah mengeluhkan sakit kok.

Dan setelah kau sakiti itu hewan sampai pingsan lalu kau bunuh dia. Bolehkan Ane bilang kau lakukan 2 kali penyiksaan pada hewan?

Ini seperti pemilihan cara eksekusi mati: dihukum pancung, disuntik, disetrum, atau ditembak. Tiap negara yg melakukan salah satu dari cara itu mengklaim caranya paling tidak penyakiti dan kematian berlangsung cepat. Tapi tak ada yg bisa buktikan mana yg paling tidak sakit, karena kita2 yg menilai tidak pernah merasakan hal itu. Kita belum ada yg tahu rasanya sakaratul maut.

Elu mo ngatain Ane bodoh, goblok silahkan, sah2 aja merasa paling pintar dari semua orang. Manusia memang tak jauh dari kenaifan dan kesombongan. Apalagi yg merasa tahu kehendak Tuhan.

Dan menurut pendapat Ane menyiksa hewan 2 kali (bikin pingsan lalu dibunuh) itu tak jauh bermartabat dari sekali aksi langsung mati. Terserah Lo mo menerima beda pendapat pa kagak. Toh unfaedah juga, karena Ane bukan tukang jagal sapi.
profile picture
@larapeequer Jadi membuat orang pingsan secara instan dgn sekali memukul leher bagian belakangnya = membuat orang pingsan dengan berkali2 ngegebugin bagian badannya (selain kepala) pake batang kayu?

Jadi hukuman mati dengan cara dikuliti = hukuman mati dengan tembak dengan shotgun ke kepala?

Mengerikan sekali naifnya dan minimnya pengetahuan ente gan.

Soal petir nih wawancara langsung dengan orang yg pernah kesambar petir tapi gak mati.

https://www.vice.com/en_us/article/w...-lightning-731
Well, if you’ve ever been knocked out, there’s a lot of pain. But there wasn’t any pain. It was just the shock of being hit really hard and then that was it.

Dan soal dibunuh ketika kehilangan kesadaran, coba tanyain sama orang2 yg dioperasi setelah di bius total.
Adakah rasa sakit waktu dioperasi?

Aduh kyk ngajarin anak TK, ane,
eh sorry lebih parah ding, seenggaknya ponakan gw yg TK dikasih tau gak bebal kyk begini.
profile picture
larapeequer
kaskus geek
@5rhiines.. elu cuman ngomong doang tapi belum pernah ngalamin sendiri kan, dipukul, dibius, dibikin pingsan.
Orang 2 terdekat Ane yg pernah pingsan mengatakan mereka tidak tiba2 pingsan, tapi merasakan sakit terlebih dahulu. Sakit yg tak tertahankan hingga nggak kuat lalu pingsan dan minimal rasa pusing yg sangat berat.
Elu bilang cuma shock, emang shock nggak sakit apa? Belakan kepala dipukul buktinya apa ada memar dikulit berarti ada trauma di sana. Bahkan orang kaget pun merasakan sakit seperti jantung berdebar-debar.

Trus Elu lari ke dikuliti, dipukuli itu maksudnya apa? Kasih hukuman atau apa. Hukuman cambuk, hukuman kurungan sesuai undang-undang memang dimaksudkan untuk menghukum agar ada efek jera, dan peringatan biar orang lain enggak melakukan hal yg sama.

Elu tuh mo debat pakai logika atau cuma mo mengumbar kebencian terhadap agama orang lain.
Sebenarnya yg kayak anak kecil itu siapa? Yg cuman niat debat untuk mengutarakan pendapat pakai logika atau yang hanya menggunakan debat alih2 untuk kasih ide justru cuman melampiaskan kebencian ke suatu kaum.

Yg Ane herankan, ngakunya orang pintar, luas wawasan kok cuman menghabiskan waktu buat ngurusin agama orang lain. Benar2 unfaedah.

Apalagi yg pakai alasan aku beginikan karena itu tokoh agama mengiha agama ku. Lha dihina lalu ngebalas menghina, Trus apa bedanya kelakuan mu ma oknum tokoh agama itu. Apalagi yg disasar bukan oknum tokoh agama tapi ke seluruh umatnya, mirip teroris jadinya. Bencinya ke Amerika yg diledakin negara sendiri.

Kebencian dibalas kebencian, mirip orang carok saling bacok2 an. Lalu tereak lantang noh kafir ngasilin penemuan gini2, orang agama Lu ngasilin apah, tapi dia nggak berkaca Elu sendiri dapet apa dari ngelakuin carok.

Dan para penemu itu nggak pernah juga ngrecokin agama orang lain, dan mereka nggak peduli siapa yg makek penemuannya agamanya apa, rasnya apa. Debat, diskusi hanya buat melampiaskan hasrat kebencian, benar2 unfaedah.
profile picture
@larapeequer Parah gak ada obatnya bodoh dan bebalnya sampeyan, yg bilang gak ada sakit sama sekali waktu kesambar petir itu ya orang yg ngalami sendiri, yg diwawancarai sama media yg gw copas diatas,
eh malah ngeyel pasti sakit sama seperti orang terdekatnya yg pingsan karena pusing tak tertahankan...
Dikira yg menyebabkan orang pingsan dan mati itu semua sama. emoticon-Gila

Dibius? paman ane pernah dibius total waktu operasi cincin jantung, dan dia gak ngerasain sakit waktu operasinya.

Lalu ente malah lari ke efek jera, terus play victim...

astaga... ampun deh nyerah gw ngasih tau orang kyk gini.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 18 dari 18 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di