CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f33a75c88b3cb7c575dabd1/inilah-alasan-kenapa-mcdonalds-gak-punya-satu-pun-gerai-di-bolivia

Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia



Apa yang ada dibenak Agan kalau mendengar sebuah negara bernama Bolivia?

Kalau ane sih akan selalu terngiang tentang ketenaran negara tersebut akan berbagai macam makanannya. Malahan, Bolivia seringkali dianggap sebagai sumber dari macam-macam makanan, diantaranya seperti cabe rawit, merica, buncis, dan masih banyak lagi.

Meskipun terkenal dengan berbagai macam makanannya, tapi ada fakta menarik dari Bolivia yang ada kaitannya juga dengan makanan, tapi kali ini makanan cepat saji Gan. Dan, asal kalian tahu aja nih, masyarakat Bolivia itu gak akrab loh dengan makanan cepat saji, lebih spesifik lagi dengan McDonald’s. Bahkan disana gak ada satu pun gerai McDonald’s loh Gan.



Padahal kalau ngomongin tentang McDonald’s, siapa sih yang gak tahu restoran penyedia makanan cepat saji tersebut. Apalagi di seluruh dunia tuh terdapat 36 ribu gerai McDonald’s yang tersedia di berbagai negara. Tapi kenapa gak ada di Bolivia ya?

Alasannya ternyata karena faktor kebijakan politik Gan. Jadi pemerintahan di Bolivia pada tahun 2000an mengusung kebijakan anti-asing, lebih khususnya lagi ya Barat. Dan, kebijakan tersebut masih terus konsisten dilaksanakan hingga Presiden Evo Morales memimpin Bolivia sejak terpilih pada 2006 lalu. Menurut Evo Morales, makanan cepat saji dari Barat itu banyak memberikan kerugian untuk manusia. Dia juga beranggapan kalau perusahaan multinasional makanan cepat saji punya upaya untuk mengendalikan produksi makanan dan mendominasi pasar global sesuai dengan kebiasaan dan makanan yang diterapkannya.



Padahal sebelum Evo Morales berkuasa, McDonald’s sempat eksis juga loh di Bolivia. Apalagi setelah kejadian krisis inflasi di Bolivia yang mencapai 11.000 persen pada tahun 1985. Karena inflasi yang mencengangkan tersebutlah, kala itu Presiden Victor Paz Estenssoro membuat sebuah kebijakan ekonomi yang mengundang kehadiran investor asing untuk menanamkan modalnya di Bolivia. Salah satunya ya McDonald’s yang pertama kali hadir di Bolivia pada tahun 1997.

Saat kebijakan ekonomi tersebut berlangsung, ekonomi Bolivia dalam rentang waktu 1985 hingga 1997 pun mengalami pertumbuhan hingga 4 persen. Dampak positif juga dirasakan oleh McDonald’s yang kala itu dalam dua tahun pertamanya di Bolivia sudah mempunyai 6 gerai.

McDonald’s sempat menjadi salah satu restoran makanan cepat saji favorit masyarakat Bolivia karena terdapat varian menu ala makanan lokal. Hal tersebut merupakan strategi dari McDonald’s untuk lebih menyesuaikan makanan yang disajikan dengan selera masyarakat lokal. Kalau di Indonesia biasanya makanan yang ditawarkan adalah nasi, lalu kalau di Norwegia adalah sandwich salmon, namun kalau di Bolivia yang disajikan adalah makanan bernama Ilajua yang merupakan pastel yang berisi sayuran.



Sayangnya, semua gerai McDonald’s di Bolivia tutup sejak tahun 2002 lalu karena mengalami kerugian akibat efek kebijakan politik. Dan, gak hanya McDonald’s saja, tahun 2012 lalu Coca-Cola juga peredarannya dilarang oleh presiden Evo Morales.


* * *
R E F E R E N S I
(CNBC)
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 43 lainnya memberi reputasi
Bayangkan di indonesia juga diterapkan kebijakan macam begini.MCD tutup, Kaepci tutup,Berger King tutup..

Niscaya tingkat obesitas bakal menurun..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninipara dan 16 lainnya memberi reputasi
profile picture
archangela13
kaskus addict
Tapi mereka nyediain lapangan kerja juga gan bagi kita2 ini hehe
profile picture
BIKErs.LiFe
kaskus addict
bukan masalah fastfoodnya jg sih gan
emang kebiasaan penduduk sini yg malas gerak
liat aja di negara yg penduduknya mayoritas pejalan kaki dan naik angkutan umum, tingkat obesitasnya pasti rendah
profile picture
1.3.3.1
kaskus addict
nasi uduk/nasi kuning + gorengan + jeroan
apa gak fastfood tuh namanya?
sama aja bikin obesitas
profile picture
langitnyabiru
kaskus maniac


emoticon-Ngakak masa sih samoe sgitu nya
profile picture
langitnyabiru
kaskus maniac
@1.3.3.1
Minyak pake plastik plus gk pernah gantiemoticon-Malu (S)
profile picture
luluvi
kaskus addict
@archangela13

Baru tau nasi uduk termasuk makanan cepat sajiemoticon-Malu
profile picture
1.3.3.1
kaskus addict
@archangela13 @luluvi cepet gan ada yg udah bungkusan jg, yg belinya bisa drivethru..hahaha
profile picture
luluvi
kaskus addict
@1.3.3.1 @archangela13

Ooi pernah colab jg ama ayam mekdi....nasi uduk ayam mekdi.....tp lbh enak nasi uduk pinggir jalanemoticon-Malu
profile picture
phyx86
aktivis kaskus
Apa iya ada yg tiap hari makan mcd 😂
profile picture
gilang9474
aktivis kaskus
Bedain fastfood dengan junkfood.
profile picture
iamclay
kaskuser
gan jgn pandang junk food itu pasti obesitas. masalahnya di indonesia itu ada nasi padang sama martabak yang sekali makan kalori nya cukup buat sehari, kalori itu sangat penting buat menentukan berat badan seseorang
profile picture
venta77
kaskus addict
@BIKErs.LiFe ga juga,US sama UK banyak itu yg obesitas walaupun tingkat pengguna transportasi publik nya besar dan banyak pejalan kaki dan pesepeda
profile picture
bener gan... obesitas menurun gara2 masyarakatnya jadi pengangguran n ga bisa beli beras
emoticon-Wakaka
profile picture
archangela13
kaskus addict
@luluvi salah ngetag kayaknya gan haha ane kaga bilang
profile picture
archangela13
kaskus addict
@luluvi @1.3.3.1 wkwkwk bener gan ,serius enak banget sambel nasi uduknya mcd tuh, ane sampe.minta dobel, mana bramgornya ga pelit
profile picture
archangela13
kaskus addict
@1.3.3.1 @luluvi bisa bangetlah drivethru, langsung dibungkusin penjualnya
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 16 dari 16 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di