CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Alasan Portal di Perumahan Citra Green Dago Bandung Berbayar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f337aa6facb9573305dee63/ini-alasan-portal-di-perumahan-citra-green-dago-bandung-berbayar

Ini Alasan Portal di Perumahan Citra Green Dago Bandung Berbayar



Bandung - Kendaraan roda empat yang melintas di jalan Perumahan Citra Green Dago, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung harus membayar Rp 3.000. Kenapa?
Portal berbayar itu mendadak viral di media sosialisasi (medsos) setelah dibagikan Instagram Instagram @bdg.info.

detikcom langsung mendatangi portal berbayar seperti yang ada di foto tersebut. Portal itu ada dua, disimpan di pintu masuk dan keluar perumahan itu atau bisa diakses dari Jalan Dago Kota Bandung dan Punclut Bandung Barat.

Hanya kendaraan roda empat yang dikenai tarif berbayar Rp 3.000, sedangkan untuk kendaraan roda dua tidak.

"Motor tidak hanya mobil saja," kata salah satu petugas portal Taryana kepada detikcom, Rabu (12/8/2020).

Selain itu, tarif tersebut diberlakukan untuk pengendara di luar warga setempat.

"Mobil sini mah ada kartunya," ujarnya.

Taryana menyebut, aturan itu dikeluarkan oleh pengembang perumahan tersebut karena jalan tersebut bukan jalan umum. "Bukan jalan umum, ini jalan perumahan," tambahnya.

Menurutnya, setiap akhir pekan jalan tersebut ramai dilintasi karena digunakan sebagai akses jalan alternatif bagi warga yang hendak berwisata ke kawasan Punclut Bandung Barat dari Kota Bandung.

Selain itu, pengguna jalan juga bisa menghemat waktu perjalanan dengan melintas di jalan tersebut. "Kalau muter jauh, jadi banyak yang melintas ke sini kalau akhir pekan," tuturnya.

Menurutnya, hasil tarif tersebut digunakan untuk perbaikan jalan. "Buat perbaikan jalan, inikan bukan jalan umum," jelasnya.

https://m.detik.com/news/berita-jawa...rom=wpm_nhl_32

Wajar sih...emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 37 lainnya memberi reputasi
Yakin jalan komplek ??.. setiap pengembang wajib menyerahkan 30% dari luas lahan untuk fasos/fasum.. dan apabila jalan dalam kompleks tsb jadi bagian fasos fasum.. maka udah jadi jalan umum.. emoticon-Malu (S)

makanya dulu si ahok pernah ribut ma perumahan elit yg pasang portal d kompleks nya pdhl jalan2 d perumahan tsb dulu d tetapkan sbg bagian dari fasos fasum pengembang.. dan kebalikannya.. ada warga komplek lain yg minta pemda dki perbaikin jalan..tapi ternyata jalannya bukan termasuk fasos fasum.. maka d tolak d perbaiki pake apbd.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
profile picture
Rendz92
kaskus maniac
Jdi inget.. lahan di saalah satu mall pluit empet di buka buat jalan umum buat shorcut dan skrg beberapa lama gak ada ahok di pakai lagi buat lahan parkir vvip emoticon-Wakaka
profile picture
valkyr7
kaskus maniac
@Rendz92 dan orang pemda pura2 bego.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile picture
Aeel
kaskus maniac
Fasos fasum itu blm tentu jalan gan, bs apa aja, dan tiap daerah ada aturan nya sendiri.

Ge sendiri blm tau klo aturan di bandung kaya gmn.
profile picture
valkyr7
kaskus maniac
@Aeel ya emang belum tentu jalan.. pengembang d dki (d jaman ahok) banyak kok yg fasos fasumnya yg berbentuk pembangunan rusun.. makanya mesti d cek.. tuh pengembang d dago fasos fasumnya berupa apa dan dimana.. krn fasos fasum itu jadi hak publik dan mesti tercatat jadi aset daerah.. emoticon-Malu (S)

Pertanyaannya.. kalo tuh jalan komplek ternyata d daftarkan sbg fasos fasum oleh pengembangnya k pemda.. apa kalian warga bandung rela bayar buat lewat jalan milik umum ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile picture
pulaukapok
kaskus addict
@Rendz92 ekekekek...miris mah gan.
Ngeri kalo urusan sama duit.
profile picture
bayuep
kaskus addict
@Aeel @valkyr7 trs kalau ternyata fasum gmn?
profile picture
valkyr7
kaskus maniac
@bayuep @Aeel ya lapor k pemda nya lah.. biar d bongkar ma satpol PP tuh portal/loket nya.. krn itu jalan umum.. kalo msh nolak langsung lapor polisi krn bisa d pidana sesuai UU lalulintas (mengganggu fungsi jalan).. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile picture
taseigerku
kaskus maniac
sok tau lu!
bukan anak komplek ya?

profile picture
littledevilz
kaskus holic
trus kalo jalan yg jadi fasum rusak itu jd tanggung jawab siapa? soalnya kejadian di komplek perumahan ane, developer angkat tangan, pemda diem diem bae, masa iya warga kompleknya yg iuran buat benerin?
profile picture
valkyr7
kaskus maniac
@taseigerku banyakin baca.. tolol.. emoticon-Malu (S)

Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 11/2008 tentang Pedoman Keserasian Kawasan Perumahan dan Permukiman, setiap pengembang wajib menyediakan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile picture
valkyr7
kaskus maniac
@littledevilz kalo udah jadi fasos fasum ya otomatis tanggung jawab pemda lah.. emoticon-Malu (S)

Kalo masalah pemda diem2 baek ya balik lagi.. pemda nya goblok apa ngga.. emoticon-Malu (S)

Contohnya d jakarta.. jangankan jalan komplek yg jd fasum.. jalan Sudirman aja sekarang bopak2 tetap aja d diemin ma wan abud tuh.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile picture
ust.basamalah
kaskus addict
@taseigerku

goblok kok bangga si tol ?
profile picture
Yaelah..ujung debatnya cuma goblok tolol aja ni.emoticon-Bingung
profile picture
ust.basamalah
kaskus addict
@introvertpsycho emang ada debat ya ?

debat mah di kamar sebelah atuh
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 18 dari 18 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di