CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ustadz Syafiq Riza Anggap Bahasa Sansekerta Musyrik, Sri dan Wisnu Harus Ganti Nama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f31660c88b3cb399357f061/ustadz-syafiq-riza-anggap-bahasa-sansekerta-musyrik-sri-dan-wisnu-harus-ganti-nama

Ustadz Syafiq Riza Anggap Bahasa Sansekerta Musyrik, Sri dan Wisnu Harus Ganti Nama



Baru-baru ini beredar sebuah video viral dimana Ustadz Wahabi Syafiq Riza Basalamah yang melarang sebutan Dewi atau bumi pertiwi serta nama Sri dan Wisnu.

“Ada satu bahasa yang sering diungkapkan oleh beberapa manusia, beberapa insan yang sebetulnya tidak boleh, yaitu dewi pertiwi atau bumi pertiwi,” ujar Syafiq dalam salah satu ceramahnya diposting akun Twitter @najmifuady.

Menurutnya pertiwi itu bermakna dewi penguasa bumi. “Kalau kita ngomong bumi pertiwi berarti kita meyakini ada Tuhan selain Allah,” kata dia.

Syafiq kemudian menyinggung beberapa nama Tuhan selain di agama Islam. Dia kemudian melarang juga penggunaan nama “sri” dan “wisnu”.



“Bahkan mereka ada dewi padi, siapa namanya, sri. Ibu-ibu ada yang namanya sri? diganti itu. Sri itu dewi padi. Ketika kita ngomong sri rahayu, kita sebenarnya menetapkan, maka tadi ada namanya wisnu, mudah-mudahan cepat diganti,” ujarnya.

Sementara untuk alternatif nama agar tidak jatuh ke lubang kemusyrikkan adalah dengan mengganti Sri menjadi Syar’iyyah dan Wisnu menjadi Wisnuddin.

“alternatif nama agar tidak jatuh ke lubang kemusyrikkan sesuai yg dikatakan oleh Al Ustadz Al Mukarram Ya Syekh Syafiq Riza Besalamah adalah mengganti nama Sri menjadi Syar’iyyah, Wisnu menjadi Wisnuddin. Mohon apabila warganet punya alternatif lain sila direplai, laik en syer”




Hal ini pun sontak mendapat respon netizen. Seperti akun @Wijangwigan yang mengaku takut haram memanggil Teuku Wisnu. “Aduh, haram manggil si Teuku Wisnu dong,”.

“Ga pernah belajar kewarganegaraan nih org! Di dlm ilmu kewarganegaraan ada namanya national personifikasi sprt Uncle Sam itu merujuk kpd negara america, ada red bear, personifikasi utk Russia. Jadi Rusia nyembah beruang gt maksudnya? Logika kok cetek amat sih?” cuit @elmand_official

Sementara akun @DagelanD mencuitkan, “Pertiwi dalam bahasa sanskerta adalah tanah. Satu dari lima anasir inti jagad (panca mahabhuta). Baik jagad agung (semesta) pun jagad alit (tubuh). Salahkah menyebutnya ibu? Sebagai landasan pikir dari muasal diri. Padahal alqur’an menyatakan Adam diciptakan dari tanah”. (*)

Astaghfirullah


Sri, kapan kowe bali.

Kowe lungo ora pamit aku.

Jarene neng pasar, pamit tuku trasi.

Nganti saiki kowe durung bali

Kok suwi men kie Sakjane kowe tuku trasi opo potassium carbonat to Sri

Subhanallah

emoticon-Christmas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ayambolang dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kkunyuk
Padahal Tuhan Hindu juga cuma 1, meski dewanya buanyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yosegratian dan 10 lainnya memberi reputasi
profile picture
sapikuda1000
kaskus addict
H h h h .. Very Funny ...
profile picture
Siapa Tuhan Hindu gan
profile picture
@panjiam06 sang hyang widhi wasa
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
Itu mungkin mulai masuk jamannya Alexander melakukan "acara" conquest ...
profile picture
Imaginerkus
kaskus addict
@sapikuda1000 ya kalau gak pernah belajar agama lain jangan sok tau gan, karena di doanya juga ada "tuhan itu hanya satu, tidak ada yang kedua, tidak dapat digambarkan.

dewa itu kalau di islam ya seperti Asmaul Husna.
cuma di hindu simbol2 tersebut dicoba digambarkan oleh orang2 jaman dulu entah itu menjadi patung dsb


agama hindu lebih tua daripada islam, dan Tuhan / Allah dalam islam sama2 tidak dapat digambarkan.
profile picture
sapikuda1000
kaskus addict
@Imaginerkus oh lebih tua ya?? Berarti nabi Adam agamanya hindu ya gan?
Berarti kepercayaan Yahudi, Nasrani dan Islam yang mengatakan Nabi Adam manusia pertama dan menyembah Allah salah ya gan h h h h ...
profile picture
Agama Hindu satu2 nya agama yang lolos tantangan waktu, banyak yg gak lolos sperti Zoroaster, olympus, AhuraMazda dll. Untuk Nabi Untuk Kristen Yahudi Islam adalah 1 induk yang Sama,masih di 2,000 tahhun ( Kristen ) Muslim 1,400an lah..Adam manusia pertama itu ga ada di Hindu. manusia pertama disebut Swayambu Manu.
profile picture
sapikuda1000
kaskus addict
@panjiam06 Dewa siapa pencipta manusia? Apakah dewa umat hindu naik sapi sampai saat ini gan?
profile picture
Nah Gan, Di Hindu ada namanya trimurti ( Dewa Brahma Pencipta ) dewa Wisnu ( Pemelihara ) Dewa Siwa ( Penghancur ) mereka ada kendaraan nya masing2 sesuai khas mereka CMIW. Dewa brahma naik angsa ( angsa binatang 3 dunia ) bisa di Air bisa di udara sama darat. Dan Di Hindu gak ada system kiamat gan
profile picture
sapikuda1000
kaskus addict
@panjiam06 dewa siapa yang menciptakan manusia gan?
profile picture
kiryu06
kaskus addict
@panjiam06 @sapikuda1000 Yg saya pahami 5 agama yg diakui negara itu punya kesamaan mempercayai 'satu' kekuatan besar, jadi kalau Esa dipaksa kan adalah satu atau tunggal ke 5 agama sudah masuk dalam esa

Butuh kebesaran hati utk menerima hal ini

Kenapa 3 tunggal, dewa2 tidak dianggap mempercayai Tuhan yg satu? Wajar, kalau masing2 agama mengintepretasikan agama lain ya otomatis agama lain sesat, mau debat juga bagi anda agama anda benar tapi bagi agama lain anda tidak benar- klo mau dicari2 ketidak esaan semua agama juga bakal ketemu

Sila ke satu itu mencakup semua agama ke pada Tuhan yg Maha Esa, Ketika ada agama dan kepercayaan percaya dan mengakui Tuhan yg Maha esa masuk ke sila 1,tapi memang sudah di limit utk 5+1 agama resmi + kepercayaan lokal

Kita bersyukur sila ke 1 itu Ketuhanan yg Maha Esa, klo gak negara kita ini kacau
profile picture
@kiryu06 @sapikuda1000

Kalo ane malah punya pemahaman yg agak extreme gan, ane berfikir hidup di Bumi bareng2 di akherat ya bareng2. neraka surga kita bisa rasakan juga di bumi ini, contoh kita kena musibah ( Neraka ) Kebahagiaan ( Surga ) . Agama menurut ane hanya seperti Sekolahan, ilmu nya bisa kita pakai untuk kebaikan dan kejahatan tergantung kita nya. Kalo kita gunakan untuk kebaikan ya dapet nya Baik, mau itu di dunia dan akherat. Misal orang gunung terpencil, mereka ga tau agama, apakah masuk neraka? Nggak menurut ane gan. Tergantun kebaikan dan kejahatan nya..
profile picture
kiryu06
kaskus addict
@panjiam06 udah masuk ke ajaran bro gak mau ane kounter emoticon-Big Grin percayailah apa yg agan anggap benar dan tunjukan buah2 baiknya, we'll know the truth when we die

But if you bear good fruit people will know the truth before they die
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
@kiryu06 @sapikuda1000 @panjiam06
Quote:

Eit..., jangan segitunya ...
Kalau mereka ada disana sudah cukup lama (sekian abad), dan masih ada sampai sekarang, itu disebabkan karena mereka punya ageman, dan tentunya ... bila kita dapati hidupnya adem-ayem, lingkungan alamnya juga adem-ayem ..., maka dapat dikatakan bahwa mereka sudah menunaikan ageman yang mereka percayai-yakini dengan benar.
Walau ..., mungkin ..., ageman mereka tidak diketahui oleh banyak orang lain di luar lingkup mereka.
profile picture
@kiryu06 Setuju gan , death its just a begining for a new journey 🙏🏼
profile picture
@bingsunyata @kiryu06 @sapikuda1000 kan Ane udah bilang Gan, itu hanya perumpamaan. Orang terpencil misal gak tau Agama, apakah mereka masuk neraka? Kan menurut ane Enggak. Setuju ane sama Agan, bila merka adem ayem dan bahagia sesama masyarakatnya. Ya artinya mereka menjalankan kebaikan.
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
@Imaginerkus @sapikuda1000 Lebih tua, tidak dapat dimaknai sebagai telah mengglobal sejak lama. Kalau ingin yang hampir sama tuanya ya yang dari Mesir. Dimungkinkan monotheisme terhadap Ra, pada masa itu-lah, yang kemudian menyebabkan maraknya monotheisme di belahan bumi sekitar situ. Walau kemudian posisi si Ra digantikan dengan Tuhan.
...
Bicara begitu ... Kita amati adanya perkembangan tingkat spiritual berdasarkan perkembangan pengetahuan manusia.
Sekarang ?
Tidak tercipta, tidak termusnahkan, maha besar, maha adil, tidak tergambarkan, kiranya mewakili apa hayo ?
Dimana bumi ini termasuk didalamnya, begitu pula dengan manusia yang berada disitu ...
profile picture
hqqi
newbie
@panjiam06 @sapikuda1000 @kiryu06

Jangan nyebarin informasi yg salah.
Yg tunggal itu "Eka"
Sedangkan "Esa" itu dari महेश (maheśa = mahā+īśa) yg artinya Maha Kuasa.
https://en.wikipedia.org/wiki/List_o..._in_Indonesian

Beda 1 huruf bukan berarti artinya jadi sama, misal nabi & babi, apa itu spesies yg sama?
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
@kiryu06 @sapikuda1000 @panjiam06 "Misal" itu lain dengan "ibaratkan" atau "umpamanya" ...
Tapi ya udahlah ..., berarti saya yang salah mengartikan. emoticon-Big Grin
BTW, kalau bicara mengenai dewa, itu ada sekelumit cerita mengenainya ...
Kalau yang dari Yunani, Mesir, itu ada hubungannya dengan "langit". ===> Yang kemudian oleh sebagian orang disebut sebagai "heaven". Sedangkan pada belahan bumi lain, dewa-dewa cenderung lebih "membumi". Salah satunya adalah dewi pertiwi. Dimana kepercayaan mengenai ini mungkin lebih lama lagi usianya, baik itu untuk agama monotheime Hindu ataupun yang di Mesir. Dimana ada proses penyelarasan antara kepercayaan baru dan lama. Apalagi ketika itu berada pada level mengglobal, saat proses penaklukan jaman Yunani-Romawi.
profile picture
Kita itu keturunan Anunnaki Gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 22 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di